PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 26 Menit 18 Detik

4 Manfaat Kenapa Data Scientist Jadi Skill Wajib 2024

Belajar Data Science di Rumah 20-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-02-2024-03-20-180141_x_Thumbnail800.jpg

Dalam gelombang transformasi digital yang terus berkembang, profesi data scientist telah menempati posisi istimewa sebagai salah satu yang paling dicari dan menjanjikan. Dengan kehadiran mereka yang mampu mengolah dan menganalisis data dengan cermat, data scientist menjadi pilar utama dalam membantu organisasi menavigasi lautan informasi yang kaya ini.


Pada dasarnya, data scientist adalah arsitek modern yang membangun jembatan antara dunia bisnis dan kemajuan teknologi informasi. Mereka tidak hanya mampu mengurai kompleksitas data dalam skala besar, tetapi juga memiliki keterampilan untuk mengubahnya menjadi wawasan yang bernilai bagi pengambilan keputusan yang terinformasi.


Dengan kepiawaian mereka dalam mengidentifikasi tren bisnis dan memprediksi perilaku pasar, data scientist memberikan fondasi yang kuat bagi langkah-langkah strategis sebuah perusahaan. Bagi mereka yang tertarik memasuki bidang ini, pelatihan sebagai seorang data scientist tidak hanya merupakan langkah yang penting, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat yang menggiurkan. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas empat manfaat penting dari mengikuti pelatihan data scientist bagi pemula. Penasaran? Yuk catat semua poinnya!


1. Mempelajari Dasar-dasar Data Science

Salah satu manfaat utama dari mengikuti pelatihan data scientist adalah memperoleh pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar data science. Pelatihan akan membantu pemula untuk memahami konsep-konsep dasar seperti statistik, matematika, pemrograman, dan teknik analisis data.


Dengan mempelajari dasar-dasar ini, pemula dapat membangun fondasi yang kuat untuk memahami konsep-konsep yang lebih canggih dalam data science seperti machine learning, big data, dan data visualization.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengembangkan Keterampilan Teknis yang Dibutuhkan

Pelatihan data scientist juga membantu pemula untuk mengembangkan keterampilan teknis yang diperlukan dalam bidang ini. Misalnya, keterampilan dalam bahasa pemrograman seperti Python, R, SQL, dan pemahaman tentang kerangka kerja dan algoritma data science.


Pelatihan juga membantu dalam mengasah keterampilan analitis, pemodelan matematika, dan penerapan teknik machine learning untuk mengolah dan menganalisis data dengan efektif.

Data Scientist


3. Memahami Alat dan Teknologi Terkini

Bidang data science terus berkembang dengan cepat, dengan munculnya teknologi baru dan alat analisis yang lebih canggih. Mengikuti pelatihan data scientist akan membantu pemula untuk memahami alat-alat dan teknologi terkini yang digunakan dalam industri ini.


Hal yang dipelajari termasuk kerangka kerja machine learning seperti TensorFlow, scikit-learn, dan PyTorch, serta alat visualisasi data seperti Tableau dan Power BI. Dengan memahami dan menguasai alat-alat ini, pemula dapat menjadi lebih kompeten dan siap untuk berkontribusi dalam proyek-proyek data science di tempat kerja.

Data Scientist


4. Membuka Peluang Karir yang Luas

Mengikuti pelatihan data scientist membuka pintu bagi pemula untuk memasuki dunia karir yang menarik dan menjanjikan. Permintaan yang terus meningkat untuk para profesional data scientist berarti peluang karir dalam bidang ini sangat luas dan beragam.


Setelah menyelesaikan pelatihan, pemula dapat mengejar karir sebagai data scientist, data analyst, data engineer, atau spesialis dalam bidang lainnya yang berkaitan dengan data science. Peluang karir juga tersebar luas di berbagai industri, termasuk kesehatan, keuangan, e-commerce, dan manufaktur.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dengan mempertimbangkan manfaat-manfaat ini, penting bagi pemula untuk mengikuti pelatihan data scientist untuk mempersiapkan diri mereka dengan baik dalam memasuki dunia data science yang dinamis dan berkembang pesat. Dengan fondasi yang kuat dalam dasar-dasar data science, keterampilan teknis yang solid, pemahaman tentang alat-alat dan teknologi terkini, serta peluang karir yang luas, pelatihan data scientist dapat menjadi langkah awal yang penting dalam meraih kesuksesan dalam karir yang menarik ini.


Yuk bangun portfolio di bidang data science kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login