LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 48 Menit 10 Detik

Yuk, Belajar Fungsi Tanggal & Waktu di Excel

Belajar Data Science di Rumah 27-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-11-27-170321_x_Thumbnail800.jpg

Tidak diragukan lagi, Excel memiliki beragam jenis fungsi yang bisa kalian gunakan untuk keperluan administrasi atau bahkan analisis data lanjutan. Sebagai tools yang multi guna, tentu dengan memahami sebaik mungkin penerapan fungsi-fungsi tersebut akan membantu kalian untuk bekerja lebih efektif dan efisien.


Salah satu fungsi Excel yang umum digunakan adalah fungsi tanggal dan waktu. Nah, kali ini kita akan belajar empat fungsi dasarnya yaitu DATE, DATEVALUE, DAYS, dan HOUR. Masing-masing tentu digunakan untuk keperluan spesifik. Yuk langsung cari tahu lebih lanjut fungsinya dan praktikkan pula penggunaan rumusnya!


1. Fungsi DATE

Fungsi DATE di Excel digunakan untuk membuat tanggal dengan menggunakan tiga argumen: tahun, bulan, dan hari. Rumusnya adalah =DATE(tahun, bulan, hari). Tahun dapat dimasukkan sebagai angka empat digit, bulan sebagai angka antara 1 hingga 12, dan hari sebagai angka antara 1 hingga 31. 


Fungsi ini berguna untuk menggabungkan nilai-nilai ini menjadi format tanggal yang dapat dibaca oleh Excel. Contohnya, jika kalian ingin membuat tanggal 1 Januari 2023, dapat menggunakan formulanya sebagai berikut =DATE(2023,1,1). Contoh penggunaan DATE juga dapat melibatkan referensi sel. Perhatikan contoh berikut.

Excel


2. Fungsi DATEVALUE

Fungsi DATEVALUE di Excel digunakan untuk mengonversi teks yang mewakili tanggal ke dalam nilai tanggal yang dapat digunakan untuk perhitungan. Rumus DATEVALUE adalah =DATEVALUE(date_text), di mana "date_text" adalah teks yang berisi tanggal yang ingin kalian konversi. Format tanggal dalam teks harus sesuai dengan format yang diterima oleh Excel, seperti "dd/mm/yyyy" atau "mm/dd/yyyy".


Contoh penggunaannya adalah =DATEVALUE("01/31/2023"), nanti rumus ini akan menghasilkan nilai tanggal yang dapat digunakan dalam perhitungan Excel. Perhatikan contoh berikut ini. Sebelumnya tanggal masih dalam format teks.

Excel


Kemudian dengan menggunakan fungsi DATEVALUE, tanggal akan memiliki format date. Seperti berikut ini.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


3. Fungsi DAYS

Fungsi DAYS di Excel digunakan untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal. Rumusnya adalah =DAYS(end_date, start_date), di mana "end_date" adalah tanggal akhir dan "start_date" adalah tanggal awal. Fungsi ini memberikan hasil berupa selisih hari, yang dapat berguna dalam berbagai konteks seperti perencanaan proyek, analisis penjualan, atau pengelolaan inventaris.


Sebagai contoh, jika tanggal awal 1 Januari 2022 dan tanggal akhir 15 Februari 2023, kalian dapat menggunakan rumus =DAYS(end_date, start_date) untuk menghitung jumlah hari antara kedua tanggal tersebut. Perhatikan contohnya seperti berikut ini.

Excel


4. Fungsi HOUR

Fungsi WORKDAY di Excel digunakan untuk menghitung tanggal kerja (hari kerja) berdasarkan tanggal awal dan jumlah hari kerja yang diinginkan. Rumusnya adalah =WORKDAY(start_date, days, [holidays]), di mana "start_date" adalah tanggal awal, "days" adalah jumlah hari kerja yang ingin ditambahkan atau dikurangkan, dan "holidays" (opsional) adalah kisaran sel atau rentang tanggal yang berisi hari libur yang ingin dikecualikan dari perhitungan.


Sebagai contoh, jika sel A2 adalah tanggal awal 1 Januari 2023, dan kalian ingin mengetahui tanggal kerja 45 hari setelahnya, rumusnya dapat dituliskan sebagai =WORKDAY(A2, 45). Seperti contoh berikut ini.

Excel


Fungsi WORKDAY berguna ketika kalian perlu menghitung tanggal-tanggal yang jatuh pada hari kerja, mengabaikan akhir pekan dan hari libur. Misalnya, jika kalian memiliki jadwal proyek dan ingin menentukan tanggal penyelesaian, Fungsi WORKDAY akan membantu menghitung tanggal tersebut dengan memperhitungkan hari kerja saja.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Masih ada banyak fungsi yang bisa kalian pelajari lagi loh di Excel. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? 

Excel


Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Jangan lupa ikuti pula Bootcamp Data Analyst with Excel!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login