PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 56 Menit 44 Detik 

Ketahui Manfaat Machine Learning Bagi Perkembangan Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 01-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b532aeb17f92c8f4e59fb51edadb464b_x_Thumbnail800.jpeg

Machine learning merupakan istilah yang semakin populer seiring bertambahnya waktu. Di era Big Data, jenis kecerdasan buatan yang satu ini lebih diminati daripada sebelumnya. Alasannya cukup sederhana, perusahaan atau organisasi membutuhkan sumber daya yang bisa mengolah data dalam jumlah besar yang akan terus diproduksi.


Dengan teknologi machine learning, perusahaan dapat membangun dan mengembangkan model otomatis yang bisa memproses data dalam jumlah besar dengan cepat dan "mempelajari" cara menggunakan data tersebut untuk memecahkan masalah. 


Machine learning sudah banyak diadaptasi oleh berbagai sektor industri. Hal ini karena machine learning dapat mengotomatisasi pekerjaan berulang sehingga dapat menghemat tenaga manusia dan mengurangi pengeluaran. Apa saja manfaat machine learning bagi perusahaan? Yuk kita simak bersama!


1. Search Engine Results

Setiap kali kita mengetikkan istilah atau kata Google search, algoritma machine learning akan menganalisis perilaku kita untuk menyempurnakan pengiriman hasil di masa mendatang.


Misalnya, jika kita menghabiskan banyak waktu di situs yang tidak memiliki peringkat tinggi di halaman hasil awal (landing page pertama), algoritma Google akan menaikkan peringkat halaman itu lebih tinggi untuk penelusuran serupa atau penelusuran terkait di masa mendatang. Hal ini karena algoritma google membaca situs tersebut penting sehingga di masa mendatang akan direkomendasikan oleh google di landing page pertama.

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Memperkirakan Permintaan Lebih Akurat

Agar bisnis dapat bersaing dan dapat beradaptasi dengan perubahan pasar yang sangat cepat, perusahaan perlu mengantisipasi tren pasar dan perilaku pelanggan. Dengan memasukkan model machine learning ke dalam proses analitik data, perusahaan bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih akurat dan kuat untuk memperkirakan permintaan sehingga manajemen inventaris lebih efektif dan dapat menghemat biaya lebih besar.

Machine Learning


3. Personalisasi Customer Engagement

Personalisasi menjadi salah satu strategi penting untuk bersaing di pasar saat ini. Dengan machine learning yang bisa menganalisis perilaku pengguna dan menyarankan produk tambahan berdasarkan riwayat pembelian, retailer online bisa berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang lebih personal sehingga peluang penjualan lebih banyak.


Raksasa global Amazon adalah salah satu contoh perusahaan yang mengadaptasi teknologi ini. Mereka memanfaatkan machine learning untuk membuat daftar produk yang direkomendasikan dan feedback kepada pelanggan.

Machine Learning


4. Efisiensi Aset Modal

Terkadang sulit bagi perusahaan untuk mengukur kapan aset modal akan membutuhkan pekerjaan pemeliharaan atau peningkatan secara akurat serta biaya untuk melakukan pembiayaan bisa sangat tinggi.


Dengan model machine learning prediktif, perusahaan dapat mengotomatiskan pengumpulan data kinerja dari peralatan dan komponen serta memantau kondisinya dan menghitung sisa masa pakai aset. Dengan demikian proses maintenance dan service bisa diprediksi dan perusahaan bisa menyiapkan biaya jauh-jauh hari.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Yuk persiapkan dirimu untuk terjun ke industri machine learning dengan mempelajari berbagai project machine learning bersama DQLab! Dengan modul DQLab kita tidak hanya belajar teori, tetapi juga bisa praktek menulis script code secara langsung dengan live code editor dari DQLab plus data yang mencerminkan data real di dunia industri.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL “Introduction to Data Science” dengan bahasa pemrograman R dan Python sebagai perkenalan dengan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :