PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 9 Menit 36 Detik 

Belajar Variasi Rumus Excel untuk Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 19-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/de84714b473a38f383baf34c840d675f_x_Thumbnail800.jpg

Tahukah Sahabat DQ Microsoft Excel yang menyimpan banyak sekali rumus lengkap untuk praktisi data merupakan salah satu aplikasi paling populer untuk analisis data. Dilengkapi dengan tabel pivot, tidak diragukan lagi Excel merupakan alat analitik yang paling dicari. Ini adalah perangkat lunak manajemen data lengkap yang memungkinkan Sahabat DQ dapat mengimpor, menjelajahi, membersihkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data Sahabat DQ dengan mudah. 


Salah satu keuntungan dengan menggunakan excel adalah dengan mengenali pola dalam kumpulan data yang kecil memang cukup sederhana. Tetapi besarnya dataset sering membutuhkan upaya tambahan untuk menemukan polanya. Dalam kasus seperti itu, tabel pivot yang ada di excel dapat menjadi advantage besar karena hanya membutuhkan beberapa menit untuk meringkas kelompok data menggunakan tabel pivot. 


Beberapa case analisis seperti, dalam sebuah dataset Sahabat DQ memiliki kumpulan data yang terdiri dari wilayah dan jumlah penjualan. Sahabat DQ ingin sekali mengetahui jumlah penjualan berdasarkan wilayah, yang dapat digunakan untuk menentukan mengapa suatu wilayah kurang dan bagaimana cara meningkatkannya di wilayah tersebut. Melalui penggunaan tabel pivot, Sahabat DQ dapat membuat laporan di excel dalam beberapa menit dan menyimpannya untuk analisis di masa mendatang.


Tabel Pivot memungkinkan Sahabat DQ untuk meringkas data sebagai rata-rata, penjumlahan, atau penghitungan di Excel dari data yang disimpan di Spreadsheet, atau tabel lain. Ini bagus untuk membuat laporan dengan cepat karena Anda dapat mengurutkan dan memvisualisasikan data dengan cepat.


Lalu bagaimana dengan rumus excel lainnya? Yuk simak rumus excel yang sering digunakan oleh Data Analyst!


1. Sumif( )

Salah satu rumus yang “harus diketahui” untuk seorang data analis adalah =SUMIFS. =SUM adalah rumus yang sudah dikenal, tetapi bagaimana jika praktisi data perlu menjumlahkan data berdasarkan banyak kriteria? Berikut ini rumus dan contoh penggunaan SUMIFS

SYNTAX = SUMIFS (jumlah_rentang, rentang1, kriteria1, [rentang2], [kriteria2], …)


excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. VLOOKUP atau Vertical Lookup

Akronim VLOOKUP adalah singkatan dari 'Pencarian secara Vertikal.' Ini adalah fungsi yang memberi tahu Excel untuk mencari nilai tertentu dalam kolom (disebut 'array tabel') untuk mengembalikan nilai dari kolom lain di baris yang sama. Berikut adalah contoh dan rumusnya.

SYNTAX = VLOOKUP (nilai_pencarian, susunan_tabel, jumlah_indeks_kolom,[pencarian_kisaran])


excel


3. CONCATE atau MENGGABUNGKAN

=CONCATENATE adalah salah satu rumus yang paling mudah dipelajari tetapi paling kuat saat melakukan analisis data. Gabungkan teks, angka, tanggal, dan lainnya dari beberapa sel menjadi satu. Itu adalah fungsi yang sangat baik untuk membuat titik akhir API, SKU produk, dan kueri Java. Berikut adalah rumus dan contoh implementasinya:


=CONCATENATE(PILIH SEL YANG INGIN DIGABUNGKAN)

excel


4. IF () atau Jika Maka

Fungsi IF sangat berguna. Kami dapat menggunakan fungsi ini untuk mengotomatiskan pengambilan keputusan di spreadsheet kami. Kita bisa menggunakan IF untuk membuat Excel melakukan perhitungan yang berbeda atau menunjukkan nilai yang berbeda berdasarkan hasil tes logis (keputusan). Fungsi IF akan meminta Anda untuk menjalankan tes logis, serta tindakan apa yang harus diambil jika tesnya benar dan tindakan apa yang harus diambil jika tesnya salah.

Yuk simak bagaimana rumus dan implementasinya. 

SYNTAX = IF (pengujian_logis, [nilai_jika_benar], [nilai_jika_salah])


excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Rumus Lengkap Excel di DQLab Academy!

Penasaran apalagi rumus excel yang dipakai oleh team data analyst untuk mempersiapkan insight? Untuk lebih memahami teknik pengolahan excel, DQLab telah menyediakan QUIZ Excel untuk dapat dikerjakan. Latih kemampuan excel menggunakan rumus rumus excel bersama Senja dan Aksara. 


Lakukan sekarang dan persiapkan karirmu dalam dunia data sekarang! Mulai belajar excel dengan signup di DQLab atau isi form dibawah ini ya!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!