FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 56 Menit 36 Detik 

Kenali Rumus & Fungsi Dasar Excel Favorite Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c2dfb8c75faaea6e93f8de74a2f09765_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel atau yang biasa disebut dengan Excel saja merupakan salah satu tools pengolahan data yang paling sederhana dan bersifat less coding. Sehingga hampir semua orang dapat menggunakan Excel untuk analisis data, meskipun tidak memiliki skill akan bahasa pemrograman.


Tidak hanya untuk analisis data, Excel juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan penginputan data, membuat visualisasi, melakukan summary secara cepat, dan masih banyak lagi.


Excel bisa dikatakan sebagai skill minimal yang harus dikuasai oleh para karyawan, terutama bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan administrasi maupun data.


Misalnya saja seperti posisi Data Analyst. Seorang Data Analyst tidak hanya menggunakan bahasa pemrograman seperti R dan Python untuk menyelesaikan pekerjaannya. Mereka juga kerap kali menggunakan Excel. Ada beberapa fungsi dan formula Excel yang sering digunakan oleh Data Analyst. Kira-kira apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya!


1. Pivot Table

excel

Data Analyst kerap kali dihadapkan pada berbagai permasalahan. Data yang sangat banyak tentu akan sangat menyulitkan untuk menemukan apa permasalahan yang sebenarnya, sehingga mereka harus meringkasnya dalam bentuk summary. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat summary adalah dengan memanfaatkan pivot table.


Pengguna bebas menentukan isi dari rows, colum, serta nilai yang ingin dihitung. Pivot table bisa ditemukan di menu Insert. Dengan menggunakan pivot table, kamu bisa membuat summary dengan cepat tanpa harus menggunakan coding.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Formula untuk Numeric, Logical & Teks

excel

Excel menyediakan banyak sekali formula yang bisa dimanfaatkan. Meskipun bersifat less coding, namun kita juga tetap bisa menggunakan berbagai macam formula yang tersedia untuk memudahkan proses cleaning data. Formula yang cukup sering digunakan adalah formula Numeric, Logical dan juga Text.


Misalnya fungsi numeric yang sering digunakan adalah SUM, AVERAGE, MAX, MIN, dan masih banyak lagi. Fungsi logical akan banyak digunakan dalam hal percabangan, seperti IF, NOT, IFNA, dan lainnya. Sementara untuk fungsi text yang sering digunakan adalah LEFT, RIGHT, TRIM, FIND, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan berbagai jenis formula yang ada pada menu Formulas, kemudian lihat di bagian Function Library.


3. Data Analysis

excel

Pekerjaan seorang Data Analyst sudah pasti akan berhubungan dengan berbagai macam metode analisis data. Pemilihan metode untuk mengolah data merupakan hal yang sangat krusial.


Sehingga seorang Data Analyst harus mengetahui karakteristik data yang dimiliki sebelum akhirnya memutuskan akan menggunakan metode yang mana untuk menghindari terjadinya kesalahan yang fatal. 


Excel juga menyediakan fitur data analysis yang berisi berbagai macam analisis statistika, mulai dari yang termasuk ke dalam bagian analisis deskriptif hingga analisis inferensial. Hal ini akan sangat memudahkan kita, khususnya bagi yang tidak terbiasa dengan coding. Untuk bisa menikmati fitur ini, kita perlu menambahkannya di bagian Add-Ins terlebih dahulu.


4. Chart untuk Visualisasi Data

excel

Tidak bisa dihindari, Data Analyst akan dituntut untuk mampu menyajikan hasil analisis nya di hadapan para stakeholder. Dalam hal ini, tidak akan jauh-jauh dari visualisasi data. Kita juga bisa memanfaatkan Excel untuk membuat visualisasi data. Excel menyediakan berbagai jenis chart yang bisa digunakan.


Namun kita tentunya harus berhati-hati dalam memilih chart, karena setiap chart memiliki kegunaannya masing-masing. Misalkan ingin membuat trend data, maka ada baiknya jika menggunakan line chart. Kamu bisa menemukan chart di menu Insert kemudian di group Chart.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Setelah mempelajari banyak hal tentang rumus dasar dan fungsi yang ada di Excel, kamu bisa mencoba untuk menguji kemampuanmu. Menguji kemampuan perlu banget dilakukan loh, agar kamu tahu dimana titik kelemahanmu sehingga kamu bisa fokus memperbaikinya. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menguji kemampuanmu adalah dengan mengerjakan Quiz Excel yang telah disediakan oleh DQLab


Tenang saja, quiz ini gratis kok dan bisa diakses kapan saja. Ada 3 bab yang bisa kamu kerjakan, mulai dari komponen ruang kerja Excel, VLOOKUP, dan grafik. 


Nah, tunggu apalagi? Yuk segera signup di DQLab.id dan mulai belajar Excel sekarang!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :