SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 17 Menit 38 Detik

4 Referensi Tools Data Engineer yang Wajib Dikuasai

Belajar Data Science di Rumah 10-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aa870569a72a15580b193bfb9492483e_x_Thumbnail800.jpeg

Data Engineer adalah salah satu profesi praktisi data yang memiliki tugas utama yaitu menyiapkan data untuk siap dianalisis dan tugas operasional lainnya. Seorang data engineer juga wajib memiliki skill untuk bisa membangun jalur data untuk bisa menyatukan informasi yang berasal dari sumber yang berbeda-beda dengan cara mengintegrasikan, membersihkannya, dan juga menyusun data tersebut agar bisa masuk ke dalam proses analisis. Profesi ini juga bekerjasama dengan praktisi data lainnya sepeti data analyst dasn juga data scientist untuk bisa membantu mereka mengakses dan juga mengoptimalkan database.


Salah satu faktor yang utama untuk Data Engineer adalah menggunakan tools data engineer. Karena dengan menggunakan tools ini data engineer bisa melakukan dan juga memberikan sebuah insight baru yang bisa membantu perusahaan atau organisasi untuk bisa mengembangkan bisnis, mengevaluasi kinerja didalamnyal, dan juga bisa mendapatkan peluang bisnis yang baru. Ini juga menjadi alasan mengapa seorang data engineer harus memiliki skill pemrograman yang baik. Nah, jika kalian penasaran apa saja tools yang bisa dipakai oleh data engineer ini kalian bisa simak artikel berikut ini untuk bisa memahaminya, jadi simak terus ya!


1. Python

Mungkin diantara kalian sudah tidak asing dengan salah satu bahasa python ini. Python ini adalah bahasa pemrograman yang cukup populer dikalangan praktisi data, terlebih lagi untuk seorang data engineer. Karena bahasa python ini digunakan untuk membuat sebuah codingan ETL framework (Extract Transform Load), bisa digunakan untuk interaksi API, dan juga bisa untuk tugas penyimpanan data seperti membentuk data, menggabungkan data dari beberapa jenis sumber yang berbeda-beda, dan masih banyak lagi kegunaannya. Tugas-tugas ini dapat dilakukan dengan mudah oleh python karena banyak sekali library di dalamnya untuk mendukung pekerjaan data engineer.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Kafka

Kafka atau bisa disebut dengan Apache Kafka adalah sebuah platform yang memiliki sifat yang open source dan juga bisa membantu data engineer untuk membuat data pipelines dengan menggunakan data streaming secara real time. Selain untuk membangun data pipelines, kafka juga bisa mensinkronisasikan data, perpesanan, stream data real time, dan masih banyak sekali kegunaan dari kafka ini. Kafka ini juga sudah cukup umum untuk dipakai oleh data engineer, dilihat dari 907 kontributor dan juuga 22.000 stars di github yang mencantumkan kafka ini sebagai salah satu tools yang cukup populer di kalangan data engineer.


3. AWS Cloud Service

Penggunaan layanan dengan basis clodu ini semakin lama semakin meningkat dengan pesat dan salah satu platform yang umum digunakan oleh para data engineer ini adalah AWS cloud service. Sebelum adanya komputasi cloud seperti sekarang, dulu perusahaan yang ingin membuat sebuah data center haruslah membangunnya sendirei dan harus memprediksikan beban kerja dari layanan itu. Tentu hal ini akan sangat merepotkan karena memiliki biaya yang cukup banyak dan besar jumlahnya. Menurut AWS, cloud computing adalah penggunaanya sesuai dengan kebutuhan sumber daya it melalui internet dengan harga yang cukup relevan. AWS cloud service ini juga memiliki layanan seperti EC2, RDS, dan juga Redshift.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Spark

Apache Spark atau bisa disebut dengan spark adalah mesin pengolahan data yang bersifat open source. Sampai sat ini sudah banyak sekali organisasi yang menggunakan tools ini, contohnya adalah perusahaan perusahaan besar seperti Apple, Microsoft, IBM, dan perusahaan besar lainnya. Karena platform ini mampu untuk melakukan manajemen data dan juga stream dengan cepat. Spark ini bisa dikatakan sebagai alat yang cukup efektif untuk menangani data yang memiliki ukuran yang besar secara efisien dan juga membagi tugas pemrosesan ke beberapa jenis perangkat.


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login