3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 22 Jam 49 Menit 2 Detik

4 Referensi Algoritma Data Science Ramah NON IT

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bd787c584600ad19da098cdad0368b3f_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science adalah ilmu yang memiliki peran cukup penting di dalam era digital seperti ini. Karena hampir semua aktivitas sudah beralih ke era digital baik di dalam aktivitas jual beli, promosi sebuah produk, dan lain sebagainya. Misalnya seperti promosi sebuah produk, sekarang perusahaan hanya perlu mempromosikan produknya di dalam platform media online sekarang seperti contohnya adalah media sosial. Hal ini memungkinkan untuk mendatangkan lebih banyak calon konsumen dan juga bisa berpengaruh ke dalam tingkat penjualan.


Dengan adanya aktivitasnya akan menyebabkan banyak sekali perputaran data di dalam prosesnya. Maka dari itu dibutuhkan seseorang yang bisa mengolah perputaran data tersebut salah satu profesi itu adalah data science. Dengan menggunakan metode tertentu seorang data science bisa dengan mudah untuk melakukan penelitian terkait dengan prediksi. Nah, Data Science ini memiliki beberapa macam algoritma di dalamnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja algoritma yang sering dipakai. Jadi simak terus ya artikel berikut ini!


1. Algoritma K-means

Algoritma K-means ini adalah sebuah metode clustering yang non hirarki yang biasa membagi data ke dalam satu ataupun lebih cluster di dalamnya. Data yang mempunyai karakteristik yang sama akan dikelompokkan ke dalam sebuah cluster yang sama. Sedangkan untuk data yang berbeda akan dikelompokkan ke dalam cluster yang lainnya. Algoritma ini bisa dipakaiu ke dalam lingkup pendidikan seperti tingkatan universitas, kita dapat mengetahui pola mahasiswa di setiap fakultas dan jurusan yang dipilih dengan berdasarkan jenis kelamin ataupun asal sekolah sebelumnya. Dengan adanya hal ini akan membuat universitas yang terkait bisa meningkatkan promosinya untuk bisa mendapatkan lebih banyak calon mahasiswa yang memiliki ketertarikan dengan universitas tersebut dan juga bisa mengenal lebih jauh tentang universitas ataupun fakultas yang ada sebelum memasuki dunia perkuliahan.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. AdaBoost

AdaBoost adalah salah satu jenis algoritma supervised di dalam data mining yang biasa diterapkan untuk membuat sebuah model klasifikasi. Pengklasifikasian ini memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan beberapa data dan juga mencoba memprediksi kumpulan elemen data baru. Algoritma jenis ini bisa digunakan dengan algoritma lainnya untuk meningkatkan tingkat kinerjanya.


3. Algoritma Apriori

Algoritma apriori adalah metode yang sering digunakan untuk mencari sebuah pola hbungan antara satu ataupun lebih dari item di suatu dataset. Algoritma ini menggunakan sebuah aturan asosiasi yang bisa diterapkan di dalam database yang menampilkan sejumlah besar transaksi atau biasa disebut dengan market basket. Salah satu contohnya adalah pola konsumen di dalam suatu supermarket. Jadi sebagai pemilik supermarket tentunya harus mengetahui pola konsumen mereka seperti apa seperti konsumen membeli sebuah produk makanan tetapi ada kemungkinan membeli produk elektronik. Nah aturan pada algoritma ini bisa diketahui dengan dua macam parameter yaitu support yang berupa presentasi kombinasi dalam database dan juga confidence yaitu hubungan antara item dalam aturan asosiatif.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Algoritma C 4.5

Algoritma ini banyak dikenal dengan algoritma untuk klasifikasi data, yang memiliki atribut-atribut numerik dan juga kategorial. C4.5 ini membuat sebuah classifier dengan bentuk pohon keputusan atau decision tree. Jika diartikan, pohon keputusan ini adalah sebuah metode pengambilan keputusan dengan mengikuti titik awal alur. Pohon keputusan ini juga memiliki kegunaan untuk mengeksplorasi data dengan membagi kumpulan data yang besar menjadi kumpulan record yang lebih kecil lagi dan juga memperhatikan variabel tujuannya.


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :