FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 42 Menit 2 Detik 

4 Macam & Contoh Tipe Data List di Python

Belajar Data Science di Rumah 29-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2dd2b8e06fa7aa82b5e61c5c69c8fd6d_x_Thumbnail800.jpeg

Python memiliki banyak sekali tipe data di dalamnya, biasanya tipe data ini digunakan oleh data enthusiast untuk melakukan pengolahan data. Salah satu tipe data yang sering digunakan di dalam python adalah tipe data list. Ciri-ciri utama dari tipe data list ini adalah memiliki urutan atau list yang ada di dalam datanya. Nanti dalam elemennya akan diberikan nomor-nomor posisi. Indeks kedua dalam list disebut dengan satu sedangkan indeks ketiga dalam list disebut dua dan lainnya.


Nah, tipe data list ini memiliki banyak fitur yang bisa kalian manfaatkan. Ketika kalian ingin memanggil salah satu kelompok data dalam suatu list, maka kalian bisa memakai fitur di dalamnya yaitu fitur call dengan memanggil urutan angka atau nomor indeksnya. Nah, jika kalian ingin lebih paham dengan tipe data list ini, mari simak artikel dibawah ini ya!


1. Slicing List

Fitur pertama yang bisa kalian coba adalah slicing list. Nah, slicing list ini adalah teknik untuk memotong nilai pada list. Artinya bahwa, kalian bisa mengambil beberapa nilai dari anggota list dengan cara mendefinisikan indeks kiri dan indeks kanannya. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh kode program berikut ini:


Python


Untuk hasil outputnya seperti berikut:

Python

Kalian bisa melihat bahwa parameter indeks sebelah kiri mendefinisikan awal dari indeks nilai yang akan ditampilkan sedangkan parameter indeks yang sebelah kanan mendefinisikan batas yang harus ditampilkan.


Baca juga : Tutorial Singkat Coding Python Simpel 2022


2. Mengubah Data di dalam List dan Dalam Range

Selanjutnya kalian bisa mencoba bagaimana caranya mengubah data yang ada di dalam list. Karena tipe data list ini adalah tipe data yang memiliki sifat changeable atau bisa disebut dapat diubah. Untuk caranya cukup mudah kalian dapat melihat contohnya dibawah ini:


Python


Untuk hasil Outputnya seperti berikut ini:

Python

Nah selanjutnya kalian juga dapat mengubah data di dalam range tertentu secara sekaligus. Untuk caranya tidak berbeda jauh dengan cara slicing data list. Untuk kode programnya seperti berikut ini:


Python

Untuk outputnya seperti berikut ini:

Python


3. Menghapus dengan Fungsi Remove()

Selanjutnya kalian dapat menggunakan fitur menghapus dengan fungsi remove. Fungsi remove() ini berfungsi untuk menghapus data yang memiliki nilai yang sama dengan parameter yang ingin kalian masukkan. Kalian dapat melihat contohnya dibawah ini:


Python


Hasil Outputnya adalah:

Python


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


4. Menghapus dengan Statement Del

Selanjutnya kalian dapat menggunakan fitur menghapus dengan menggunakan statement del. Kalian disini dapat menghapus sebuah item pada list dengan menggunakan statement del. Dengan menggunakan statement del ini kalian dapat menghapus sebuah indeks berapa pun dari item listnya. Kalian bisa memperhatikan contoh dibawah ini:


Python

Hasil outputnya adalah:

Python


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :