PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 12 Menit 31 Detik 

Pelatihan Excel: 4 Cara Membuat Range di Microsoft Excel

Belajar Data Science di Rumah 26-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3a03203c19956c4d3286917d64511a26_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah software milik microsoft yang sering dipakai oleh banyak perusahaan untuk menyusun dan menganalisis sebuah data. Sebenarnya microsoft excel ini bukan sekedar software yang bisa merapikan dan juga mengatur data di dalamnya, tetapi software ini bisa menjadi alat bantu yang biasa dipakai oleh perusahaan untuk menghitung dan juga menganalisis data-data yang dimiliki.


Microsoft Excel juga biasa digunakan oleh perusahaan sebagai databasenya, data-data yang ada bisa berupa teks atau angka. Software ini juga bukan hanya diperuntukan untuk bidang bisnis dan keuangan saja, tapi dibidang lain seperti human resource, marketing, dan juga teknologi.


Oleh karena itu, setidaknya kita perlu belajar tentang microsoft excel ini agar dapat mengikuti alur kerja dari sebuah perusahaan.


1. Membuat Range dengan Mouse

excel


Cara yang biasa dipakai dengan mudah adalah membuat range dengan mouse. Karena kita bisa memilih range hanya cukup dengan menggunakan mouse pada lembar kerja atau bisa dengan teknik seperti memblok pada umumnya.


Tata cara untuk membuat range di Microsoft Excel dengan mouse :

  • Pertama kalian bisa klik kiri lalu tahan mouse di salah satu sel yang ingin ita pilih rangenya

  • Kemudian yang kedua masih dengan menahan klik kiri pada mouse, seret mouse berdasarkan range yang ingin kita pilih sampai warna dari beberapa sel yang sudah kita pilih menjadi warna abu-abu.

  • Jika sudah, kalian bisa melepaskan klik kiri pada mouse lalu kita akan meilhat warna abu-abu yang tampil pada tabel atau lembar kerja tersebut adalah range yang telah kita pilih.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Memilih Range dengan Tombol Shift

excel

Cara kedua biasanya dipakai oleh orang yang lebih menyukai keyboard ketimbang menggunakan mouse. Dengan cara seperti ini bisa membuat kita terlihat lebih expert dibandingkan dengan cara sebelumnya.


Cara dalam memilih range dengan tombol shift ini adalah :

  • Pertama kalian bisa klik pada salah satu sel yang ingin kita pilih rangenya

  • kedua tekanlah tombol shift pada keyboard lalu tahan.

  • Ketika kita menahan tombol shift, pilihlah range dengan cara menekan tombol arah pada keyboard dan sesuaikan banyaknya range yang ingin dipilih bisa kanan, kiri, atas atau bawah sampai sel yang telah dipilih terblok dan berwarna abu-abu.

  • Jika sudah pas, lepaskan tombol shift pada keyboard untuk melihat keseluruhan range yang sudah kita pilih tadi.


3. Membuat Range dengan mode Extension

excel


Cara yang selanjutnya adalah dengan cara memanfaatkan tombol keyboard dalam memilih range. Pada cara yang ketiga ini kita tidak perlu menekan secara terus menerus tombol shift pada keyboard melainkan hanya dengan sekali tekan F8 untuk mengaktifkan mode ini, lalu kita bisa menekan tombol arah sesuai dengan kebutuhan kita.


Tata cara membuat range dengan metode ini adalah seperti berikut :

  • Pertama kalian bisa klik pada sel awal yang ingin kalian jadikan range

  • Kedua tekan F8 pada keyboard untuk bisa mengaktifkan mode extension. Nah disinilah perbedaannya dibandingkan cara cara sebelumnya. Jadi pada mode ini kita hanya cukup sekali tekan tombol F8

  • Lalu pilihlah sel yang ingin kalian gunakan sebagai range. Pemilihan range ini bisa dengan menggunakan tombol arah atau panah pada keyboard atau bisa dengan klik kiri pada mouse pada sel yang ingin kita tuju.

  • Tekan kembali F8 untuk menonaktifkan mode extension jika sudah dirasa selesai memilih range. untuk bisa melihat status mode extension masih aktif atau tidak bisa dilihat dari bar status yang ada pada pojok kanan bawah sebelah kiri pada Excel.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Memilih Range dengan Kombinasi Keyboard

excel


Kita juga bisa memanfaatkan tombol-tombol pada keyboard secara maksimal dalam memilih range, kita bisa melakukannya dengan beberapa kombinasi tombol seperti dibawah ini :

  • Pertama kalian klik pada sel yang ingin dijadikan awal dari range.

  • Kedua tekan dan juga tahan tombol shift lalu kombinasikan dengan tombol yang lain untuk memilih range. Berikut beberapa kombinasinya :

    • Shift + Home : Untuk memilih range dari posisi awal hingga kolom pertama pada baris tersebut.
    • Shift + Arrow : Untuk memulai 1 pilihan sel menjadi range menuju ke arah yang kita inginkan.
    • Shift + Ctrl + Home : Untuk memilih range dari posisi sel awal menjadi sel paling pertama pada lembar kerja.
    • Shift + Ctrl + End : Untuk membuat range kita dari posisi yang aktif sampai sel paling akhir yang memiliki data.
    • Shift + Spasi : Memilih range sebanyak 1 baris range.
    • Shift + Ctrl + Spasi : Seluruh lembar akan dipilih menjadi range.
    • Shift + PageUp : Untuk memulai membuat range menuju ke kolom yang ada paling atas yang sama sesuai dengan sel yang sudah kita aktifkan sebelumnya.
    • Shift + PageDown : Untuk memulai membuat range menuju ke kolom yang ada paling bawah yang sama sesuai dengan sel yang sudah kita aktifkan.
    • Shift + Ctrl + Arrow : Untuk memilih range menuju ke sel yang berada pada paling akhir lembar sesuai dengan tanda panah yang kita operasikan.
    • Lalu lepaskanlah tombol shift beserta tombol yang sudah dikombinasikan untuk melihat hasil dari range yang sudah kita pilih tadi.


excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :