PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 18 Menit 6 Detik

4 Referensi Tools Data Engineer 2023

Belajar Data Science di Rumah 20-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b8ee70a-7a7a-4cc5-add8-4126cf6006e1-2023-06-20-193527_x_Thumbnail800.jpeg

Salah satu profesi praktisi data yang cukup populer saat ini yaitu data engineer. Data engineer ini menjadi profesi yang cukup populer bukan tanpa alasan, karena profesi ini sangat dibutuhkan oleh banyak sekali perusahaan dan alasan lainnya adalah data engineer ini memiliki tugas utama dalam hal menyiapkan data untuk dianalisis, karena data ini sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Seorang data engineer juga harus bisa membangun jalur data untuk bisa menyatukan suatu informasi yang berasal dari sumber atau sistem yang berbeda-beda dengan cara mengintegrasikan, membersihkan, dan juga menyusun data agar bisa dianalisis. 


Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh seorang data engineer adalah tools data engineer. Karena dengan menggunakan tools ini seorang data engineer akan bisa memberikan sebuah informasi ataupun insight baru untuk perusahaan agar dapat mengembangkan bisnis perusahaan dan juga mendapatkan peluang yang baru bagi perusahaan. Nah, dalam artikel kita kali ini kita akan membahas apa saja tools data engineer yang sering dipakai. Jadi simak terus ya!


1. Apache Airflow

Tools yang pertama adalah Apache Airflow. Apache airflow adalah salah satu tools data engineer yang digunakan untuk bisa menjadwalkan dan juga mengatur data pipeline atau workflow. Pengaturan data pipeline disini adalah berfokus kepada koordinasi, pengaturan, penjadwalan, dan juga pengelolaan data pipeline yang cukup kompleks yang berasal dari beberapa sumber yang berbeda. Apache airflow ini memiliki keunggulan yaitu yang pertama dinamis jadi bisa digunakan di python ataupun di airflow itu sendiri. Kedua adalah memiliki berbagai jenis plugin yang bisa digunakan oleh data engineer. Ketiga adalah dapat digunakan oleh tim dengan ukuran load tugas yang cukup besar.

Data Engineer

Credit by Wikipedia


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Python

Mungkin diantara kalian sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman yang satu ini, yaitu python. Python ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan oleh para praktisi data, salah satunya adalah data engineer. Data engineer menggunakan python ini untuk membuat sebuah coding ETL atau Extract, Transform, Load framework. Lalu sering digunakan untuk interaksi API, otomatisasi dan tugas penyimpanan data. Tugas penyimpanan data ini biasanya terdiri dari membentuk data, agregasi, menggabungkan data dari sumber yang berbeda, dan lain sebagainya. Tugas-tugas ini dapat dilakukan dengan menggunakan Python, karena python memiliki library yang cukup mendukung untuk melakukan tugas tersebut. 

Data Engineer

Credit by Python.org


3. Tableau

Selanjutnya adalah Tableau. Tableau ini adalah sebuah tools data engineer yang dapat membantu seorang data engineer untuk mempermudah pembuatan analisis visual interaktif dalam bentuk dashboard. Tableau ini juga memiliki banyak sekali fitur dan juga fungsi yang bisa dipakai oleh data engineer, seperti menerjemahkan data dalam bentuk visualisasi, dapat mengelola metadata, dapat mengimpor berbagai ukuran dan juga range data, membuat visualisasi data tanpa harus coding.

Data Engineer

Credit by Logos-world


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Apache Kafka

Apache kafka ini adalah sebuah platform yang memiliki sifat open source dan juga dapat membantu para data engineer untuk bisa membuat data pipelines dengan menggunakan data streaming secara real time. Selain itu kafka ini dapat memungkinkan sinkronisasi data, streaming data real-time, dan lain sebagainya. Kafka ini juga cukup umum digunakan oleh para data engineer, karena sudah banyak sekali kontributor di Github yang mencantumkan kafka sebagai salah satu tools data yang terkemuka dalam profesional big data.

Data Engineer

Credit by Wikimedia Commons



Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login