FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 53 Menit 52 Detik 

Pemula Wajib Kuasai Excel sebagai Skill Dasar Pengolahan

Belajar Data Science di Rumah 24-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f18ceddf16c85908a906b6d0fe2750ab_x_Thumbnail800.jpg

Excel bukanlah pemain baru yang masih asing namanya di telinga kita. Pasti banyak diantara kita yang pernah mendengar nama Excel atau bahkan sudah pernah mengoperasikannya, baik untuk melakukan pengolahan data sederhana, membuat visualisasi, maupun hanya untuk kepentingan reporting. Excel sendiri memang merupakan salah satu tools pengolahan data yang umum digunakan, baik oleh praktisi data maupun profesi lainnya yang berhubungan dengan angka.


Fakta nya, Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985, dimana pada saat itu Excel baru tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh. Pada saat itu, nama Excel belum ada tambahan Microsoft di depannya. Untuk versi sistem operasi Windows, Microsoft baru merilis nya di tahun 1987. Excel terus mengembangkan diri sehingga bisa mengalahkan pesaingnya di tahun 1988 dan masuk sebagai salah satu spreadsheet terbaik. Hingga hari ini, Excel masih menjadi software spreadsheet andalan banyak orang.


Nah, untuk kamu yang tertarik untuk menjadi praktisi data, namun tidak pernah belajar tools pengolahan data, artikel ini memang sengaja ditulis untukmu. Yuk, simak artikelnya!


1. Mengapa Harus Menguasai Excel?

excel

Ini merupakan pertanyaan yang memang harus kamu tanyakan setiap kali kamu ingin mengupgrade skill yang kita miliki. Apakah memang skill tersebut dibutuhkan dan memberikan dampak besar di kehidupanmu atau tidak? Nah, saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan data sebagai dasar pengambilan keputusannya, tentu proses pengolahan data akan sangat dibutuhkan. Excel bisa menjadi salah satu skill dasar untuk mengolah data.


Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menguasai Excel, diantaranya adalah:

  • Terpakai di banyak industri. Hal ini karena memang sudah banyak industri yang mulai memanfaatkan data sebagai dasar pengambilan keputusan.

  • Banyak tools dan function untuk mempermudah proses pengolahan data

  • Bisa digunakan untuk mengolah data dalam bentuk visual

  • Dapat memanfaatkan shortcut keyboard di Excel untuk mempersingkat proses pengolahan data


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2.Kuasai Excel di Modul Platinum DQLab

excel

Setelah mengetahui alasan-alasan untuk belajar Excel, kamu tidak perlu bingung mencari tempat belajar Excel karena DQLab telah menyediakan modul Excel yang bisa kamu akses dengan cara membeli modul Platinum. Dengan membeli modul Platinum, kamu cukup bayar satu kali dan akan bisa mengakses modulnya seumur hidup. 


Untuk saat ini, modul Excel yang tersedia baru ada tiga, yaitu modul œCara Cepat dan Mudah Menguasai Excel Dasar, œCara Cepat dan Mudah Menguasai Excel Tingkat Lanjut, serta modul œData Cleaning dengan Microsoft Excel. Ketiga modul ini termasuk ke bagian persiapan, jadi cocok untuk kamu yang belum pernah belajar Excel sama sekali, maupun untuk kamu yang sudah pernah menggunakan Excel namun belum terlalu mahir.


3. Berkesempatan Mentoing pada Event Excel

excel

Selain melalui modul Platinum, DQLab juga menyediakan sesi live untuk belajar Excel. Setelah berhasil dengan live dengan judul œBelajar Basic Excel Hingga Visualisasi Sederhana yang diadakan di instagram DQLab pada tanggal 20 Mei 2022, kini DQLab kembali memberikan sesi live pembelajaran Excel dari dasar hingga advanced melalui workshop. 


Tentu saja pembahasan di workshop akan jauh lebih detail dan mendalam jika dibandingkan dengan sesi live instagram. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan workshop ini, kamu bisa membayar 85 ribu untuk masing-masing sesi, namun jika membeli keduanya maka kamu cukup membayar 150 ribu loh. Cukup bersahabat di kantong kan?


4. Belajar Excel Gratis dengan DQLab

excel

œWah, aku nyari yang gratis nih, ada gak?, ada dong! DQLab kerap kali berkolaborasi dengan lembaga lain, termasuk untuk pembelajaran Excel. Salah satu kolaborasi yang cukup menarik untuk pembelajaran Excel di tahun ini adalah kolaborasi antara DQLab dengan KOMINFO, yaitu di program Digital Talent Scholarship Profesional Academy.


Jika selama ini, kolaborasi antara DQLab dan KOMINFO hanya untuk pelatihan bahasa pemrograman saja, maka di tahun ini ada materi Excel Data Storytelling. Tentu saja selain gratis, program ini juga akan memberikan sertifikat langsung dari KOMINFO. Menarik banget kan?


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul œFree Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat.


Untuk bisa mengakses modul tersebut, caranya gampang banget loh. Kamu hanya perlu sign up dan membuat akun di DQLab. Setelah itu, kamu sudah bisa menikmati free modul yang ada. Jika kamu tertarik dengan konsep pembelajaran di DQLab, kamu juga bisa berlangganan modul premium atau membeli modul platinum. Yuk, buruan sign up, dan nikmati fasilitas yang ada!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :