FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 54 Menit 11 Detik 

Rumus Dasar Excel untuk Numerik dan Teks

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/345a56e8f0d4eec7ddf7aa4cc779fb1c_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel merupakan salah satu software yang cukup populer digunakan oleh berbagai kalangan. Software ini memiliki berbagai rumus excel dasar yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan.


Dengan demikian tidak heran jika mulai dari para pelajar, mahasiswa sampai para pekerja pun menggunakan software ini dalam kegiatan kesehariannya. Rumus yang ada ini dapat digunakan untuk menghitung data tertentu atau biasa juga digunakan untuk teks.


Microsoft excel merupakan ini merupakan aplikasi spreadsheet yang didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk menerapkan rumus-rumus perhitungan yang ada, namun dapat digunakan pula untuk analisis data, membuat grafik, dan lainnya.


Microsoft excel juga ini sata ini menjadi program spreadsheet yang banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh.


1. SUMIF

Aplikasi Microsoft Excel bisa digunakan untuk membantu perhitungan operasi aritmatika, salah satunya adalah dengan menggunakan rumus penjumlahan. Penjumlahan dalam excel bisa menggunakan penjumlahan biasa maupun penjumlahan bersyarat.


Untuk penjumlahan biasa dapat menggunakan rumus SUM, sedangkan untuk penjumlahan bersyarat dapat menggunakan rumus SUMIF. Pada rumus SUMIF, pengguna menjumlahkan data namun data yang akan dijumlahkan harus memiliki syarat tertentu.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. MIN dan MAX

Seorang peneliti seringkali mendapatkan data numerik yang sangat banyak dan tidak berurutan. Maksud dari tidak berurutan adalah angka yang tertera pada data tidak terurut dari nominal terkecil ke nominal terbesar atau sebaliknya.


Hal ini biasanya cukup membingungkan pengguna jika ingin mengetahui nilai minimum atau nilai maksimum dari keseluruhan data. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan rumus excel MIN dan MAX. Perhatikan contoh penggunaan rumus MIN dan MAX di bawah ini.


3. AVERAGE

Rumus dasar excel selanjutnya adalah rumus AVERAGE. Rumus ini cukup sering digunakan dalam perhitungan. Rumus AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari keseluruhan data yang kita pilih.


Penggunaan rumus ini tentunya sangat membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa harus menghitung nilai rata-rata dengan cara manual. Pengguna cukup menginputkan nilai data yang akan dihitung lalu menerapkan rumus AVERAGe. Perhatikan contoh dibawah ini.


4. UPPER dan LOWER

Jika pada beberapa contoh di atas rumus excel hanya digunakan untuk perhitungan matematika, kali ini akan dikenalkan salah satu rumus excel yang tidak digunakan untuk menghitung, melainkan untuk menangani data yang berbentuk teks.


Kira-kira rumus apakah itu? Rumus tersebut adalah rumus UPPER dan LOWER. Rumus UPPER merupakan rumus yang digunakan untuk mengkonversi semua karakter menjadi huruf besar. Adapun rumus LOWER merupakan rumus yang digunakan untuk mengkonversi semua karakter menjadi huruf kecil. Untuk lebih mudah memahaminya, perhatikan contoh berikut.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Bagaimana? Belajar rumus dasar excel cukup mudah dan menyenangkan juga bukan? Rumus excel tidak hanya itu saja loh, masih banyak rumus dasar excel yang perlu kalian ketahui dan berbagai rumus tingkat lanjut lainnya. Penasaran? yuk langsung saja coba dulu belajar excel di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :