FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 30 Menit 32 Detik 

Belajar Excel & Hasilkan Visualisasi Data Simpel

Belajar Data Science di Rumah 23-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9ea53a9c8dbe590741c2191775adf532_x_Thumbnail800.jpg

Ketika seseorang melakukan proses analisis data, hasil analisis tersebut tentunya akan disampaikan dalam forum atau kepada pihak terkait. Hasil analisis data tersebut belum tentu dipahami oleh semua orang terutama yang tidak familiar dengan data.


Oleh karena itu perlu dilakukan proses visualisasi data. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi data adalah microsoft excel. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali cara membuat visualisasi data untuk banyak data.


Data yang diperoleh dari pihak pengumpul data biasanya berasal tidak hanya dari satu sumber saja, melainkan dari berbagai sumber. Dengan demikian data yang diperoleh juga memiliki bermacam-macam jenis atau struktur.


Oleh karena itu sebelum diolah, data perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, banyaknya jumlah data ini tetap bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dibuat visualisasi datanya dengan menggunakan bantuan microsoft excel.


1. Visualisasi Data Excel

Proses visualisasi data merupakan salah satu langkah penting dalam penelitian. Dengan adanya proses visualisasi data akan memudahkan pembaca dalam memahami hasil analisis data. Jika hasil analisis data dipahami, tentunya akan memudahkan pengguna dalam mengambil keputusan.


Salah satu software yang dapat digunakan adalah microsoft excel. Dalam microsoft excel terdapat berbagai jenis visualisasi yang dapat digunakan seperti diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, scatter plot, dan lainnya.

excel

Pada bagian selanjutnya kita akan mengenali cara visualisasi data menggunakan microsoft excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menyiapkan Data

Langkah awal dalam proses visualisasi data adalah menyiapkan data yang akan divisualisasikan. Perlu diperhatikan kita perlu benar-benar memastikan bahwa data tersebut sudah sesuai. Sebagai contoh mudah, kita akan melihat data penjualan selama setahun penuh.


Dari data tersebut akan ditampilkan hasil penjualan offline dan hasil penjualan offline. Lalu tujuannya adalah menampilkan grafik yang berisi perbandingan antara penjualan offline dengan penjualan online. 

excel


3. Menyorot Data

Pada bagian sebelumnya telah ditampilkan data yang akan divisualisasikan. Langkah selanjutnya untuk menampilkan grafik yang diinginkan antara lain dengan menyorot data yang dipilih. Setelah data disorot, klik menu ‘insert’.


Pada menu insert, terdapat bagian charts yang menampilkan banyak pilihan grafik atau diagram yang dapat digunakan. Sebelum memilihnya, kita perlu memperkirakan kira-kira jenis grafik seperti apa yang cocok untuk jenis data yang digunakan agar tampilannya lebih menarik dan merepresentasikan isi data.


excel


4. Memilih Grafik

Setelah mengetahui jenis grafik yang cocok untuk data, pada microsoft excel dalam satu jenis grafik terdapat berbagai macam yang dapat dipilih. 

excel


Jika sudah menentukan grafik, maka akan muncul hasil visualisasi data yang berisi informasi data yang telah disorot sebelumnya. Hasil visualisasi data tersebut dapat dikustomisasi seperlunya sesuai dengan keinginan pengguna. Berikut ini merupakan salah satu contoh hasil visualisasi data.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Proses visualisasi data merupakan salah satu langkah penting dalam proses penelitian. Visualisasi data bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami hasil analisis data. Kalian dapat mulai belajar visualisasi data mulai dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :