DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 8 Menit 34 Detik 

Panduan Pelatihan Excel Dari Basic Sampai Advanced dengan DQLab

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d8f82d8e31f8dc54fb69e0a89938abf3_x_Thumbnail800.jpg

Pelatihan Excel adalah salah satu pelatihan yang saat ini sedang diincar oleh pencari kerja. Itung-itung untuk menambah skill dan mendemonstrasikan keahliannya untuk bisa dicantumkan dalam CV membuat skill Excel kini menjadi skill yang sepatutnya dipelajari. Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh ICA Edu Skill pada tahun 2022 menjelaskan bahwa dengan kita mempelajari keahlian excel maka kita mendapatkan peluang kerja lebih besar. 


Seseorang yang memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft Excel dapat berpeluang untuk mendapatkan gaji tinggi hingga 29 persen jika dibandingkan dengan pelamar yang tidak memiliki sertifikasi dari pelatihan Excel. Dengan kalian mengikuti pelatihan Excel berarti kalian setidaknya sudah meningkatkan nilai jual kalian di mata recruiter. Sertifikasi atau pelatihan Microsoft Excel dengan mengikuti kursus belajar Excel dapat menambah kredibilitas kamu saat kamu memasukkan nomor seri credentials baik dicantumkan di CV maupun di portal media sosial Linkedin.


Pelatihan Excel dapat membantu bagi sahabat DQ yang sekarang ini sudah memasuki fase mencari kerja. Pelatihan excel membawa kalian menuju profesi idaman di bidang data maupun non-data. Apapun itu profesinya pastinya membutuhkan excel untuk melakukan pekerjaan sehari-hari baik yang sifatnya teknis maupun non-teknis. Ketika sahabat DQ memutuskan untuk mengikuti pelatihan excel pastinya mempersoalkan masalah durasi alias lamanya waktu pelatihan. Setiap lembaga penyedia pelatihan excel memiliki durasi waktu yang berbeda-beda. Apalagi materinya pun berbagai macam yang diajarkan dalam pelatihan excel. 


Kira-kira apa aja nih bocoran materi yang biasanya diajarkan pada pelatihan excel? Kali ini kita akan coba kupas tuntas terkait dengan materi pelatihan excel khusus untuk kamu. Mulai dari basic hingga advanced akan kita berikan yang bisa kamu pelajari sebagai starter kit menuju dunia kerja utamanya posisi sebagai admin maupun praktisi data. Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Menjalankan Microsoft Excel untuk Pertama Kali

Langkah awal yang seringkali diajarkan dalam pelatihan excel basic adalah bagaimana sih cara menjalankan Microsoft Excel yang baik dan benar? Setidaknya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjalankan Microsoft Excel pertama kali sebelum nantinya membuat lembar kerja baru alias spreadsheet pada Microsoft Excel. Berikut adalah cara menjalankan Microsoft Excel:

excel

excel


2. .Menjalankan Excel Menggunakan Taskbar

Salah satu cara yang paling mudah digunakan untuk menjalankan aplikasi Microsoft Excel adalah melalui jalur Taskbar. Cara ini bisa dibilang cara sejuta umat karena banyak orang menggunakan cara ini untuk membuka aplikasi Excel. 

excel

Jika kalian penasaran bagaimana cara menjalankan Microsoft Excel melalui Taskbar maka kalian bisa praktekkan langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pada layar desktop komputer, kalian cari dan klik tombol Start (Windows) yang ada di Taskbar. Lalu, kalian pilih All Program - Klik Microsoft Office - Excel 

Setelah kalian pilih Microsoft Excel, beberapa detik nantinya akan muncul program yang ingin kalian tampilkan


3. Menjalankan Excel Menggunakan Desktop

Cara yang kedua juga merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan selain cara yang pertama yaitu menjalankan Excel dengan menggunakan Desktop. 

excel

Caranya cukup simple, kalian langsung ke desktop dan pilih Microsoft Excel pada shortcut tersebut. Selanjutnya untuk menjalankan aplikasi excel kaian langsung klik perintah Open agar Excel bisa langsung terbuka dan siap dijalankan pada komputer kalian masing-masing.

excel


4. Membuat Lembar Kerja Baru Pada Excel 

Setelah kalian berhasil untuk menjalankan Microsoft Excel pada laptop kalian masing-masing maka langkah selanjutnya kalian diminta untuk membuat sebuah lembar kerja baru pada Microsoft Excel. Bagi yang belum tahu apa yang dimaksud dengan workbook, simak penjelasan sebagai berikut. Workbook adalah istilah buku kerja yang tersedia di Microsoft Excel. Istilah Worksheet adalah lembar kerja elektronik dimana tempat data-data tersimpan. 

excel

Worksheet terdiri dari sel yang diidentifikasi dalam baris dan kolom pada Microsoft Excel. Fungsi Workbook berkaitan dengan seluruh perintah yang ada pada Microsoft Excel. Tampilan awal Workbook hanya terdiri dari satu Worksheet, pengguna dapat menambahnya dengan mudah apabila diperlukan. 

excel

Setiap sel dapat memuat data baik berupa string (tulisan), angka, atau formula Excel. Nah, terus gimana sih cara membuat lembar kerja di Microsoft Excel? Yuk kita ikuti step-stepnya berikut ini.

  • Pilih tab File. Tampilan Backstage akan muncul.

  • Pilih New, kemudian klik Blank workbook.

  • Sebuah buku kerja baru kosong akan muncul.

excel

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


5. Memahami Tampilan Dasar Microsoft Excel 

Setelah berhasil membuka lembar kerja baru di Microsoft Excel, langkah selanjutnya adalah kita harus tahu apa saja tampilan dasar atau bagian-bagian yang ada pada worksheet Microsoft Excel. Berikut adalah bagian-bagiannya:

1. Quick Access Toolbar

Pertama adalah Quick Access Toolbar yang posisinya berada di bagian atas Microsoft Excel di sebelah kiri. Fungsi Quick Access Toolbar yaitu untuk menempatkan tombol-tombol perintah yang sering digunakan dalam Microsoft baik Word, Excel maupun Power Point. Pada umumnya, Quick Access Toolbar terdiri atas tiga buah button yaitu Save (untuk menyimpan file atau dokumen yang sedang atau akan kita kerjakan), Undo (untuk membatalkan perintah terakhir), dan yang terakhir yaitu Redo (untuk mengulang kembali perintah yang sebelumnya kita batalkan. Uniknya kalian bisa atur ikon menu pada bagian Quick Access Toolbar ini sesuai dengan kebutuhan kalian. 


2. Ribbon

Pengertian ribbon excel adalah kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan kategori kemiripan fungsi-fungsinya. Mulai dari Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View beserta tab-tab lain yang tersembunyi.

Ide utama munculnya ribbon excel ini adalah untuk mempercepat serta mempermudah pemakai excel untuk mengakses serta menggunakan menu atau tombol-tombol perintah yang dianggap penting.


Bagian-bagian Ribbon Excel adalah sebagai berikut.

excel


6. Tabs Menu

Berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Sedangkan Tab Developer disembunyikan. untuk menampilkannya kita perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu.

excel


7. Group Menu

Di Dalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi kedalam beberapa group. Masing-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout di atas terdapat Group Themes, Page setup, Scale to fit, Sheet Options dan Arrange.


8. Command Buttons

Didalam group terdapat beberapa Command Button atau tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing.


9. Dialog Box Launcher

Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing grup yang secara default pengaturan ini tidak ditampilkan.

Formula Bar

Formula bar adalah kotak persegi panjang yang berfungsi untuk menampilkan dan mengedit isi dari sebuah sel yang sedang aktif. Bagian ini difungsikan pula sebagai tempat memasukkan rumus serta untuk mengedit atau memperbaiki rumus excel yang telah dibuat.

Selain mengetik langsung pada sebuah sel aktif kita bisa melakukan input data atau menuliskan rumus-rumus excel pada bagian formula bar ini.

Formula bar terletak di antara ribbon dan worksheet area atau workspace.

excel


Name Box

Pada bagian sebelah kiri formula bar disebut dengan Name Box yang menunjukkan alamat sel atau nama dari sel atau range yang sedang aktif. Pada bagian name box ada icon segitiga kecil yang jika anda pilih akan menunjukkan daftar nama-nama sel atau range atau nama lain yang sedang digunakan pada workbook file yang sedang anda buka.

excel

Jika file membuka file baru, nama-nama tersebut tentunya juga masih kosong.


Worksheet Area

Lembar kerja pada microsoft excel yang juga disebut worksheet adalah bagian dari workbook, tempat dimana kita memasukkan data, membuat tabel, membuat chart, dan lain sebagainya.

excel


Jika workbook atau buku kerja microsoft excel merupakan sebuah buku maka worksheet atau lembar kerja excel merupakan halaman-halaman dari buku tersebut. Jadi worksheet adalah bagian lebih kecil dari Workbook dan sebaliknya koleksi atau kumpulan worksheet pada dokumen excel disebut dengan workbook.


Sebuah worksheet dimulai dengan nomor baris (Row) satu dan kolom (Column) A. Setiap sel dapat berisi angka, teks atau formula. Sebuah sel juga mungkin berdasarkan referensi dari sel lain dalam worksheet yang sama, Workbook yang sama atau Workbook yang berbeda


10. Uji Kemampuanmu Melalui Quiz Basic Test Excel 

Setelah kita sama-sama belajar dalam pelatihan excel, nah inilah saatnya kalian bisa uji sejauh mana kemampuan kalian dalam menguasai materi pelatihan Excel. Kalian bisa mencoba untuk uji kemampuan dengan mengikuti quiz basic test Excel bersama DQLab. Yuk, asah seberapa jauh kamu mendalami kompetensi excel dengan akses mini quiznya! 

excel

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati quiz GRATIS "Basic Excel" untuk implementasikan hasil belajar kalian melalui pelatihan excel. Bagaimana cara mengikuti quiznya? simak caranya dibawah ini :

1. Klik button dibawah untuk signup di DQLab.id

2. Masuk ke Academy.dqlab.id 

3. Pilih menu "Quiz"

4. Ikuti Quiz Basic Excel yang tersedia

5. Selamat mencoba sahabat data DQLab!

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


11. Yuk Ikuti Pelatihan Excel Bersertifikat Bersama DQLab!

Bingung mau kuasai skill excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. Yuk gunakan kesempatanmu untuk ikut pelatihan Excel Bersertifikat bersama DQLab


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, sign up sekarang dengan isi form dibawah ini ya!


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :