FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 1 Menit 42 Detik 

Bagaimana Manfaat Microsift Excel di Era Digital Ini?

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61eb1a7fa0e0457798e3365a735b224e_x_Thumbnail800.jpg

Jika mendengar istilah ‘Microsoft excel tentunya bukanlah hal yang asing lagi bagi sebagian besar orang. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran dan lainnya.


Saat ini pun siring berkembangnya internet banyak website atau lembaga yang menyediakan pelatihan excel sebagai perantara untuk memudahkan pengguna dalam belajar excel mulai dasar atau tingkat lanjut. 


Microsoft excel merupakan lembar spreadsheet yang memiliki berbagai macam fungsi. Software ini didistribusikan oleh Microsoft Corporation . Software ini sering pula disebut dengan Ms. Excel atau Excel saja.


Microsoft excel jni oun cukup ramah untuk dipelajari bagi para pemula. Jika kalian sudah merasa mahir dengan dasar-dasarnya, masih banyak fitur maupun fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai kegunaan dengan tingkat kesulitan yang dapat terus ditingkatkan.


1. Sejarah Microsoft Excel

Pada tahun 1985 pertama kalinya dirilis software Microsoft Excel. Pada awalnya pun namanya hanya Excel dan hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh. Selanjutnya pada tahun 1987, Microsoft meluncurkan Excel yang bisa digunakan untuk sistem operasi Windows .


Setahun berikutnya, pada tahun 1988 Microsoft Excel mampu menggeser pesaingnya dan menjadi salah satu software spreadsheet yang populer dan diandalkan di pasaran.  

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Manfaat Microsoft Excel

Setelah mengetahui sejarah dari Microsoft Excel, mungkin sebagian besar pemula ingin mengetahui apa saja manfaat dari software yang satu ini. Beberapa manfaat dari Microsoft Excel antara lain dapat menyelesaikan perhitungan aritmatika, menghitung anggaran, membuat grafik dan diagram, menghitung dan mengelola catatan keuangan, menganalisis dan menyajikan data, mengurutkan data, software akuntansi, mengoperasikan data tabel, grafik dan statistika.


Selain itu masih banyak manfaatnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. So, alangkah baiknya langsung dicoba ya!

excel


3. Fitur dalam Microsoft Excel

Setiap software memiliki fitur utama maupun bagian penting yang perlu diketahui. Setiap fitur atau menu memiliki bagian serta tugasnya masing-masing. Berikut beberapa fitur utama dari Microsoft Excel:

  • Office button, digunakan untuk mengakses fungsi umum yang terdiri dari beberapa menu seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, recent, Word Option dan Exit.

  • Title bar, berfungsi untuk menampilkan judul dokumen

  • Menu bar, terdiri dari berbagai macam tools atau icon seperti File, Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View.

  • Column (kolom)

  • Row (baris)

  • Tab worksheet

  • dll.


excel


4. Pelatihan Excel

Ketika seseorang baru mengenali suatu aplikasi atau sudah mengenali namun belum terbiasa menggunakannya alangkah baiknya mengikuti pelatihan excel. Pelatihan excel ini tidak hanya dapat diikuti oleh pemula saja, akan tetapi bagi kalian yang ingin belajar lebih lanjut terkait excel pun bisa mengikutinya.


Beberapa manfaat mengikuti pelatihan excel antara lain memiliki nilai lebih pada saat mencari pekerjaan, membuat cv atau portofolio lebih menarik, manajemen dan interpretasi informasi lebih mudah, dan dapat mengerjakan pekerjaan apapun.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Microsoft excel ini tidak kalah naik daun dengan bahasa pemrograman lainnya. Microosft excel pun dapat digunakan untuk analisis data dan memvisualisasikannya dalam bentuk grafik atau diagram loh! Ingin tahu lebih lanjut? Yuk coba langsung belajar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :