FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 50 Menit 2 Detik 

Rumus Excel Dasar Terupdate Rekomendasi untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 31-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/90895c313d2a001316afe7bdd1ec991e_x_Thumbnail800.jpg

Bicara tentang rumus Excel dasar, beberapa orang pastinya tidak asing lagi dengan software Microsoft Excel. Excel adalah aplikasi dasar spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh setiap orang. Excel memiliki antarmuka yang user-friendly sehingga memudahkan kamu dalam penggunaannya. Selain itu juga, Microsoft Excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. 


Fungsi utama Excel adalah untuk melakukan perhitungan, sehingga banyak pengguna menggunakan aplikasi ini. Tidak peduli apa profesimu, kemampuan komputasi pastinya sangat dibutuhkan. Fitur-fitur dan berbagai rumus di Excel serta formula yang sangat bermanfaat untuk melakukan analisis data dan berbagai kegiatan meliputi data entry, data management, accounting, serta yang lainnya.


Oleh karena itu, Excel berfungsi sebagai tools yang penggunaannya ramah dan mudah dipelajari untuk para pemula Data Scientist. Ada banyak fungsi jika kamu mengeksplorasi Excel, mulai dari perhitungan dasar hingga yang kompleks.


Bagi pemula mungkin akan membingungkan, namun untuk mengawali belajar Excel kamu bisa mulai dengan rumus dasar Excel yang akan kita bahas di artikel kali ini.


Apa saja? Yuk, simak dibawah ini!


1. Cara Mengetahui Nama Hari dari Tanggal

Pernahkah kamu kebingungan menemukan nama hari dari sebuah tanggal ketika mengolah data menggunakan Excel? Apakah kamu harus membuka kalender untuk menemukan nama harinya? Dengan Excel, hal ini tidak perlu dilakukan karena Excel sudah memiliki rumus untuk mengkonversi tanggal menjadi hari dengan rumus TEXT.


Agar lebih mudah dipahami, yuk simak video berikut ini.

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Mengetahui Nama Bulan dari Tanggal

Selain digunakan untuk mencari nama hari, rumus TEXT juga bisa digunakan untuk mencari nama bulan. Jika mencari nama hari kita menggunakan format “DDDD”, sedangkan untuk mencari nama bulan kita menggunakan format “MMMM”. Agar lebih mudah dipahami, yuk simak video berikut ini!

excel


3. Cara Mengubah Format Tanggal

Excel memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengubah format tanggal. Selain menggunakan fitur yang ada di Menu Bar, kita juga bisa menggunakan rumus TEXT untuk mengubah format tanggal. Yuk perhatikan contoh berikut ini!


excel


4. Mengkonversi Tanggal dalam Format Teks Menjadi Nomor Seri

DATEVALUE(date_text) adalah rumus Excel yang digunakan mengkonversi tanggal dalam format teks menjadi nomor seri yang mewakili tanggal. Rumus DATEVALUE bisa mengkonversi format tanggal serta referensi ke sel yang berisi "tanggal teks".


DATEVALUE sangat berguna untuk menghitung, memfilter, atau mengurutkan tanggal yang disimpan sebagai teks dan mengonversi "tanggal teks" tersebut ke format tanggal.


Salah satu kegunaan dari rumus ini adalah untuk mendapatkan kode unik dari suatu tanggal. Agar tidak bingung, yuk simak contoh di bawah ini!

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja

NETWORKDAYS adalah fungsi Excel untuk membantu kita menghitung jumlah hari kerja di antara dua tanggal. Kita bisa menggunakan fungsi ini saat menghitung jumlah hari kerja yang tersisa. Jadi perlu diingat ya, weekend dan hari libur tidak dihitung! Agar tidak bingung, yuk simak video di bawah ini!

excel


Jadi master rumus dasar Excel yuk! Pelajari rumus dan fitur Excel dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun oleh expertise di bidangnya sehingga materi yang akan dipelajari tidak perlu diragukan lagi.


Ingin ukur kemampuan Excelmu? Bisa! Cobain mini quiz DQLab. Caranya mudah, Sign up sekarang di DQLab.id lalu pilih Menu Quiz. Nikmati pengalaman belajar Excel bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan mencoba modul Platinum Excel untuk menguji kemampuan Excel kamu yang bisa kamu akses selamanya.


Persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :