PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 35 Menit 28 Detik

4 Platform untuk Share Portfolio Data Science

Belajar Data Science di Rumah 03-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/99d8aeb329793fd18996740153023ceb_x_Thumbnail800.jpeg

Portofolio data science adalah kumpulan karya terbaik yang pernah kita kerjakan dan menunjukkan keahlian atau skill kita di bidang data science. Portofolio data science harus menampilkan kombinasi kode dan dokumentasi, serta beberapa contoh tulisan yang menunjukkan kemampuan kita untuk berkomunikasi secara efektif tentang data dan menceritakan project yang telah kita selesaikan. 


Fungsi lain dari portofolio adalah membantu memvisualisasikan proses dan bagaimana kita berpikir untuk memecahkan sebuah masalah. Portfolio tidak hanya digunakan saat proses recruitment, namun juga bisa digunakan sebagai media sharing informasi dan inspirasi bagi orang lain yang memiliki minat yang sama.


Dengan sharing hasil project kita kepada orang lain, maka kita secara tidak langsung telah berkontribusi pada basis pengetahuan umum, men-trigger orang untuk berkolaborasi, membantu kita untuk membranding diri, dan menambah koneksi melalui percakapan yang lebih luas. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kita harus mengkomunikasikan project kita. 


Ada banyak pilihan platform online yang bisa kita gunakan untuk membagikan portofolio data science kita secara gratis. Penasaran apa saja platform tersebut? Yuk kita simak bersama!

1. Kaggle

Data Science

Kaggle adalah platform komunitas online untuk data scientist dan machine learning enthusiast. Platform ini membantu kita untuk berkolaborasi dengan data scientist lain, menemukan dan share kumpulan data, sharing motes dan pengalaman, serta ‘bersaing’ dengan data scientist lain untuk memecahkan tantangan data science. Kelebihan dari Kaggle adalah memiliki banyak kumpulan data yang bisa kita gunakan untuk mengimplementasikan algoritma yang telah kita bangun. Keuntungan dari platform ini adalah menyediakan data terstruktur dan sudah dibersihkan. 


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. GitHub

Data Science

Pada tingkat yang lebih tinggi, GitHub adalah situs web dan layanan cloud yang dapat kita manfaatkan untuk menyimpan dan mengelola repositori kode dan melacak serta memantau perubahannya. Untuk memahami apa itu GitHub, kita perlu mengetahui dua prinsip yaitu control version dan Gi, yang membantu kita untuk merekam perubahan pada proyek kita dari waktu ke waktu untuk mengingat versi tertentu nanti. 


Dengan platform ini, setiap users dapat berkolaborasi untuk menyelesaikan project opern source, sharing script code, dan melacak berbagai error. Kabar baiknya, dengan banyaknya fitur GitHub, kita tetap bisa share project portfolio kita dengan mudah dan gratis. 


3. Personal Website

Seiring berkembangnya zaman, website atau blog tidak hanya digunakan untuk sharing pengalaman pribadi, review beberapa hal, atau berjualan. Saat ini blog atau website sudah banyak dimanfaatkan untuk membagikan project data science. Mudahnya membuat blog dengan biaya yang murah bahkan gratis menjadi salah satu alasan mengapa platform ini banyak diminati oleh data science enthusiast untuk membagikan project mereka. Salah satu domain website atau blog yang terkenal di kalangan warganet adalah WordPress.

Data Science


4. Medium 

Data Science

Untuk project portfolio data science berbasis konten, ada platform blog yang dapat kita gunakan selain situs web pribadi. Medium adalah salah satu platform terbaik untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan project kita. Selain itu, memposting di social media seperti Quora, LinkedIn, Twitter, dan Reddit, dapat membantu memperkuat legitimasi kita sebagai data scientist dan memungkinkan portfolio kita mendapatkan lebih banyak atensi.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Ingin membangun portfolio data science namun masih bingung harus menggunakan data dan project apa yang menarik? Jangan khawatir! Yuk bangun portfolio data science kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. 


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login