PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 19 Menit 31 Detik 

4 Skills Excel yang Wajib Dikuasai dalam Pekerjaan Administrasi

Belajar Data Science di Rumah 07-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4e954c0b242f6f16b28923b96eb5bb23_x_Thumbnail800.jpg

Dalam pekerjaan administrasi, skills excel sangat dibutuhkan untuk mempermudah segala task dan tanggung jawab yang akan dikerjakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya rekrutmen administrasi yang mensyaratkan keterampilan excel. Skills yang dibutuhkan pun beragam, mulai dari basic hingga advanced, tergantung dari role admin yang akan diisi. 

Semakin tinggi level role administrasi, maka skill excel yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi. Excel memiliki ratusan fitur yang bisa dimanfaatkan dalam pekerjaan admin, mulai dari cara memformat cell dan tabel dengan cepat, menggunakan formula untuk perhitungan matematika, membuat grafik untuk menjelaskan sesuatu, dan lain sebagainya.

Excel merupakan spreadsheet program yang paling banyak digunakan di bidang administratif saat ini. Excel memiliki banyak versi, dari versi gratis hingga versi full suite. Sebagian besar bisnis menggunakan Office 365 programs yang termasuk microsoft word, powerpoint, teams, outlook, onedrive, excel, dan lain sebagainya. Pekerjaan administratif membutuhkan semua tools tersebut, namun kali ini kita akan membahas khusus excel, terutama skills excel yang harus dikuasai oleh staff administratif di level advanced. Penasaran apa saja? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

1. Formula Excel

Formula adalah kunci agar excel kita berjalan dengan baik. Kita bisa mengisi cell excel dengan berbagai jenis data, mulai dari bilangan, mata uang, text, bahkan gambar atau hyperlink. Namun, agar data tersebut dapat dikelola, kita membutuhkan formula untuk mendapatkan insight dari data tersebut. Excel memiliki banyak formula, mulai dari formula untuk operasi matematika dasar, statistika, accounting, bahkan kita bisa membaangun code menggunakan excel makro. Dengan bantuan formula, admin akan lebih mudah untuk menyajikan ringkasan data.

excel

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Filter 

Staf admin menggunakan filter pada excel untuk menghapus informasi yang tidak digunakan sebelum diprint. Dengan fitur filter, admin akan lebih mudah untuk mencari suatu nama, task, tanggal, atau item lain sehingga pekerjaan lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. Filter ini juga bisa diterapkan pada banyak kolom di dalam satu sheet sehingga admin bisa memfilter dengan banyak kategori. Fitur filter pada excel merupakan kunci untuk mencari suatu data dengan kategori tertentu.

excel

3. Sorting

Sorting merupakan fitur excel yang digunakan untuk mengurutkan suatu data berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, kita mengurutkan data berdasarkan besar kecilnya data, atau berdasarkan urutan alfabet. Pengurutan ini juga bisa dilakukan dari besar ke kecil, dari kecil ke besar, dari A hingga Z, atau dari Z hingga A. dengan fitur ini, admin akan lebih mudah untuk mengurutkan suatu data tanpa harus melakukan copy paste.

4. Pivot Table

Pivot merupakan fitur excel yang paling banyak membantu admin, khususnya untuk menampilkan summarise dari suatu data. Pivot table bersifat dinamis dan didalamnya kita bisa mengetahui count, sum, average, atau formula lainnya untuk merekap sekumpulan data. Pada pivot table kita juga bisa melakukan filter kolom apa saja yang akan ditampilkan, dan item apa saja yang akan di-hide. 

excel

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

5. Yuk Belajar Lebih Dalam Tentang Excel Bersama DQLab

Ingin mengenal dan belajar lebih jauh cara mengaplikasikan excel di berbagai bidang industri? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Klik button di bawah ini untuk signup atau bisa melalui DQLab.id dan nikmati ebook gratis mengenai dunia data yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun. Selamat belajar!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :