BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 46 Menit 15 Detik 

Rumus Excel Dasar yang Mempermudah Pekerjaanmu Yuk, Catat!

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dfe0d10b0a7155211575db1518b2e30d_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang sangat powerful dikelasnya, tanpa harus memakan banyak space di RAM PC jika dibandingkan dengan software lainnya yang cukup berat. Microsoft excel sangat populer digunakan di bidang akademik dan juga perkantoran untuk melakukan pengolahan data-data. Microsoft Excel juga menyediakan banyak fungsi, dan rumus dasar excel hingga advanced serta shortcuts yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Oleh karena itu, excel masih menjadi andalan di berbagai kalangan untuk melakukan pengolahan data. 


Antarmuka microsoft excel yang user friendly dan juga file .xls kompatibel di berbagai program lain membuat excel masih menjadi andalan untuk semua berbagai profesi ataupun kegiatan akademisi. Selain itu juga, microsoft excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Dan yang terpenting adalah excel memiliki rumus yang sangat lengkap untuk mempermudah pekerjaan kita. Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang rumus excel dasar untuk memudahkan pekerjaan kita. Yuk, langsung saja kita simak!


1. SUMIF dan COUNTIF

excel

Rumus ini dapat digunakan untuk mencari nilai agar dapat memenuhi kondisi tertentu. Sedikit berbeda dengan SUM, SUMIF digunakan jika kita perlu menjumlahkan nilai berdasarkan beberapa kriteria. Contohnya, jika kita ingin menentukan jumlah komisi untuk harga properti tertentu. Sementara COUNTIF, hampir sama dengan COUNT, COUNTIF merupakan cara termudah untuk menghitung jumlah instance data yang memenuhi beberapa kriteria. 


COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel berdasarkan pada syarat/rules tunggal yang telah kita tentukan sendiri. Selain itu, fungsi ini juga berada dalam kategori fungsi statistical dalam program excel yang umumnya digunakan untuk menghitung serta menganalisis data berdasarkan perbandingan suatu kondisi sehingga fungsi ini termasuk dalam hal lazim yang disebut dengan conditional functions. Contohnya, menentukan jumlah produk paling laris dengan menggunakan kolom nama produk.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Eksplorasi Data dengan VLOOKUP dan HLOOKUP

excel

Kedua fungsi tersebut dapat digunakan untuk mencari data dengan menggunakan referensi data baik secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP). Yang nantinya, mungkin anda perlu untuk menggabungkan data dari sel manapun di baris yang sama secara bersamaan di satu titik. Misalnya, anda memiliki data nomor kantor cabang dan anda perlu mengetahui karyawan mana yang ada di setiap kantor.


3. Index Match, Alternatif Lain Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP

Index Match sebagai alternatif dari fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP yang tidak bisa mengambil data dari sisi kiri atau atas. Sementara dalam dunia kerja suatu data itu bersifat fleksibel, yang artinya kita bisa mengambil atau mencari data dari sel dan baris manapun yang kita butuhkan. Index Match inilah solusinya, yaitu suatu kesatuan rumus untuk mencari dan mengindex data secara dinamis.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Rumus IF Sederhana

Secara harfiah, fungsi IF artinya œkondisi yang biasa digunakan untuk mengetahui suatu kondisi dari data. Apabila suatu kondisi terpenuhi atau bernilai TRUE, maka fungsi IF akan memproses data tersebut. Tetapi, jika suatu kondisi tidak terpenuhi atau bernilai FALSE, maka fungsi IF tidak memproses data tersebut dan akan melanjutkan ke data selanjutnya.Selain itu  Selain itu fungsi IF pada excel biasanya diikuti oleh operator logika seperti AND, OR, dan NOT atau operator pembanding seperti <,>,=, <>,<=,>=.


Syntax:
=IF(kondisi;jika_kondisi_benar;jika_kondisi_salah)

excel


Di era disruptif teknologi tidak memiliki background STEM bukanlah halangan yang berarti bagi kamu untuk belajar dan menambah skill baru khususnya seputar Data Science dan Data Analyst. Karena skill yang mumpuni lebih dipertimbangkan daripada gelar, untuk itu mulai bangun skill dan portofolio data yang mengagumkan melalui Data Analyst Career Track bersama DQLab

Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin. Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :