FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 0 Menit 28 Detik 

Mengenal Excel untuk Grafik dalam Visualisasi Data Menarik

Belajar Data Science di Rumah 15-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/29514c2a623bec19827d78ef97494b03_x_Thumbnail800.jpg

Visualisasi Data adalah representasi data dalam format grafis. Itu membuat data lebih mudah dipahami. Visualisasi Data dapat dilakukan dengan menggunakan alat seperti Tableau, Google charts, DataWrapper, dan banyak lagi. Excel adalah spreadsheet yang digunakan untuk organisasi data dan visualisasi data juga. Pada artikel ini, mari kita pahami Visualisasi Data di Excel. 


Saat "zaman Big Data" memasuki era puncak, visualisasi menjadi alat yang semakin penting untuk memahami triliunan baris data yang dihasilkan setiap hari. Visualisasi data membantu menyampaikan cerita dengan mengkurasi data ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami, menyoroti tren dan outlier.


Visualisasi yang baik menceritakan sebuah cerita, menghilangkan gangguan dari data dan menyoroti informasi yang berguna. Namun, itu tidak semudah hanya mendandani grafik agar terlihat lebih baik atau menampar bagian "info" dari sebuah infografis. Visualisasi data yang efektif adalah tindakan penyeimbangan yang rumit antara bentuk dan fungsi.


Grafik yang paling sederhana bisa jadi terlalu membosankan untuk menarik perhatian atau menunjukkan poin yang kuat; visualisasi yang paling menakjubkan bisa benar-benar gagal dalam menyampaikan pesan yang tepat atau bisa berbicara banyak.


Data dan visual perlu bekerja sama, dan ada seni untuk menggabungkan analisis hebat dengan pengisahan cerita yang hebat.


Bekerja dengan data temporal sering kali berarti bahwa kita bekerja dengan deret waktu: urutan titik data, yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu. Data deret waktu biasanya diindeks secara berurutan dan dalam interval waktu yang teratur.


Ada banyak metode untuk memvisualisasikan perubahan dari waktu ke waktu termasuk diagram batang; grafik garis; grafik Gantt; peta panas; grafik bertumpuk; kelipatan kecil dan masih banyak lagi.


Metode visualisasi data yang lebih canggih termasuk, tetapi tidak terbatas pada peta panas spiral, bagan cakrawala, plot siklus. Daftar yang diberikan di sini tidak lengkap tetapi menampilkan cara paling umum untuk menyajikan data terkait waktu secara visual.


1. Line Graph

Grafik garis dan diagram batang adalah beberapa cara paling umum untuk memvisualisasikan data deret waktu. Dalam hal ini, waktu biasanya dipetakan pada sumbu horizontal, sedangkan variabel kuantitatif dipetakan sepanjang sumbu vertikal.

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Heatmaps

Heatmaps menyandikan data melalui warna. Nilai data diterjemahkan ke dalam nilai warna melalui skala dan kemudian dipetakan ke dalam matriks. Heatmaps memungkinkan kita untuk membandingkan perubahan dari waktu ke waktu di beberapa variabel.


Heatmaps spiral adalah jenis peta panas khusus yang dirancang untuk membandingkan siklus seperti tahun atau hari.

excel


3. Stacked

Grafik area bertumpuk juga memungkinkan kita untuk mengamati perubahan dalam banyak variabel dan bagaimana pengaruhnya terhadap total kumulatif. Namun, mereka bisa menjadi sulit dibaca ketika sejumlah besar variabel diperkenalkan.


Idealnya, kita harus menampilkan 4-5 variabel dalam satu bagan untuk menjaga keterbacaan grafik. Pilihan warna juga merupakan faktor penting saat memvisualisasikan grafik area bertumpuk.

excel


4. Funnel Chart

Funnel Chart digunakan untuk memvisualisasikan pengurangan progresif data saat melewati dari satu fase ke fase lainnya. Bagan corong dapat digunakan untuk mewakili tahapan dalam suatu proses atau prosedur.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Bagaimana? Setelah mengenali beberapa macam tahapan data cleaning ternyata belajar Excel cukup mengasyikkan bukan? Nah, kalian bisa mulai coba belajar materi Excel lainnya di DQLab

 

DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data scientist baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang. Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :