PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 25 Menit 10 Detik 

Yuk, Simak Kiat Cepat Belajar Rumus Dasar Excel

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8723687547d43bf7876ea9b41f5892fc_x_Thumbnail800.jpg


Untuk berkarir sebagai seorang data scientist dan data analyst, belajar microsoft excel adalah langkah utama yang tepat bagi kamu pemula yang ingin berkarir sebagai data analyst dan data scientist namun tidak memiliki background STEM tanpa perlu memulai dari materi koding terlebih dahulu. Kamu bisa belajar excel dari nol dengan memulai mempelajari rumus excel dasar. 


Excel memiliki antarmuka yang user friendly sehingga memudahkan kamu dalam penggunaanya. Selain itu juga, microsoft excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Rasanya tak heran jika, microsoft excel bisa kamu masukan ke daftar urutan pertama untuk belajar menguasai skill data scientist dan kamu bisa memulainya dari cara buat tabel di excel.


Fitur-fitur dan berbagai rumus serta formula yang sangat bermanfaat untuk melakukan analisis data dan berbagai kegiatan meliputi data entry, data management, accounting, serta yang lainnya. Selain itu, penggunaan rumus if di kalangan data enthusiast adalah sebuah keharusan guna membantu dalam menganalisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Sebelum kamu terjun ke dalam materi-materi yang lebih advanced, tentunya akan lebih baik jika kamu memulai dari rumus excel dasar terlebih dahulu.


Yuk, simak artikel kali ini tentang 4 rumus excel dasar yang sering kamu gunakan khususnya untuk data cleaning!


1. Lower/Upper/Proper

Biasanya dataset yang kita miliki terdiri dari campuran huruf besar dan kecil, untuk memudahkan dalam proses identifikasi kita perlu membuat data text tersebut menjadi konsisten dengan cara mengubah data text menjadi lower/upper/proper case. Sama seperti kita ketika menggunakan python atau R, Excel pun memiliki fitur ini. Caranya bahkan lebih mudah dan sederhana dibanding menggunakan bahasa pemrograman python atau R. Berikut ini adalah tiga fungsi yang dapat kita gunakan untuk mengubah text menjadi lower/upper/proper case di excel:

Syntax:
=LOWER (text) 
=UPPER(text)
=PROPER(text)

excel

Dimana text merupakan tipe data string atau text yang ingin kita konversi menjadi karakter huruf kecil, besar atau campuran. Mari kita coba fungsi lower case untuk membuat nama email menjadi konsisten dengan huruf kecil semua.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Remove Duplicate

excel

Dalam berhadapan dengan data yang banyak tak jarang kita menghadapi data ganda atau duplikat. Apabila kita dihadapkan dengan dua hal yang dapat kita lakukan dengan data duplikat yaitu dengan dua langkah yaitu

  • Highlight It lalu Delete It. Untuk meng-highlight data tersebut kita cukup men-select data dan pada menu home -> conditional formatting ->  highlight cells rules ->duplicate values. Setelah itu tentukan pemformatan dan semua nilai duplikat akan disorot.

  • Jika sudah selanjutnya kita tinggal melakukan delete duplicate value yang telah disorot tadi, dengan cara pilih menu data -> remove duplicate kemudian akan muncul jendela untuk memilih kolom mana saja yang ingin kamu hapus data duplikatnya dan secara otomatis data duplikat tersebut akan terhapus.


3. Tokenizing dengan Excel

Dalam proses data cleansing, ada yang tahap yang dikenal dengan proses tokenizing. Proses ini merupakan proses memisahkan kata pada setiap kalimat dengan delimited atau pembatas tertentu. Excel memiliki fitur yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan proses tokenizing dengan cara select cell berisi teks yang akan dipisahkan, lalu pilih menu data kemudian pilih text to column. Setelah itu akan muncul jendela setting sehingga kita bisa memilih pemisahan kalimat berdasarkan delimited apa. Agar lebih mudah yuk simak contoh di bawah ini. Pada contoh berikut kita akan memisahkan kata pada beberapa kalimat berdasarkan spasi atau space.


excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Trim

Fungsi ini akan sangat bermanfaat jika data yang kamu miliki terdapat spasi yang lebih dari satu. Ini akan berguna ketika kamu melakukan data cleaning karena perbedaan satu spasi saja bisa membuat data tersebut dianggap sebagai data berbeda dengan data lain yang memiliki maksud sama. Sehingga penghilangan spasi yang double termasuk langkah yang sering dilakukan untuk membersihkan data. Secara umum, bentuk umum dari fungsi TRIM() adalah:

 

excel

 

Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.


Rumus Trim

trim(text)

 

Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin.


Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel di DQLab!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annisa Widya Davita

 

 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :