PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 58 Menit 8 Detik 

Tutorial Buat Visualisasi Data Excel dengan Big Data

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d9755fb4f973276f7a99bd2b1caa1b9c_x_Thumbnail800.jpg

Sebelum mengenal lebih dalam tentang visualisasi data pada Excel kita wajib mengerti apa itu visualisasi data. Visualisasi data adalah penggambaran dari sebuah data yang menjadi bentuk visual yang beragam, contohnya seperti grafik, peta, atau bagan.


Penggunaan visualisasi data ini menjadi sangat penting, karena jika kita ingin menganalisis sebuah informasi dalam jumlah banyak bisa mempermudah dalam menganalisa dan melihat tren atau pola tertentu sehingga dapat menghasilkan sebuah insight.


Hal yang terpenting dalam proses ini adalah membuat sebuah data yang ada bisa dengan mudah dibaca dan juga dimengerti dalam bentuk visual yang beragam. Semakin baik sebuah visualisasi data yang ditampilkan, maka akan semakin berguna juga untuk menetapkan suatu keputusan yang tepat. Nah visualisasi data yang lebih spesifik ada penggunaan bagan area, grafik batang, histogram, kartogram, peta pohon, dan lain sebagainya.


1. Menentukan Pertanyaan Terkait Data dan Pahami Data

Hal pertama yang kalian lakukan adalah memperjelas suatu hal dengan sebuah pertanyaan, mengapa demikian? Ini dilakukan untuk menunjang visualisasi data. Maka dari itu untuk membuat visualisasi data harus membayangkan bagaimana visualisasi data yang kita buat nantinya bisa membantu atau tidak para pembacanya.


Identifikasikan semua data yang sudah tersedia sampai kita paham dengan benar isinya dan juga bisa mengetahui visualisasi data seperti apa yang akan digunakan untuk memudahkan pembacaan dari data yang sudah dikumpulkan tadi. Hal tersebut dilakukan agar bisa terhindar dari terjadinya kesalahan dalam pembacaan data dan juga harus mempertimbangkan hipotesis yang sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.


excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menentukan Bentuk Visualnya

excel

Langkah berikutnya adalah kita harus memahami dengan betul data yang sudah tersedia dan mulailah memvisualisasikan data dari yang dasar terlebih dahulu agar mudah dan cepat. Langkah ini bisa menggunakan diagram batang, diagram alur, diagram sebar, peta, jaringan, ataupun memakai bentuk lainnya.


Dalam memilih visualisasi dasar ini tergantung dari pada isi data apa yang akan kalian visualisasikan. Kita harus benar-benar memahami variabel yang diperlukan untuk memvisualisasikan data-data tersebut.


3. Identifikasi Pesan yang Ingin Disampaikan

excel

Langkah setelah kita memahami data dan juga sudah menentukan bentuk visual dari data yang ingin kita sampaikan, kita harus mengidentifikasikan pesan yang disampaikan dalam visualisasi data kita.


Untuk membuat identifikasi pesan dimulai dari membuat indikator yang cukup informatif dari data yang sebelumnya sudah kita proses dan sudah layak untuk diidentifikasi dan pastikan kita memahami bahwa hal yang paling penting dari visualisasi data adalah mengetahui kumpulan data dengan cukup baik dan juga memahami isi dari setiap variabel data yang terlampirkan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel



4. Memilih Bentuk Visual yang Akan Digunakan

Setelah kita mengidentifikasi data yang sudah dikumpulkan. Selanjutnya kita bisa memilih bentuk visual data yang paling tepat. Dengan memilih bentuk visual yang tepat untuk visualisasi data yang kita pilih akan semakin mudah juga data tersebut untuk dibaca maupun untuk dijelaskan kepada orang awam atau kepada orang umum.


Pemilihan ini bisa disesuaikan dengan jumlah atau isi dari data yang akan disampaikan. Setiap data memiliki bentuk tampilan visualnya masing-masing jadi tidak sama semua antara satu sama lain.

excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :