PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 40 Menit 43 Detik

4 Materi Excel untuk Pemula, Catat ya!

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/07311def898debcfaf181bd152b54a72_x_Thumbnail800.jpeg

Excel adalah sebuah perangkat lunak spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mengatur, menganalisis, dan memanipulasi data dalam format tabel. Excel menyediakan berbagai alat dan fitur, seperti rumus, fungsi, grafik, diagram, dan tabel pivot, yang memudahkan pengguna dalam bekerja dengan data. Tidak heran, jika dalam pekerjaan praktisi data Excel menjadi salah satu tools yang akan dibutuhkan.


Excel yang banyak digunakan di berbagai industri, seperti keuangan, akuntansi, dan pemasaran, membuat banyak lembaga kursus mulai berlomba mengadakan pelatihan khusus untuk Excel. Materi yang didapatkan di setiap pelatihan akan berbeda-beda, tergantung dengan tujuan pelatihan. Namun secara umum, materi yang akan dipelajari oleh pemula akan tetap sama. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apa saja materi tersebut. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengenalan Excel

Excel

Para pemula yang mengikuti kelas Excel pasti akan dikenalkan dengan materi Excel yang paling dasar, seperti memahami interface Excel, fungsi dan fitur yang tersedia di Excel, termasuk cara memulai lembar kerja baru dan mengatur opsi dasar. Pemahaman akan hal-hal dasar ini akan sangat membantu kita untuk bisa melakukan pengolahan data dengan jauh lebih mudah karena kita bisa memanfaatkan rumus atau fitur lain yang disediakan Excel untuk memproses data secara otomatis.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Dasar Excel

Excel

Rumus dasar Excel menjadi hal yang pasti akan dipelajari oleh peserta pelatihan Excel di level beginner. Adanya rumus dasar atau yang dikenal dengan formula akan membantu kita untuk bisa memproses data dengan lebih mudah. Misalnya saja untuk menjumlahkan data, kita bisa memanfaatkan rumus SUM alih-alih menjumlahkan datanya satu per satu dengan menggunakan tanda tambah. Beberapa fungsi dasar Excel yang sering digunakan seperti SUM, AVERAGE, MAX, dan MIN.


3. Format

Excel

Selain rumus dasar Excel, di pelatihan untuk pemula juga akan diajarkan format. Format ini akan digunakan untuk membuat tampilan data di Excel menjadi lebih rapi dan lebih mudah dipahami, termasuk juga posisi penempatan angka di belakang koma, penulisan mata uang, format penulisan tanggal dan data lainnya. Selain itu, format juga bisa digunakan untuk mengatur warna, font, dan hal-hal lain yang berkaitan format cell dan lembar kerja.


4. Sorting dan Filtering

Excel

Sorting merupakan fitur yang disediakan oleh Excel untuk mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya dari yang terbesar ke yang terkecil. Selain itu, sorting di Excel juga bisa digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu. Filtering adalah fitur Excel yang bermanfaat untuk memfilter data sesuai kebutuhan. Dari banyaknya data yang ada, biasanya tidak semua data akan kita gunakan. Oleh karena itulah kita bisa memanfaatkan fitur filter tersebut.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login