PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 17 Menit 53 Detik 

Rumus Dasar Excel untuk Mempermudah Pekerjaan Administrasi

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1f63ab32300f0ddbb840dd48d5de944d_x_Thumbnail800.jpg

Spreadsheet Excel adalah lembar berisi kolom kosong yang bisa digunakan untuk mengolah, menganalisis, dan menata data. Dengan excel kita bisa menambah banyak sheet, formula, dan fungsi sesuai kebutuhan. Ada beberapa istilah atau hal penting yang harus diketahui mengenai spreadsheet excel. 


Pertama, file spreadsheet biasanya disebut buku kerja (work book), dengan beberapa tab yang disebut lembar. Kedua, excel terdiri dari baris (garis berjalan dari kiri ke kanan) dan kolom (garis berjalan ke atas dan ke bawah). Ketiga, saat baris dan kolom bertemu, spreadsheet membentuk sel dan sel dapat menyimpan data yang kita input atau rumus dan fungsi untuk memodifikasi data.


Banyak orang menggunakan istilah rumus dan fungsi secara bergantian di Microsoft Excel. Tahukah kamu kalau ternyata kedua istilah tersebut sangat berbeda. Rumus adalah operasi dasar pada sel, seperti menggunakan operator matematika misalnya + atau / untuk menambah dan membagi angka. 


Fungsi merupakan fungsionalitas bawaan dari excel, misalnya =AVERAGE untuk melakukan operasi dengan mudah. Fungsi dimulai dengan tanda sama dengan, lalu nama fungsi, dan biasanya diawali dan diakhiri dengan tanda kurung buka dan tutup. Fungsi excel sangat beragam, mulai untuk pekerjaan sederhana hingga pekerjaan yang sangat kompleks. Pada artikel kali ini DQLab akan membahas fungsi dasar excel yang wajib dikuasai beginner untuk mempermudah pekerjaan administrasi. 


1. UPPER, LOWER, dan PROPER

UPPER, LOWER, dan PROPER adalah fungsi excel yang berguna untuk membantu kita membersihkan teks yang kita input ke dalam spreadsheet. UPPER digunakan untuk mengonversi string teks menjadi huruf besar semua. LOWER digunakan untuk mengonversi teks menjadi huruf kecil semua. PROPER  digunakan untuk mengkonversi kata menjadi huruf kapital dan menggunakan kata benda yang tepat.

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. LEFT dan RIGHT

Fungsi LEFT dan RIGHT adalah fungsi yang berguna untuk mengambil bagian data dari sel. Fungsi ini akan membantu kita untuk mengambil beberapa bagian dari text untuk dipindahkan. Misalnya, kita bisa mengambil awalan nama seperti Mr. atau Ms. dengan menggunakan fungsi ini.

excel


3. TRIM

TRIM adalah fungsi bawaan excel yang berguna untuk membersihkan teks. Jika teks yang kita ketikan pada cell memiliki kelebihan spasi, misalnya di bagian awal, akhir atau tengah, fungsi TRIM akan membantu kita untuk menghapusnya.

excel


4. NETWORKDAYS

NETWORKDAYS adalah fungsi excel untuk membantu kita menghitung jumlah hari kerja di antara dua tanggal. Kita bisa menggunakan fungsi ini saat menghitung jumlah hari kerja yang tersisa. Jadi perlu diingat ya, weekend tidak dihitung.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Ingin belajar fungsi lain dari excel yang bisa membantu pekerjaan kantoran terutama administrasi? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun untuk berbagai kalangan mulai dari beginner hingga advanced sehingga mudah dipelajari dan dipahami. 

Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan nikmati FREE ebook yang bisa kita akses kapanpun dan dimanapun untuk menambah ilmu dan pengetahuan di bidang data.

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :