PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 21 Menit 48 Detik 

Yuk Belajar Coding Python di Modulnya DQLab

Belajar Data Science di Rumah 27-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/657631de58fc77767f25e2d3c7f9786d_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer di berbagai kalangan. Python pun sudah sangat sering digunakan untuk berbagai keperluan di beberapa bidang seperti kesehatan, pendidikan, teknologi, bisnis, dan lainnya.


Coding python sederhana pun bisa dipelajari oleh siapapun dan bisa dipelajari dari dasar. Coding python ini menjadi pilihan para pemula dikarenakan bahasa pemrograman ini cukup sederhana dan mudah dipelajari.


Python merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language. Sebagai general-purpose programming language, python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science, dll.


Python masuk ke dalam kategori high-level programming language dikarenakan bahasa pemrograman python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh manusia. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa modul yang bisa dipelajari untuk para pemula.


1. Sequence Type - List

Pada modul ini dipelajari berbagai chapter yaitu mengenal python, variabel dan tipe data python, operator dalam python, pengkondisian dan perulangan python, sampai mini quiz. Terdapat beberapa macam tipe data dasar, yaitu Null, Boolean, Numeric, dan Text.


Salah satu tipe data yaitu tipe data sequence yang memiliki dua bentuk, list dan tuple. Tipe data list bersifat mutable artinya elemen di dalamnya dapat diubah setelah proses pendeklarasian list. Perhatikan contoh di bawah ini.


python



Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Sequence Type - Tuple

Setelah mempelajari tipe data list, selanjutnya akan mempelajari tipe data tuple. Tipe data tuple ini berfungsi untuk menampung sekumpulan data. Adapun cara penulisannya diawali dengan tanda kurung buka, setiap elemennya dipisahkan dengan tanda koma, dan ditutup dengan tanda kurung tutup.


Adapun aturan indeks dan cara mengakses elemen pada tuple serupa dengan list. Tuple bersifat immutable, artinya elemen pada tuple tidak dapat diubah setelah proses pendeklarasiannya. Perhatikan contoh di bawah ini.

python


3. Operator Python

Bahasa python sudah sangat sering digunakan dalam memudahkan perhitungan. Setelah mempelajari terkait variabel dan tipe data, kita akan mengenali beberapa operator dalam python. Terdapat 6 kelompok operator yaitu 1) arithmetic operators, 2) assignment operators, 3) comparison operators, 4) logical operators, 5) identity operators, dan 6) membership operators.


Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali operator arithmetic, yaitu operator yang digunakan untuk tipe data numerik dalam melakukan operasi matematika sederhana.

python


4. Contoh Coding Python 

Untuk lebih mudah memahaminya, kita akan mencoba untuk melakukan tugas praktek dengan mencoba menerapkan operasi aritmatik dalam contoh kasus sederhana. Pada bagian ini kita akan mencoba menghitung total harga sepatu, baju, celana dengan dikurangi oleh diskon.


Namun pada bagian ini akan dibuat dengan cara yang lebih mudah yaitu tanpa mendeklarasikan total_pajak terlebih dahulu, melainkan bisa langsung menampung hasil perhitungan akhir saat mendeklarasikan variabel total_harga. Perhatikan contoh coding di bawah ini


python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Mempelajari coding python dapat dipelajari dari mendasar. Dasar-dasar python ini dapat dipelajari secara otodidak melalui berbagai cara, seperti melihat tutorial di youtube, belajar bersama teman, atau mengikuti kursus online di DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :