PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 40 Menit 8 Detik 

4 Contoh Penggunaan Fitur Array Python

Belajar Data Science di Rumah 28-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/40929d1f0a8716648f6626f5ed6865ad_x_Thumbnail800.jpg

Pada era kecanggihan teknologi yang saat ini kita hadapi, keberadaan data yang berlimpah perlu ditindaklanjuti. Salah satu caranya adalah dengan menganalisis kumpulan data itu sehingga menghasilkan informasi. 


Terdapat beberapa software dan fungsi atau rumus yang dapat membantu mempermudah proses analisis data, salah satunya adalah array python. Array python merupakan suatu tipe data terstruktur yang berfungsi untuk menyimpan sejumlah data yang memiliki tipe yang sama. 


Penggunaan array python ini sangat membantu proses analisis data terutama untuk diterapkan pada data yang berjumlah banyak. Bahasa python sendiri pun sudah cukup familiar bagi kalangan programmer, analyst, maupun para pemula.


Pada bahasa python, fitur array sendiri pun terbagi menjadi beberapa macam. beberapa diantaranya adalah fitur append, pop, declare, sort, modify, call, slice, dan masih banyak lainnya. Yuk, coba kenali penerapan penggunaan beberapa fitur array secara singkat dari artikel berikut ini!


1. Declare

Declare merupakan fitur yang digunakan untuk mendeklarasikan array. Proses Ini dilakukan sebelum proses running data. Sedikit berbeda dengan tipe data list pendeklarasian sudah termasuk dalam sintak python yang tidak perlu dideklarasikan maupun dijabarkan dalam environment yang telah disediakan.


Perhatikan contoh di bawah ini kita akan mencoba mendeklarasikan beberapa merk HP.

python


Baca juga: Yuk Belajar Coding Python di Modulnya DQLab


2. Call

Pada bagian sebelumnya kita telah mempelajari cara mendeklarasikan array menggunakan fitur declare. Selanjutnya, kita perlu mengetahui pula cara memanggil elemen yang telah dideklarasikan sebelumnya. Proses ini dapat menggunakan fitur call.


Fitur call ini digunakan untuk menampilkan elemen data tertentu yang ingin kita tampilkan outputnya. Caranya cukup mudah, kita cukup mengetikkannya dengan memanggil indeksnya saja, jangan lupa ya indeksnya dimulai dari 0. Untuk lebih memahaminya perhatikan contoh berikut ini!


python


Pada contoh di atas kita telah mendeklarasikan array berupa kumpulan merk hp kemudian memanggil dengan indeks [1] sehingga muncullah output “oppo”


3. Slice

Fitur lainnya dalam array adalah fitur slice. Seperti namanya, slice berarti memotong, fitur slice dalam array dapat digunakan untuk menyeleksi item mana yang ingin ditampilkan dalam output. Sebagai contoh, pada data yang sama kita akan mencoba untuk menslice item nomor 1 sampai 4. Item mana sajakah yang akan terpotong? Perhatikan contoh berikut ini.

python


Pada contoh di atas terlihat bahwa item yang terpotong adalah ‘oppo’, ‘vivo’ dan ‘nokia’.


4. Modify

Setelah mempelajari cara mendeklarasikan data, memanggil data, dan memotong data, kita juga bisa menggunakan fitur modifikasi pada data loh. Ya, fitur yang dapat digunakan adalah fitur modify. Fitur modify ini dapat digunakan untuk melakukan pengubahan nilai pada elemen data. Untuk lebih memahaminya, perhatikan contoh penggunaan fitur modify berikut ini!

python


Pada contoh di atas telah dilihat bahwa elemen data keempat yang awalnya “sony ericson” telah berubah menjadi “huawei” dan elemen data kelima yang awalnya “iphone” telah berubah menjadi “xiaomi”.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Belajar python dari dasar cukup menyenangkan bukan? Kalian yang belum mengerti sama sekali jangan khawatir kebingungan, di DQLab kalian akan dipandu dengan modul dan teori yang ada di dalamnya. Selain itu kita dituntun mengerjakan atau belajar dari dasar secara perlahan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :