GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 23 Jam 56 Menit 1 Detik 

Tertarik dengan Excel? Kuasai 4 Rumus Dasar untuk Upskill Diri

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3b0d24dc1f9a4ff4ac8f9623b2842b9a_x_Thumbnail800.jpg

Pasti banyak diantara kita yang sudah mengenal Excel, bahkan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata Excel tidak hanya bisa digunakan dalam hal penginputan data saja, namun juga ada banyak fungsi dan formula yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah data yang ada sehingga lebih mudah untuk dimengerti serta lebih mudah untuk membuat data yang ada “bercerita” mengenai insight yang terkandung di dalam data tersebut.


Pemanfaatan data menjadi hal yang mulai disadari oleh banyak perusahaan. Hal ini karena perkembangan teknologi digital yang menghasilkan data yang berlimpah. Tentu saja akan sangat disayangkan jika data yang berlimpah tersebut tidak bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Untuk bisa melihat apa yang ingin diceritakan oleh data, kita harus mengolah terlebih dahulu agar pola data dan juga insight nya bisa terlihat.


Dalam artikel ini, kita akan membahas rumus-rumus dasar yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah proses pengolahan data. Rumus ini akan sangat cocok untuk kamu yang masih pemula di Excel loh. Apa saja sih rumus nya? Yuk, simak artikel di bawah ini!


1.IF

IF merupakan salah satu fungsi yang cukup terkenal dan sering digunakan di Excel. Tapi fungsi IF ini untuk apa sih sebenarnya? Fungsi IF umumnya digunakan ketika kita berada di 2 pilihan, sehingga untuk memutuskan nya kita bisa memanfaatkan perbandingan logis antara harapan yang ingin dicapai dengan nilai yang ada. Jadi, penggunaan fungsi IF ini memiliki kemungkinan untuk menghasilkan 2 nilai yang berbeda. Jika harapan yang dijabarkan itu benar terjadi, maka nilai yang akan muncul adalah nilai benarnya. Namun jika harapan yang dijabarkan itu tidak terjadi, maka yang akan muncul adalah nilai ketika salah.

Secara umum, rumus IF akan berbentuk:

=IF(logical test, [value if true], [value if false])

Dimana :

IF : fungsi yang ingin digunakan

Logical test: harapan yang dijabarkan dalam bentuk logika

Value if true: Nilai yang muncul ketika harapan yang ada terpenuhi

Value if false: Nilai yang muncul ketika harapan tidak terpenuhi

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2.Nested IF

Selain IF sederhana, di dalam Excel kamu juga harus menguasai Nested IF. Nested IF merupakan jenis IF yang bertingkat, dimana di dalam fungsi IF akan ada fungsi IF lainnya. Penggunaan Nested IF ini sebenarnya hampir mirip dengan IF biasa. Hanya saja penggunaan Nested IF ini akan banyak dimanfaatkan jika kondisi yang ada lebih dari dua. Semakin banyak kondisi yang mungkin terjadi, maka jumlah IF yang digunakan juga akan semakin banyak.

Umumnya bentuk nested IF adalah:

=IF(logical test, [value if true], IF(logical test, [value if true], [value if false]))

Excel akan membacanya dari kiri ke kanan, jika keadaan pertama telah terpenuhi, maka Excel tidak akan melanjutkan ke keadaan selanjutnya. Dari rumus di atas, kita bisa melihat jika keadaan yang pertama tidak terpenuhi, maka value if false dari kondisi pertama akan langsung diganti dengan fungsi IF yang baru.

3.VLOOKUP

VLOOKUP juga termasuk salah satu fungsi yang cukup populer di Excel dan sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi VLOOKUP ini digunakan untuk mencari padanan atau pasangan data dari suatu tabel dengan menggunakan kata kunci tertentu. Tabel yang dijadikan sebagai sumber data berada di sheet yang sama, sheet yang berbeda, bahkan di workbook lainnya. Perlu dijadikan catatan, dalam penggunaan VLOOKUP, posisi pasangan dari lookup value pada tabel referensi yang digunakan harus berada di awal, atau sebagai kolom pertama.

4.Kombinasi INDEX & MATCH

Selain VLOOKUP, kamu juga bisa memanfaatkan gabungan dari fungsi INDEX dan MATCH untuk mencari padanan atau pasangan data. Jika pada VLOOKUP, lookup value nya harus berapa di kolom pertama atau paling kiri, maka kombinasi antara fungsi INDEX dan MATCH memungkinkan kita untuk mengambil data ke arah kiri atau dengan kata lain kolom yang dijadikan kunci tidak harus berada di kolom pertama. Untuk bisa memanfaatkan gabungan fungsi ini, tentunya kamu harus menguasai fungsi INDEX dan fungsi MATCH tanpa digabung terlebih dahulu ya!

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik untuk belajar Excel? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat.


Untuk bisa mengakses modul tersebut, caranya gampang banget loh. Kamu hanya perlu sign up dan membuat akun di DQLab. Setelah itu, kamu sudah bisa menikmati free modul yang ada. Jika kamu tertarik dengan konsep pembelajaran di DQLab, kamu juga bisa berlangganan modul premium atau membeli modul platinum. Yuk, buruan sign up, dan nikmati fasilitas yang ada!

Penulis: Gifa Delyanu Nursyafitri

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!