FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 58 Menit 4 Detik 

4 Manfaat Machine Learning untuk Perkembangan Industri

Belajar Data Science di Rumah 28-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/958a15881ab195b6acc27895bd314ee3_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat. Indonesia termasuk negara yang mengikuti perkembangan tersebut dan memasuki revolusi industri 4.0. Istilah tersebut menggambarkan kondisi kini yang mana menggabungkan automasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur.


Industri akan melakukan pembaharuan yang bertujuan memaksimalkan produksi dan distribusi produk yang berkaitan erat dengan penggunaan teknologi terkini. Machine learning menjadi salah satu teknologi yang berperan besar di dalamnya. Apa itu machine learning?


Machine learning adalah sebuah sistem yang dirancang agar dapat mempelajari data dengan sendirinya tanpa perlu diprogram ulang secara berkala. Algoritma yang tepat akan menghasilkan machine learning yang canggih dan mampu memberikan output sesuai yang diharapkan.


Banyak perusahaan mulai mengintegrasikan teknologi baru dan machine learning untuk memudahkan aktivitas mereka serta membawa keuntungan bagi perusahaan secara maksimal. Apa saja sih manfaat machine learning di industri? Simak pembahasannya dibawah ini.


1. Membantu Penanganan Data Skala Besar

machine learning

Suatu perusahaan umumnya memiliki data yang sangat banyak, beragam, dan terkumpul dengan sangat cepat. Misalnya perusahaan e-commerce, aktivitas penggunanya ketika berbelanja atau hanya berselancar saja bisa menjadi sangat banyak setiap harinya. Data yang terekam dan disimpan dalam penyimpanan data perusahaan dapat diolah untuk mendapatkan informasi yang tersembunyi.


Bayangkan jika terdapat lebih dari 1000 baris data, tentu akan sangat memakan waktu bila diolah secara manual. Bagaimana caranya menangani data-data tersebut? Kita bisa mengandalkan teknologi machine learning.


Teknologi ini dapat mengolah data dalam skala besar dengan variabel yang bermacam-macam. Analisis data dengan machine learning hasilnya juga dapat diandalkan untuk strategi bisnis selanjutnya oleh perusahaan. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Automasi Sistem

machine learning

Algoritma machine learning memungkinkan sistem bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah yang diterapkan dan akan menghasilkan output yang sesuai. Dalam bisnis algoritma machine learning sudah digunakan contohnya seperti chatbot dan image recognition. Sebenarnya fitur ini tanpa disadari sudah kita gunakan seperti chatbot. 


Jika kita ingin mencari informasi mengenai suatu hal pada sebuah aplikasi kita akan menanyakannya pada cs. Di fitur chat ini kita saat kita menanyakan hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan lain, chatbot akan menjawab pertanyaan tersebut secara otomatis. 


Automasi sistem juga dapat diterapkan di dunia otomotif. Machine learning akan membantu perusahaan dalam melakukan quality control, produksi spare part, hingga menciptakan mobil kendali otomatis. Mesin dilatih agar dapat mempercepat proses produksi dan mengurangi kegagalan produksi serta mendeteksi kualitas atau kecacatan produk. 


3. Prediksi Trend di Masa Mendatang

machine learning

Manfaat lainnya dari penerapan machine learning di industri adalah mampu memprediksi trend di masa mendatang. Persaingan bisnis yang sangat ketat menuntut perusahaan untuk dapat selangkah lebih maju dibanding kompetitornya.


Machine learning dapat diandalkan untuk hal tersebut. Perancangan machine learning yang tepat akan membantu perusahaan untuk mengetahui trend yang sedang berkembang di masyarakat sehingga perusahaan dapat memperbarui strategi pemasarannya, meningkatkan produksi produknya, membuat produk baru, hingga meningkatkan kesejahteraan karyawan-karyawannya. 


Machine learning berguna untuk memperoleh berbagai data yang ada yang tersimpan di perusahaan yang berasal dari seluruh aktivitas bisnis yang berjalan. Algoritma machine learning akan melakukan prediksi terhadap trend di masa depan berdasarkan data-data tersebut sehingga menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan.


Informasi ini bisa menjadi solusi permasalahan yang ada seperti rekomendasi produk, memberikan penawaran, giveway, dan lainnya yang dapat memaksimalkan keuntungan untuk perusahaan. 


4. Memudahkan Operasional Industri

machine learning

Sistem operasional yang baik adalah salah satu faktor yang menunjang suksesnya perusahaan. Machine learning dapat diandalkan dalam bisnis untuk memudahkan sistem operasional perusahaan serta melakukan inovasi produk dalam bisnis.


Misalnya perusahaan penyedia layanan menggunakan machine learning untuk menganalisis komentar pengguna sehingga dapat menjadi evaluasi produk terkait. 


Hasil evaluasi yang didapatkan bisa dijadikan pedoman perusahaan dalam memperbarui layanannya agar pengguna semakin banyak dan juga berdampak pada keuntungan perusahaan. Dalam suatu perusahaan biasanya ada yang namanya evaluasi kinerja karyawan.


Nah, machine learning juga bisa loh dipakai untuk keperluan tersebut. Disamping lebih cepat informasi yang didapatkan mengenai kinerja karyawan, juga dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan yang berdampak pada peningkatan kinerja.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Profesi di bidang data saat ini sedang naik daun dan banyak diincar baik yang berlatar belakang IT maupun non IT. Untuk menjadi praktisi data yang mampu bersaing di industri, maka perlu menguasai skill-skill yang dibutuhkan. Salah satu skillnya adalah machine learning.


Seorang praktisi data seperti Data Scientist bertanggung jawab merancang machine learning di perusahaan. Disamping itu juga harus bisa melakukan maintenance untuk sistem yang telah dibuat. Bagi pemula non IT jangan khawatir.


Kamu tetap punya kesempatan jadi praktisi data handal, loh. Yuk, gabung di DQLab.id! Dapatkan module belajar data dari dasar, tools untuk machine learning, dan pembelajaran lainnya yang berkaitan erat dengan profesi data. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya






Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :