Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Persiapan Sebelum Ikut Bootcamp Python

Belajar Data Science di Rumah 18-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-01-2023-10-18-174505_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp Python telah menjadi salah satu cara populer bagi banyak pemula yang tertarik belajar pemrograman atau sedang mempersiapkan diri berkarir di bidang data. Namun, untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara efektif, kalian juga perlu melakukan persiapan awal dengan matang. Lalu apa saja persiapan-persiapan tersebut?


Nah, di artikel kali ini, kita akan bahas bersama empat persiapan umum sebelum mengikuti bootcamp Python. Mulai dari kemampuan pemrograman dasar sampai paham beberapa istilah dan cara kerja Python secara umum.


Dengan memahami hal-hal tersebut, maka bisa dipastikan kalian bisa menyerap materi pembelajaran dengan lebih baik. Yuk, langsung cari tahu detail pembahasannya di bawah ini!


1. Pemahaman Pemrograman Dasar

Python


Paham dasar pemrograman adalah persiapan awal yang penting dilakukan sebelum mengikuti bootcamp Python. Hal ini mencakup pengetahuan tentang konsep variabel, tipe data, looping, percabangan, dan fungsi.


Tanpa pemahaman ini, kalian akan cukup kesulitan untuk memahami instruksi yang diajarkan dalam bootcamp. Oleh karena itu, sebelum memulai bootcamp Python, pastikan telah memahami dasar-dasar pemrograman tersebut agar kalian dapat mengikuti materi dengan lancar.


Dengan pemahaman dasar yang kuat, kalian akan lebih siap untuk memahami konsep-konsep lanjutan pada Python selama mengikuti bootcamp dan mampu mengaplikasikannya ke berbagai proyek atau tugas yang diberikan selama masa belajar.


Jadi, sebelum memulai, luangkan waktu untuk mempelajari dan mempraktikkan pemrograman dasar agar mendapatkan hasil terbaik dari bootcamp yang kalian ikuti.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pemahaman Dasar-dasar Matematika

Python


Persiapan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memiliki pemahaman dasar-dasar matematika. Terutama bagi SahabatDQ yang memilih bootcamp Python untuk persiapan berkarir di dunia data.


Dalam hal ini, pengetahuan matematika diperlukan untuk melakukan operasi statistik, seperti menghitung mean, median, atau deviasi standar dari dataset. Selain itu, pemahaman tentang konsep probabilitas juga diperlukan untuk mengelola data yang tidak pasti atau ketika melakukan analisis prediktif.


Selain itu, pemahaman matematika juga diperlukan dalam pemodelan statistik untuk mengidentifikasi pola, tren, atau anomali dalam data.


Seorang data analyst yang memiliki dasar matematika yang kuat dapat menghasilkan visualisasi data yang lebih informatif, sehingga bisa menggambarkan hubungan kompleks dalam dataset dan mengambil keputusan yang didukung oleh analisis statistik yang lebih valid.


3. Instalasi dan Pengaturan IDE

Python


IDE adalah perangkat lunak yang menyediakan interface untuk menulis, menguji, dan menjalankan kode dengan efisien. Beberapa IDE yang populer untuk Python antara lain adalah PyCharm, Visual Studio Code, dan Atom.


Memilih IDE yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kalian akan membantu memperlancar proses belajar selama bootcamp. Pastikan juga kalau SahabatDQ sudah menginstal interpreter Python dan mengkonfigurasi IDE untuk mengenali lokasi instalasi interpreter tersebut.


Dalam tahap pengaturan IDE, ada baiknya kalian juga mengenal beberapa plugin atau ekstensi yang dapat memperkaya fungsionalitas IDE. Misalnya, plugin untuk linting kode yang otomatis mengecek kesalahan sintaks atau style kode, atau plugin untuk debugging yang memudahkan SahabatDQ menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam kode.


Dengan IDE yang sudah diatur dengan baik, kalian dapat fokus pada pembelajaran materi Python tanpa adanya gangguan teknis.


4. Pengetahuan Dasar Python

Python

Meskipun terkadang bootcamp dirancang untuk pemula yang tidak memiliki background pendidikan linear, memiliki pengetahuan dasar tentang Python sebelum memulai bootcamp akan memberi kemudahan selama proses belajar.


Karena sintaksnya yang jelas dan mudah dibaca, maka sebenarnya persiapan memahami dasar-dasar Python tidaklah sulit. Kalian perlu tahu konsep-konsep dasar seperti variabel, tipe data (seperti list, tuple, dan dictionary), operasi dasar (seperti penjumlahan, pengurangan), serta cara kerja fungsi dan modul.


Selain itu, dengan memahami dasar-dasar Python, kalian akan lebih efektif ketika berdiskusi dengan instruktur dan peserta lain, memahami contoh kode yang diberikan, serta mengatasi error yang mungkin muncul selama sesi praktik.


Kalian bisa luangkan waktu untuk mempelajari materi pengantar melalui buku, kursus online, atau tutorial gratis yang tersedia di internet. Dengan demikian, saat SahabatDQ memulai bootcamp, kalian tidak hanya datang dengan antusiasme, tetapi juga dengan persiapan dan kepercayaan diri.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Nah, kalau semua persiapan di atas sudah matang, yuk langsung iktui program Bootcamp Live Class yang disediakan DQLab.


Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python. Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang data science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Selain bootcamp di atas, kalian juga bisa loh meningkatkan pemahaman kalian dalam menerapkan Python untuk sejumlah studi kasus yang ada di perusahaan. DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian untuk ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login