Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Pendekatan Pelatihan Data Scientist untuk Upskill

Belajar Data Science di Rumah 06-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2024-05-04-093700_x_Thumbnail800.jpg

Profesi Data Scientist telah menjadi salah satu profesi yang paling diminati di era digital ini. Di era ini, data menjadi komoditas utama sementara pekerjaan Data Scientist akan selalu berhubungan dengan data. Bagi perusahaan, posisi Data Scientist memegang peranan penting dalam proses pengambilan keputusan. Tidak heran jika banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencari orang yang bisa memenuhi kualifikasi untuk menempati posisi tersebut.


Namun, menjadi seorang Data Scientist yang profesional tidaklah mudah. Kita memerlukan kombinasi dari keterampilan teknis dan pemahaman yang mendalam tentang bisnis. Keduanya sama-sama dibutuhkan untuk bisa membuat analisis yang relevan dengan kebutuhan bisnis. Untuk bisa menjadi Data Scientist yang kompeten, kita bisa mengikuti pelatihan Data Scientist.


Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pendekatan pelatihan yang efektif untuk membantu seseorang menjadi seorang Data Scientist yang kompeten. Yuk, simak pembahasannya!


1. Program Pendidikan Formal

Data Scientist

Salah satu pendekatan utama untuk mempersiapkan diri sebagai Data Scientist adalah melalui program pendidikan formal di universitas atau lembaga pendidikan yang terakreditasi. Program gelar sarjana atau pascasarjana dalam ilmu Data Science, Statistika, atau bidang lain yang terkait dapat memberikan pondasi yang kokoh dalam berbagai aspek analisis data.


Beberapa keuntungan yang didapatkan dari pendidikan formal adalah sebagai berikut:

  • Kurikulum Terstruktur: Program pendidikan formal menyediakan kurikulum terstruktur yang mencakup berbagai topik penting dalam ilmu data.

  • Dibimbing oleh Ahli: Mahasiswa akan mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli di bidangnya.

  • Akses ke Sumber Daya: Mahasiswa memiliki akses ke berbagai fasilitas dan sumber daya, seperti perpustakaan dan laboratorium komputer.

Contoh program dari pendekatan ini adalah Gelar Sarjana dalam Ilmu Komputer dengan konsentrasi dalam Data Analytics di Universitas ABC.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kursus Online

Data Scientist

Kursus online telah menjadi salah satu pendekatan yang cukup populer bagi banyak orang yang ingin mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki. Ada banyak platform pembelajaran online yang menawarkan kursus dalam Data Science, Artificial Intelligence, dan bidang terkait lainnya.


Beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika belajar melalui pendekatan ini:

  • Fleksibilitas Waktu: Kursus online dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, sehingga cocok bagi mereka yang memiliki jadwal yang sibuk.

  • Konten yang Diperbarui: Materi kursus sering diperbarui sesuai dengan perkembangan terbaru dalam industri.

  • Berbagai Topik: Ada berbagai materi kursus yang mencakup berbagai topik, mulai dari dasar-dasar pemrograman hingga teknik analisis data yang canggih.


Contoh platform yang bisa digunakan untuk pembelajaran tipe ini adalah Coursera, edX, Udacity dan DQLab yang menawarkan berbagai kursus dalam ilmu Data Science.


3. Bootcamp Data Science

Data Scientist

Bootcamp Data Science adalah program intensif yang memang sengaja dirancang untuk melatih peserta agar memiliki skill yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Scientist dalam waktu singkat. Biasanya bootcamp ini akan berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Bootcamp akan menawarkan pembelajaran praktis dan project langsung yang relevan dengan kebutuhan industri.


Adapun keuntungan yang didapatkan dari program ini adalah:

  • Pembelajaran Intensif: Bootcamp Data Science menyediakan pembelajaran yang intensif dan fokus pada keterampilan yang diperlukan di lapangan.

  • Magang dan Pengalaman Kerja: Banyak bootcamp yang telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menyediakan magang atau mengerjakan project industri sehingga memungkinkan peserta untuk mendapatkan pengalaman praktis.

  • Jaringan Profesional: Peserta dapat membangun jaringan dengan profesional dalam industri selama bootcamp.


Beberapa contoh bootcamp yang bisa diikuti adalah General Assembly, Metis, Flatiron School, dan DQLab yang menawarkan berbagai program bootcamp Data Science yang terkenal.


4.Belajar Mandiri

Data Scientist

Selain tiga pendekatan yang telah dibahas diatas, belajar secara otodidak bisa dijadikan pendekatan terakhir. Belajar mandiri atau otodidak adalah pendekatan yang cocok bagi mereka yang memiliki keterampilan belajar otonom. Proses belajar ini akan melibatkan menggunakan sumber daya online, seperti buku, tutorial, dan materi kursus, untuk mempelajari keterampilan baru secara mandiri.


Adapun beberapa keuntungan dari pembelajaran tipe ini adalah:

  • Fleksibilitas: Mereka dapat belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri dan fokus pada topik yang paling relevan bagi mereka.

  • Biaya Rendah atau Gratis: Ada banyak sumber daya online yang tersedia secara gratis atau dengan biaya rendah.

  • Kustomisasi: Individu dapat menyesuaikan pembelajaran mereka sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka sendiri.

Beberapa contoh sumber daya yang bisa digunakan dalam pendekatan ini adalah buku-buku seperti "Python for Data Analysis" oleh Wes McKinney dan tutorial daring seperti Pandas Documentation.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Mengasah keterampilan sebagai seorang Data Scientist memerlukan komitmen untuk belajar dan mengembangkan diri secara terus-menerus. Ada berbagai pendekatan pelatihan yang bisa digunakan, mulai dari program pendidikan formal hingga belajar mandiri yang menawarkan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan memilih pendekatan yang sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan individu, seseorang dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk sukses dalam karir yang menantang dan menjanjikan ini.

Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login