Buat Akun DQLab & Akses kelas Data Science R, Python, SQL, Excel GRATIS
 SIGNUP GRATIS

Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Belajar Data Science di Rumah 15-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/293a1ba19203df83e0e5c81987090f60_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu software yang digunakan untuk mempermudah proses pengolahan data. Beberapa perusahaan sekarang ini mewajibkan para kandidatnya untuk memiliki keahlian mampu mengoperasikan Excel sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Bagi kalian fresh graduate alias lulusan baru nih, pastinya Excel harus kalian kuasai. Kenapa? Karena sekarang excel sudah familiar di perusahaan bidang manapun tanpa terkecuali. Mau kalian bekerja di ranah sales, atau ranah marketing pun Excel tetap dibutuhkan sebagai software pokok dalam menunjang proses pengolahan data perusahaan. Dengan banyaknya ragam rumus serta formula yang disediakan, tentunya Excel sangatlah bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari.


Mengingat banyaknya data dan berbagai sheet yang tersedia maka rumus Excel setidaknya dapat membantu produktivitas kerja kita agar lebih rapi dan terstruktur. Meskipun demikian, walaupun banyak aplikasi spreadsheet yang tersedia ternyata Microsoft Excel selalu menjadi parameter yang digunakan dalam dunia kerja. Beberapa posisi yang dipersyaratkan oleh perusahaan pastinya menggunakan excel sebagai aplikasi pengolah data.


Meskipun munculnya banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya, Excel tetap menjadi perangkat lunak spreadsheet standar dalam dunia kerja. Excel tetap banyak diminati karena software ini mudah untuk digunakan terutama bagi pemula. Setiap pengolahan data pada aplikasi Microsoft Excel menggunakan rumus, terutama rumus untuk menyelesaikan masalah logika. Jadi, sudahkah kamu tahu dengan Microsoft Excel? Tahukah kamu apa saja rumus dasar penghitungan yang bisa diselesaikan oleh Excel?


Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan tips rumus-rumus yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis data menggunakan Excel, jadi jika kamu belum mahir menggunakan software-software yang telah disebutkan sebelumnya, kamu tetap bisa melakukan analisis data menggunakan Microsoft Excel. Penasaran? Yuk simak artikelnya sampai selesai!


1. Rumus Pengoperasian Dasar Matematika

Jika kamu baru memulai untuk mempelajari Excel, maka terlebih dahulu kamu harus menguasai rumus pengoperasian dasar matematika. Rumus ini terdiri dari penjumlahan, pembagian, pengurangan, dan perkalian.


Penjumlahan (SUM), fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data-data di cell. Fungsi SUM bisa digunakan untuk menambahkan data per cell, data dalam satu range, maupun data dalam beberapa range sekaligus. Cara pemakaian rumus adalah dengan =SUM(cell pertama : cell terakhir)

excel

Nilai Terbesar (MAX), selanjutnya, kamu dapat menggunakan MAX yang dapat memungkinkan kamu mencari nilai terbesar dalam data. Rumus untuk menggunakan MIN adalah =MAX(nilai pertama yang ingin ditampilkan:nilai akhir yang ingin ditampilkan)


Nilai Terkecil (MIN), kamu dapat menggunakan MIN yang dapat memungkinkan mencari nilai terkecil dalam data. Rumus untuk menggunakan MIN adalah =MIN(nilai pertama yang ingin ditampilkan:nilai akhir yang ingin ditampilkan)

excel

Rata-rata (Average), rumus Excel ini digunakan ketika akan melakukan perhitungan data di bagian belakang layar dan digunakan untuk mencari angka rata-rata pada sekumpulan data. Tentunya dengan rumus ini kamu dapat melakukan pembagian secara cepat dan tepat. Cara pemakaianya adalah =Average(cell pertama ; cell akhir).

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. CONCATENATE, LEN, dan COUNTA

Concatenate merupakan salah satu rumus Excel untuk analisis data yang powerful dan paling mudah dipelajari. Rumus ini bisa kita gunakan untuk menggabungkan teks, angka, tanggal, dan lainnya dari beberapa sel menjadi satu.  Rumus umum concatenate adalah,


=CONCATENATE(pilih sel yang ingin digabungkan)


Agar lebih mudah dipahami, kamu bisa memperhatikan contoh berikut. Pada contoh ini, kita akan coba menggabungkan nama awal dan nama akhir. Kita cukup tuliskan =CONCATENATE(Cell_nama_awal;Cell_nama_akhir).

excel

excel

Len merupakan rumus kedua yang bisa digunakan untuk analisis data. Rumus ini dapat menghitung jumlah karakter dalam satu cell tertentu dengan cepat. Rumus Len sangat berguna saat mencoba menentukan perbedaan antara Unique Identifiers (UID), yang seringkali panjang dan tidak dalam urutan yang benar. Rumus umum ini dapat ditulis dengan,


=LEN(pilih sel)


Berikut merupakan contoh penggunaan rumus len pada Excel.


Pada contoh berikut kita akan mencoba menghitung jumlah karakter Unique Identifiers beberapa produk di supermarket. Kita cukup menuliskan rumus =LEN(Cell_yang_akan_dihitung)

excel

Rumus ketiga yang bisa kita manfaatkan untuk analisis data adalah COUNTA. Rumus ini dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah sel kosong atau tidak. Seorang Data Analyst sudah terbiasa bekerja dengan missing value dan data yang kurang lengkap. Dengan menggunakan rumus COUNTA, seorang Data Analyst dapat mengevaluasi setiap celah yang mungkin ada di kumpulan data tanpa harus mengatur ulang data. Rumus umum COUNTA ditulis dengan,


=COUNTA(Cell_yang_akan_dianalisis)


Misalnya, kita ingin mengetahui apakah dalam satu kolom ada cell yang kosong. Kita dapat menuliskan =COUNTA(Cell) lalu drag hingga cell terakhir seperti gambar berikut.

Excel

Dari gambar di atas, kita bisa mengidentifikasi bahwa ada dua cell yang kosong, yaitu cell yang diwakilkan dengan angka 0.


3. SUMIFS dan AVERAGEIFS

SUMIFS merupakan salah satu rumus yang wajib diketahui oleh seorang analis data. Rumus umum yang digunakan adalah =SUM, tetapi bagaimana jika seorang Data Analyst perlu menjumlahkan nilai berdasarkan beberapa kriteria, ia perlu menggunakan rumus SUMIFS. Rumus umum SUMIFS dapat ditulis dengan,


=SUMIFS(range, criteria, [sum_range])


Pada contoh berikut, SUMIFS akan kita gunakan untuk menentukan seberapa besar kontribusi setiap produk terhadap pendapatan. 

excel

excel

Jika rumus SUMIFS digunakan untuk menghitung jumlah berdasarkan kriteria, rumus AVERAGEIFS dapat kita manfaatkan untuk menghitung rata-rata berdasarkan satu atau lebih kriteria. Rumus umum AVERAGEIFS dapat ditulis dengan,


=AVERAGEIFS(pilih sel, kriteria, [average_range])


Berikut merupakan contoh penggunaan rumus AVERAGEIFS untuk menghitung rata-rata transaksi.

excel

excel


4. IFERROR dan COUNTIFS

Rumus selanjutnya yang bisa digunakan oleh seorang Data Analyst untuk menganalisis data adalah rumus IFERROR. Rumus ini dapat digunakan untuk mencari teks atau nilai tertentu yang tidak cocok dalam kumpulan data. Hal ini menyebabkan kesalahan #VALUE dan mengganggu proses analisis. Kita bisa menggunakan IFERROR untuk mengganti kesalahan #VALUE dengan teks nilai apa pun. Rumus umum IFERROR dapat ditulis dengan,


=IFERROR(temukan "nilai", pilih sel, value_if_error)


Berikut merupakan contoh penggunaan IFERROR. Kita akan coba mengisi sel berisi #VALUE dengan nilai satu.

excel

Rumus selanjutnya adalah COUNTIFS. Rumus ini merupakan rumus termudah untuk menghitung jumlah instance set data yang memenuhi sekumpulan kriteria. Rumus umum COUNTIFS dapat ditulis dengan,


=COUNTIFS(range, criteria)


Agar lebih mudah dimengerti, berikut adalah contoh sederhana penggunaan rumus COUNTIFS. Pada contoh ini, nama produk digunakan untuk menentukan produk mana yang paling laris.

Excel

excel

Berdasarkan gambar di atas, produk terlaris adalah produk A02 dan A03 dengan total penjualan 3.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Dari Beginner Sampai Professional Yuk Bersama DQLab!

Bingung mau kuasai skill excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. DQLab jawabannya! Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, free guysss! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. 


excel


Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!