PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 14 Menit 59 Detik 

Pelatihan Excel Pemula yang Terstruktur Bersama DQLab, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4480b20f4088377b98f5a0850d6cf0fe_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah software spreadsheet yang  powerful dikelasnya,tanpa harus memakan banyak space RAM PC jika dibandingkan dengan software serupa lainnya. Excel bisa dibilang sebagai salah satu tools pengolahan data, excel terbilang cukup powerfull dan ringan dibandingkan dengan tools yang sejenis. Khususnya dalam membuat daftar laporan keuangan, pembuatan daftar nilai atau daftar hadir, melakukan operasi hitung, dan lain sebagainya. 


Selain itu, antarmuka microsoft excel yang user friendly dan juga file .xls kompatibel di berbagai program lain membuat excel masih menjadi andalan untuk semua berbagai profesi ataupun kegiatan akademisi. Jika kebetulan kamu, sedang ingin mempelajari excel lebih terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan industri mengikuti kursus online bisa kamu jadikan pilihan yang tepat. Saat ini sudah banyak lembaga kursus data science yang kurikulumnya sudah include pembelajaran excel sebagai tools dasar yang akan digunakan. Karena pandemi, pilihan kebanyakan orang dalam belajar excel adalah secara online. 


Salah satu rekomendasi lembaga kursus yang bisa kamu coba adalah DQLab. Penasaran, program pelatihan excel yang bisa kamu nikmati jika bergabung dengan DQLab? Yuk, intip kira-kira apa saja yang akan dipelajari di di artikel ini!


1. Memahami Tampilan Dasar Microsoft Excel

Sebagaimana software lainnya, microsoft excel memiliki banyak bagian-bagian tampilan dasar yang perlu kamu ketahui untuk memudahkan kerja kamu dalam melakukan pengolahan data. Microsoft excel terdiri dari berbagai macam bagian, termasuk juga menu-mennu dan lembar kerja yang berupa blok-blok. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita lihat penjelasan dibawah ini:

excel


  • Name Box, adalah cell yang berisi informasi nama cell yang sesuai dengan posisinya. Jika kamu sedang menyorot cell A baris 1 maka name box akan terisi A1 dan seterusnya

  • Formula Bar, adalah kolom kosong yang akan terisi ketika rumus atau fungsi excel diaplikasikan

  • Menu Bar, yang terdiri dari:

  • Menu file, untuk mengakses file secara umum

  • Menu home, untuk akses pengaturan secara keseluruhan seprti ukuran text, huruf, dan lain sebagainya

  • Menu insert, untuk menginput atau membuat objek seperti chart, tabel, shape, picture dan sebagainya.

  • Menu page layout, untuk mengatur tampilan halaman termasuk ukuran kertas yang akan digunakan

  • Mernu formula, berisi semua formula-formula yang terdapat pada excel mulai dari penjumlahan higga fungsi macro yang cukup rumit.

  • Menu data, untuk mengatur data yang terdapat pada box seperti untuk short data, filter, remove duplicate dan sebagainya.

  • Menu review, untuk kebutuhan review atau cek spelling, komentar dan lain sebagainya

  • Menu view, untuk memunculkan menu makros, dan lainnya.

  • Column Name

  • Title Bar

  • Ribbon Menu, letaknya berada di bawah menu bar dimana kita bisa igunakan untuk mengatur ukuran kertas dll.

  • Sheet, kamu bisa menambahkan sheet sesuai dengan kebutuhan atau banyaknya project kamu.

  • Zoom & Layout

  • Line name


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menggunakan Rumus dan Fungsi Sederhana

Pada modul platinum excel di DQLab kamu juga akan mempelajari tentang rumus dan fungsi sederhana excel. Mulai dari hal yang  paling dasar seperti pengertian apa itu rumus, rumus matematika sederhana dan pengguna fungsi, penggabungan di worksheet lain. Beberapa rumus yang akan sering kamu sering gunakan antara lain: sumif dan countif, vlookup dan hlookup,  rumus if sederhana. Sebagai contoh berikut adalah mengaplikasian rumus if sederhana:

excel

3. Mengurutkan dan Memfilter Rentang Data

Materi lain yang bisa kamu nikmati secara gratis di DQLab adalah mengurutkan dan memfilter data. Untuk bisa mengurutkan dan memfilter data kamu bisa menggunakan langkah berikut:

  • Pilih sel apapun dalam rentang

  • Pilih Data ->Filter

  • Pilih Filter Teks atau Filter Angka, lalu pilih perbandingan, seperti Di antara.

  • Masukkan kriteria filter dan pilih OK.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Membuat, Menyimpan dan Membuka File Excel

Terakhir, kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat, menyimpan dan membuka file excel.  DQLab menyediakan modul yang berisikan materi-materi mendasar untuk kamu pelajari, sehingga bagi kamu yang tidak memiliki background pendidikan atau pengalaman IT pun bisa dengan mudah memahaminya.


Excel


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annisa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!