PROMO 12.12! DISKON 90%
Belajar Data 6 Bulan hanya Rp120K!

0 Hari 1 Jam 22 Menit 38 Detik

4 Rumus Dasar Untuk Panduan Pemrograman Python

Belajar Data Science di Rumah 15-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-2023-10-15-164747_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang cukup powerful untuk para programmer yang biasa digunakan untuk berbagai macam jenis keperluan seperti untuk mengembangkan sebuah website, machine learning, data science, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebutlah yang mendasari mengapa Python ini sangat banyak peminatnya dan cukup populer akhir-akhir ini.


Faktor lainnya yang membuat bahasa ini banyak sekali digunakan oleh para programmer maupun praktisi data adalah penulisan sintaksnya yang lebih ringkas dan juga singkat. Untuk mempelajari Python ini kalian harus mengetahui fundamentalnya atau konsep dasar dari bahasa ini.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas konseptual bagaimana dasar-dasar pemrograman Python, seperti menuliskan variabel dengan menggunakan bahasa ini, tipe data Python, operator dalam Python, dan percabangan dan perulangan dalam Python.


Mari kita simak pembahasannya dibawah ini!


1. Variabel Pada Python

Variabel adalah sebuah lokasi dari memori yang sudah dicadangkan dan memiliki fungsi untuk menyimpan nilai-nilai maupun data-data. Variabel dapat menyimpan data yang akan dilakukan selama proses sedang berlangsung yang nantinya hasil dari variabel ini bisa diubah oleh operasi-operasi tertentu pada program yang menggunakan variabel. 


Variabel ini bisa menyimpan banyak sekali jenis tipe data. Variabel Python ini juga memiliki sifat yang lumayan dinamis. Hal ini dikarenakan variabelnya tidak perlu untuk dideklarasikan oleh tipe data tertentu dan juga variabel Python ini dapat diubah pada saat program sedang dijalankan.


Python

Credit by AbdUmar


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. TIpe Data Python

Tipe data merupakan jenis data yang sudah kita simpan dalam bentuk variabel. Ketika kita akan mengisikan tipe data pada sebuah variabel dalam Python, tentunya penulisannya akan disesuaikan dengan jenis datanya. Jika data yang dimasukkan adalah tipe data teks atau string maka dapat dituliskan dengan tanda petik ( “.....” ).


Jika tipe data dalam bentuk numerik dan boolean maka dapat dituliskan begitu saja tanpa menggunakan tanda petik tadi. Nanti secara otomatis Python akan mengenali jenis datanya dan langsung menyimpannya ke dalam variabel. Untuk memeriksa tipe data apa saja yang tersimpan dalam variabel, maka kalian dapat menggunakan fungsi type().


Python

Credit by TechForID


3. Operator dalam Python

Operator adalah sebuah simbol khusus dalam sebuah bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk bisa melakukan sebuah operasi tertentu, contohnya adalah ketika kalian ingin membuat sebuah alur logika, perhitungan sebuah nilai, dan lain sebagainya. Operator dalam Python ini biasanya disimbolkan dengan sebuah karakter seperti ( +, -, *, /, **, %) dan masih banyak lagi.


Ada beberapa jenis operator dalam Python yaitu seperti berikut ini:

  • Pertama ada operator aritmatika. Operator aritmatika adalah operator yang cukup sering digunakan oleh para programmer dalam membuat sebuah program komputer. 

  • Kedua ada operator pembanding. Operator ini biasa digunakan untuk membandingkan sebuah nilai dari masing-masing operan.

  • Ketiga ada operator penugasan. Operator ini digunakan para programmer untuk bisa memberikan nilai ke dalam sebuah variabel.

  • Keempat operator logika. Operator jenis ini memiliki fungsi sebagai sebuah pembanding dari dua buah nilai  yang memiliki tipe boolean yang menghasilkan sebuah nilai boolean juga yaitu true atau false.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Percabangan dan Perulangan dalam Python

Percabangan sendiri merupakan seleksi yang akan melakukan sebuah pengecekkan pada suatu kondisi tertentu yang mengarahkan program komputer berjalan sesuai dengan keinginan sang user. Percabangan ini bisa terbagi menjadi beberapa bentuk lainnya seperti perintah if, if-else, dan juga if-elif-else.


Sedangkan untuk perulangan dalam Python sendiri adalah suatu perintah yang biasa digunakan untuk mengulang sebuah pengeksekusian suatu statement sampai berkali-kali sesuai dengan jumlah iterasi yang user inginkan dan dengan kondisi yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada perulangan sendiri terdapat 2 jenis perulangan yaitu while dan juga for.


Salah satu skill yang bisa kamu mulai perlajari adalah bahasa python. Karena python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula.


Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :