PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 33 Menit 12 Detik 

Belajar Excel dengan Coba Free Trial Excel DQLab

Belajar Data Science di Rumah 01-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7058822709e0c66ebd95566f5051794e_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini data menjadi tulang punggung dalam setiap pendukung keputusan dan penelitian. Baik data mentah yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur, semua itu akan bisa menghasilkan sebuah insight tergantung bagaimana kita mengolah data tersebut. Beberapa tools pengolahan data banyak dipasaran salah satunya microsoft excel


Microsoft Excel adalah salah satu tools pengolahan data yang cukup powerful tapi jauh lebih ringan dibandingkan dengan tools sejenis lainnya. Oleh karena itu, untuk memulai karir dibidang data scientist atau data analyst menguasai bahasa pemrograman belum cukup. Kamu juga harus mahir menggunakan tools-tools ringan pengolahan data seperti excel.


Kamu bisa mulai bergabung dengan kelas platinum DQLab dan cobain pelatihan excel free trial modul excel dasar. Belajar dan berlatih excel dimana saja dan kapan saja dengan materi yang terstruktur serta sesuai dengan penerapan di industri. Penasaran, program pelatihan excel yang bisa kamu nikmati jika bergabung dengan DQLab? Yuk, intip di artikel ini!


1. Apa itu Rumus dalam Excel?

Rumus dalam excel adalah suatu ekspresi yang umumnya berupa operasi matematika yang bisa diterapkan baik pada suatu sel atau range. Dalam excel penulisan rumus diawali dengan tanda sama dengan (=) dan dilanjutkan dengan suatu ekspresi. 


Yang perlu kamu perhatikan adalah, rumus-rumus excel yang berhubungan dengan tanggal, waktu dan format angka, karena ini sangat bergantung pada setting regional pada komputer atau PC kamu.


excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Matematika Sederhana dan Penggunaan Fungsi

Excel sudah menyediakan banyak sekali rumus-rumus siap pakai. Rumus-rumus siap pakai ini umumnya disebut sebagai FUNGSI. Dungsi yang akan dibahas kali ini adalah fungsi SUM dan SUMIF. 


Fungsi SUM berguna untuk menjumlahkan nilai dalam suatu range, sementara fungsi SUMIF berguna untuk menjumlahkan nilai dengan kriteria tertentu. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan contoh dibawah ini


excel

Dalam kasus diatas kamu menggunakan fungsi SUMIF untuk mencari total nilai penjualan dengan menuliskan rumus =SUMIF(H2:H16,>0).


3. Mengurutkan dan Memfilter Data Berdasarkan Rentang Tertentu

Materi lain yang bisa kamu nikmati secara gratis di DQLab adalah mengurutkan dan memfilter data. Untuk bisa mengurutkan dan memfilter data kamu bisa menggunakan langkah berikut:

  • Pilih sel apapun dalam rentang

  • Pilih Data ->Filter

  • Pilih Filter Teks atau Filter Angka, lalu pilih perbandingan, seperti Di antara.

  • Masukkan kriteria filter dan pilih OK.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Penggabungan di Worksheet Lain

Dalam beberapa kasus, mungkin kamu ingin menggabungkan file atau sheet excel berbeda menjadi satu bagian. Pada excel kamu bisa menggabungkan file ataupun sheet dalam workbook yang sama ataupun berbeda sekalipun. Kamu bisa menggunakan fitur consolidate atau firut move or copy.

  • Siapkan terlebih dahulu sumber data yang ingin kita gabungkan

  • Buat workbook baru (kosong)

  • Klik tab data pada workbook baru, kemudian klik consolidate

  • Pada window consolidate, kamu bisa menggunakan fungsi yang diinginkan. Misalnya dalam hal ini kita akan menggunakan fungsi SUM


excel


Setelah melakukan langkah diatas langkah selanjutnya adalah:

  1. Klik kolom reference pada, kemudian blok range A1:E4 pada workbook yang pertama

  2. klik add

  3. ulangin tahap 1 dan 2 untuk mengambil data pada workbook ke 2

  4. centang top row, left coloumn dan create licence source

  5. klik ok


excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho.


Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 









Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :