MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 10 Menit 41 Detik 

Tips Membuat Visualisasi Data Excel dengan Banyak Data

Belajar Data Science di Rumah 11-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aada926149d902c7e051770714d04f7f_x_Thumbnail800.jpg

Memvisualisasikan data merupakan salah satu skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang praktisi data khususnya data scientist. Mengapa? karena seorang data scientist memiliki salah satunya tanggung jawab atau peran untuk dapat mengkomunikasikan hasil dari analisis kepada para semua audience yang mungkin tidak memiliki background IT. 


Dengan visualisasi data dapat memudahkan audience yang berada di lain divisi bisa memahami informasi yang disampaikan oleh Data Scientist sehingga insight tersebut dapat digunakan untuk menentukan action yang tepat untuk dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. 


Bagi sebagian orang yang memang sudah pernah atau bahkan terbiasa coding dengan bahasa pemrograman seperti python dan R akan melakukan visualisasi data menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Tapi, jangan khawatir karena ada cara membuat visualisasi data dengan Excel tanpa harus coding dan yang pasti tidak serumit memvisualisasikan data dengan menggunakan Python dan R.


Microsoft excel memang populer sebagai salah satu tool yang digunakan untuk pengolahan data yang mencakup pada pemvisualisasian data-data tersebut. Dengan menampilkan grafik atau chart seperti line chart, pie chart, bar chart, radar, maps dan masih banyak lagi. Lantas bagaimanakah cara membuat visualisasi data pada Excel dengan menggunakan 3D Maps? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini.


1. Alasan Kenapa Kita Perlu Data Visualisasi ?

excel

Sebelum kita membuat visualisasi data excel, tahukah kamu alasan mengapa kita perlu data visualisasi selain karena skillset wajib seorang data scientist? Alasanya adalah karena dengan melakukan visualisasi data, maka pembaca atau audience dapat lebih cepat dalam menangkap informasi dari data yang kita sajikan, selain itu informasi menjadi mudah diingat karena dalam visualisasi data terdapat warna dan juga pattern tertentu, maka kita jadi lebih baik dalam mengkomunikasikan tujuan dari data-data kita yang ingin kita sajikan kepada para pembaca, serta untuk bisa menemukan dan mengkomunikasikan actionable insight.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Jenis Grafik yang Dapat Disajikan oleh Microsoft Excel

excel

Pada Microsoft Excel terdapat fitur Chart yang sangat berguna dalam proses visualisasi data kita.

  • Bar Chart : menyajikan data berupa diagram batang, biasanya digunakan untuk menampilkan perbandingan antar nilai deret

  • Line Chart : menyajikan data berupa grafik garis, biasanya digunakan untuk menampilkan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.

  • Pie Chart : menyajikan data berupa grafik lingkaran, biasanya digunakan untuk menampilkan 2 sampai 3 kelas dari suatu data dalam bentuk persentase (%). Tapi pie chart kurang cocok digunakan untuk visualisasi data lebih dari 3 kelas karena akan menimbulkan kesalahan persepsi ketika memutar diagram lingkaran maka akan mengubah persepsi ukuran sudut, seperti halnya mengubah warna.

  • Scatter Plot : menyajikan data berupa persebaran titik-titik, biasanya digunakan untuk menunjukkan hubungan antar point data dengan memplot titik grafik untuk analisis data ilmiah.


3. 3D Maps Excel

Microsoft power map untuk excel adalah fitur visualisasi data tiga dimensi (3D) yang mana kita dapat memperoleh informasi dengan cara yang baru dan lebih praktis tanpa perlu menggunakan bahasa pemrograman seperti python dan R untuk mendapatkan informasi dan insight yang baru. Fitur 3D Maps dapat menyajikan peta yang interaktif beserta memungkinkan pengguna mendapatkan insight yang sebelumnya tidak terlihat dalam tabel dan bagan dua dimensi tradisional (2D).

3D peta, kita bisa memplot data geografis dan sementara dan globe 3D bahkan membuat peta kustom, memperlihatkannya sepanjang waktu, dan membuat tur visual yang bisa Anda bagikan dengan orang lain. Anda mungkin ingin menggunakan Peta 3D untuk memetakan data, menemukan wawasan dan mempresentasikannya ke dalam sebuah cerita.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Langkah Membuat Visualisasi Data dengan 3D Maps Excel

Berikut ini adalah langkah untuk membuat power map pertama di excel:

  1. Sebelumnya kita buat terlebih dahulu sampel data yang kita perlukan misalnya kita bisa membuat data demografis tentang jumlah penduduk berjenis kelamin wanita dan pria di beberapa kota berdasarkan provinsi di Indonesia. 

  2. Klik sel mana pun di tabel.

  3. Klik Sisipkan > Peta 3D. (Mengklik Peta 3D untuk pertama kalinya akan secara otomatis mengaktifkan Peta 3D.) Peta 3D menggunakan Bing untuk geocode data Anda berdasarkan properti geografisnya. Setelah beberapa detik, bola dunia akan muncul di samping layar pertama Panel Lapisan.

  4. Di Panel Lapisan, pastikan bahwa bidang dipetakan dengan benar dan klik panah turun bawah dari setiap bidang yang dipetakan dengan tidak benar untuk mencocokkannya ke properti geografis yang tepat.

  5. Saat Peta 3D memplot data, titik-titik muncul di globe.


excel


Di era disruptif teknologi tidak memiliki background STEM bukanlah halangan yang berarti bagi kamu untuk belajar dan menambah skill baru khususnya seputar Data Science dan Data Analyst. Karena skill yang mumpuni lebih dipertimbangkan daripada gelar, untuk itu mulai bangun skill dan portofolio data yang mengagumkan melalui Data Analyst Career Track bersama DQLab


Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin. Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!