PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 16 Jam 59 Menit 30 Detik 

Pelatihan Excel Basic Sampai Advanced dengan Modul Platinum DQLab

Belajar Data Science di Rumah 11-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/153f10410a2de7f942e2774229b87a20_x_Thumbnail800.jpg

Siapa sih yang tidak tahu Excel? Excel adalah aplikasi spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft. Aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows dan MacOS. Excel berfungsi untuk mempermudah menyimpan dan memproses data numerik sehingga banyak digunakan baik di perusahaan maupun untuk keperluan individu.


Dibandingkan dengan tools lain yang sejenis, Excel merupakan aplikasi yang ringan dan powerfull. Spreadsheet pada Excel terdiri dari baris dan kolom yang mampu menampung data yang jumlahnya cukup besar.  


Interface pada Excel termasuk user friendly sehingga mudah dipahami dan dipelajari. Excel juga dapat terhubung dengan program lainnya dan mampu membaca beberapa tipe file selain tipe dasarnya (.xls). Inilah mengapa Excel masih menjadi pilihan yang dapat diandalkan untuk memproses data yang bersifat numerik. Bagi kamu pemula yang ingin belajar data tapi belum paham dengan pemrograman, kamu bisa banget memulainya dengan mendalami Excel.


Di DQLab tersedia modul-modul Excel yang disusun untuk pembelajaran dari dasar hingga tingkat lanjut. Apa saja yang dipelajari? Simak artikel ini sampai akhir, ya!


1. Belajar Penggunaan Rumus dan Fungsi Sederhana Excel

Excel


Baru kenal Excel? Dalam modul ini kamu akan mempelajari Excel mulai dari nol dengan video materi dan mini quiz. Sebelum mempelajari fitur lainnya, hal pertama yang perlu pemula ketahui adalah bagian-bagian pada lembar kerja Excel. Contohnya seperti formula bar, kolom, baris, menu bar, dan lainnya. Selanjutnya kamu akan mempelajari cara menginput data di dalam spreadsheet, contohnya data nilai atau data transaksi. 


Pada Excel setiap baris dan kolom punya alamat cell. Nah, kamu harus memahami ini lebih dulu. Karena ketika kita menerapkan rumus untuk memproses data pada Excel, kita perlu menunjuk alamat data yang akan diproses misalnya data pada cell F9 dan G9. Jika sudah paham, lanjut ke materi berikutnya yaitu penggunaan rumus dan fungsi sederhana pada Excel. Contohnya penjumlahan seluruh data dengan menggunakan SUM. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Data Cleansing dengan Excel 

excel

Data yang kita peroleh ketika mengumpulkan data seringkali masih berupa data mentah dimana masih ada data yang tidak lengkap, tipe data berbeda, dan lain sebagainya. Sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum diproses. Nah, pada modul ini kamu akan mempelajari bagaimana membersihkan atau cleansing data dengan Excel. 


Aktivitas ini meliputi memeriksa ejaan pada data, menghapus spasi, mengisi missing data, mengkonversi angka, menghapus duplikat data, menandai error, dan menghapus huruf besar dan kecil. Proses ini perlu dilakukan pada setiap data yang kita punya agar kita mendapatkan data yang bersih dan layak diproses atau dianalisis. Output berupa informasi dari data yang sudah bersih juga akan lebih optimal. 


3. Operasi Dasar dan Membuat Grafik Excel

excel

Modul selanjutnya yang bisa kamu pelajari di DQLab yaitu dasar-dasar Excel mulai dari menjalankan Excel sampai bagaimana membuat grafik di Excel. Modul ini memuat materi berupa video. Pahami dengan benar materi-materi yang ada pada video karena kamu harus menyelesaikan quiz setelah menyaksikan videonya. 


Kamu juga bisa sambil mempraktekkannya sendiri menggunakan Excel yang sudah terpasang di perangkatmu. Agar lebih afdol lagi, setelah menyaksikan video dan mengerjakan quiz, ada 2 sub bab lagi yang berupa post test yang berisi soal-soal terkait materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Ini akan membantu kamu untuk memahami lebih dalam dengan mempraktekkannya langsung.  


4. Fungsi Excel Tingkat Lanjut 

excel

Sudah punya basic Excel? Yuk, naik ke fungsi Excel yang lebih advanced. Karena ini tingkat lanjut, tentu fungsi yang digunakan akan berbeda dengan fungsi-fungsi dasar Excel sebelumnya. Di modul ini kamu akan mempelajari bagaimana menangani error, mengenal fungsi date and time, range dan named range, penggunaan fungsi vlookup dan hlookup, serta mengenal pivot table.


 Fungsi-fungsi ini penting sekali untuk dikuasai karena akan sering digunakan ketika memproses data di Excel. Misalnya pivot table dapat mempermudah user dalam memvisualisasikan data dengan menarik. Untuk lebih memperdalam lagi, di akhir modul ada sub bab berisikan soal-soal terkait modul. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Mudah bukan belajar Excel? Excel biasanya tidak hanya digunakan untuk yang bekerja di bidang data, namun menjadi keahlian dasar untuk profesi lainnya. Misalnya untuk inventori barang, record penjualan, mengolah data nilai siswa, catatan pemasukan dan pengeluaran pribadi, dan lain sebagainya. Jadi, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mempelajari Excel.


Yuk, daftar di DQLab.id dan subscribe ke paket platinum! Upgrade kemampuan dan tambah portfolio datamu dengan perdalam Excel bersama ahli data.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :