SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 50 Menit 26 Detik

4 Mode Operasi yang Dapat Diterapkan di Python

Belajar Data Science di Rumah 31-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8ae184732b2e930ca7837a343bcfb43a_x_Thumbnail800.jpeg

Di zaman sekarang hampir semua sektor menggunakan teknologi yang canggih, tidak terkecuali di dalam bidang pengolahan data. Dengan semakin mudahnya mendapatkan sebuah informasi maka data yang akan didapatkan pun terkumpul dalam jumlah besar dan juga waktu yang singkat. Maka dari itu profesi praktisi data ini muncul untuk mengolah data dalam jumlah besar ini. Salah satu software yang biasa dipakai oleh para praktisi data ini adalah bahasa pemrograman Python. 


Python adalah bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan praktisi data. Perusahaan besar pun memakai bahasa ini untuk mengolah maupun membantu membuat website mereka. Bahasa ini populer karena memiliki beberapa kelebihan seperti memiliki sifat yang open source, mudah untuk dipelajari, membuat sebuah program secara cepat, dan juga sintaks yang digunakan cukup sederhana karna hampir mirip dengan bahasa manusia. Nah, di dalam artikel kali ini kita akan membahas mode-mode operasi apa saja yang biasa diterapkan di dalam Python ini, jadi simak terus artikel dibawah ini ya.


1. Interactive Mode

Pertama ada interactive mode atau mode interaktif. Mode interaktif ini adalah sebuah fitur yang sudah disediakan oleh python untuk tempat menulis kode-kode secara interaktif. Fitur ini biasa dikenal dengan beberapa nama seperti Shell, Console, dan juga REPL (Read, Eval, Print, Loop). Mode ini biasa dimanfaatkan untuk melakukan sebuah uji coba di dalam sebuah fungsi, kalkulator, mencari bantuan tentang fungsi tertentu, dan lain sebagainya. Mode ini cukup membantu untuk para pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman ini karena bisa membantu untuk mengevaluasi kode baris demi baris dan juga memahami eksekusi kodenya dengan baik. 


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Mengeksekusi Python Melalui Sebuah File

Selanjutnya kalian bisa mengeksekusi python dengan sebuah file, caranya adalah kalain hanya perlu menuliskan kode di sebuah file kemudian dieksekusi di dalam cmd maupun terminal. Misal kalian ingin menuliskan beberapa baris dengan menggunakan fungsi print(). Kalian bisa menggunakan sebuah variabel untuk bisa menyimpan sebuah input nama dan juga alamat yang kemudian akan ditampilkan di dalam halaman terminal atau cmd. Nantinya kalain bisa menyimpan file tersebut dengan menggunakan format.py. Setelah kalian menamai file kalian dengan format.py, selanjutnya kalian bisa buka cmd ataupun terminal dan masuk ke dalam folder dengan format.py itu disimpan. 


3. Operasi Script Mode

Ketiga ada operasi script mode. Mode ini membuat para user untuk langsung menuliskan sebuah program python ke dalam sebuah file. Setelah file dibuat, nantinya file akan disimpan dan juga dieksekusi di dalam cmd atau terminal seperti pada poin sebelumnya. Maka dari itu, kalian bisa melihat kode yang kalian buat kapan saja dan juga bisa diedit sewaktu-waktu. Mode ini cocok untuk menulis sebuah kode yang cukup panjang.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Thony IDE

Selanjutnya kalian bisa menginstall Thony IDE. Jika kalian para user sudah menginstall Thony IDE, maka kalian tidak perlu menginstall python kembali secara terpisah, ini dikarenakan program IDE ini memiliki versi terakhir dari python sebagai bawaan, Nah, jika kalian belum menginstall program ini kalian bisa melihat langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama kalian bisa download dan install Thony IDE ini di dalam komputer kalian

  • Buka menu File > new, lalu save file dengan format .py

  • Tulis sebuah kode python untuk program yang ingin kalian buat, lalu simpan file tersebut

  • Terakhir adalah jalankan program tersebut. 



Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait python dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login