FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 6 Menit 50 Detik 

Rumus Dasar Excel Terupdate 2022 Rekomendasi untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 18-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8bbfaa25bc2c99ee548b9cb86f6203ab_x_Thumbnail800.jpg

Rumus excel adalah ekspresi yang telah ditentukan untuk melakukan operasi matematika, logika, keuangan, dan statistik menggunakan nilai input dan beberapa faktor pelengkap sebagai argumen. Rumus excel memiliki berbagai tujuan dan jenis, misalnya sum untuk menjumlahkan bilangan, average untuk menghitung rata-rata, dan lain sebagainya. 


Pada dasarnya rumus excel bekerja dengan mengembalikan hasil berdasarkan referensi sel atau rentang sel. Selain bisa ditemukan di tab formula, kita bisa menuliskan rumus excel dengan diawali dengan tanda sama dengan setelah itu dilanjutkan dengan mengetik nama rumus yang akan digunakan.


Excel adalah salah satu alat terpenting untuk analisis kuantitatif di berbagai bidang dan menjadikannya bagian integral dari berbagai industri. Pada 1990-an, ketika perusahaan ingin analis mereka membuat laporan keuangan, Excel adalah alat analisis data yang paling banyak diandalkan untuk tugas ini.


Tiga puluh tahun kemudian, Excel masih menjadi dasar untuk reporting dan analisis keuangan yang akurat, sehingga mendorong semua kalangan untuk mempelajari Excel. 


Saat ini excel tidak hanya digunakan oleh para pekerja, tetapi juga digunakan oleh pelajar dan mahasiswa untuk membantu mengolah dan mengelola tugas mereka. Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan gambaran umum tentang rumus dasar excel penting bagi pelajar.


1. AVERAGE

Rumus AVERAGE adalah rumus dasar excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata nilai dalam suatu rentang sel. Secara umum, rumus ini ditulis dengan =AVERAGE(range_cells). Selain bisa ditulis secara langsung di suatu cell, kita juga bisa menemukan rumus ini di tab formula. Bagaimana cara menggunakan rumus ini? Yuk simak simulasi di bawah ini!

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. COUNT

Rumus COUNT adalah rumus dasar excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam rentang yang berisi nilai numerik. Rumus ini akan mengabaikan sel apapun yang berisi teks atau data non-numerik serta sel kosong. Cara menggunakan rumus ini sangat mudah, coba perhatikan gambar di bawah ini!

excel


3. CONCATENATE

CONCATENATE adalah salah satu rumus yang paling mudah di Excel. Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menggabungkan beberapa string di sel yang berbeda menjadi satu string. Untuk menambahkan spasi, kita perlu memberikan tanda “ “ di antara kata. Agar lebih mudah dipahami, yuk simak gambar ilustrasi berikut ini!

excel


4. LEN

Rumus LEN akan mengembalikan jumlah total karakter untuk string teks yang direferensikan. Karakter yang dimaksud bukan hanya huruf, tetapi juga tanda baca seperti titik, koma, soasi, dan lain sebagainya. Untuk menjelaskan penggunaan rumus ini, yuk simak contoh berikut!

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Nah setelah mengetahui rumus excel yang usefull di atas, apakah kamu ingin mempelajari rumus-rumus excel lainnya? Yuk pelajari berbagai penggunaan rumus excel bersama DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses modul dan FREE EBOOK untuk memperdalam pengetahuan kamu mengenai pengolahan data. 


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :