SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 3 Menit 41 Detik

4 Software Penting & Krusial untuk Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 21-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-03-2024-05-23-214447_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital saat ini, profesi Data Analyst semakin vital dalam membantu perusahaan mengambil keputusan yang berbasis data. Untuk dapat menjalankan peran mereka dengan efektif, Data Analyst membutuhkan berbagai alat dan perangkat lunak yang dapat mendukung proses pengumpulan, analisis, dan visualisasi data. Alat-alat ini tidak hanya mempercepat proses kerja tetapi juga meningkatkan akurasi dan kualitas hasil analisis yang dihasilkan.


Proses pengumpulan data sering kali melibatkan berbagai sumber yang berbeda, baik internal maupun eksternal. Alat seperti SQL (Structured Query Language) dan sistem manajemen basis data lainnya menjadi esensial untuk mengakses dan mengelola data yang tersimpan dalam basis data. Selain itu, platform pengumpulan data dari web, seperti Scrapy dan API pengumpulan data, juga sering digunakan untuk mengumpulkan data dari internet.


Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas empat software yang sangat penting bagi Data Analyst untuk mengoptimalkan pekerjaan mereka.


1. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu software paling dasar dan umum digunakan dalam analisis data. Meskipun sederhana, Excel memiliki berbagai fungsi dan kemampuan yang sangat bermanfaat untuk Data Analyst. Excel menyediakan berbagai fungsi untuk analisis statistik, termasuk regresi, analisis varian, dan banyak lagi.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Tableau

Tableau adalah software visualisasi data yang membantu Data Analyst untuk membuat visualisasi interaktif dan dashboard yang indah dan informatif. Pada Tableau terdapat beberapa fitur seperti Drag-and-Drop Interface yang dapat dimanfaatkan oleh users untuk membuat visualisasi tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman. Selain itu terdapat fitur Integrasi Data untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber, termasuk database, spreadsheets, dan cloud services.

Data Analyst


3.  SQL (Structured Query Language)

SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola dan memanipulasi database relasional. Ini adalah alat yang penting bagi Data Analyst untuk bekerja dengan data yang disimpan dalam database. Terdapat beberapa fitur utama pada SQL seperti salah satunya Join Tables yang berfungsi untuk menggabungkan data dari berbagai tabel dalam database untuk analisis yang lebih komprehensif.

Data Analyst


4. Python

Python telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan Data Analyst dan Data Scientist, terutama karena fleksibilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam analisis data. Keunggulan Python terletak pada sintaksisnya yang sederhana dan mudah dipahami, yang dapat dimanfaatkan oleh para profesional untuk menulis kode secara efisien dan cepat. Selain itu, Python memiliki ekosistem library yang kaya dan kuat, yang dirancang khusus untuk keperluan analisis data.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Memilih software yang tepat sangat penting bagi Data Analyst untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas analisis data mereka. Microsoft Excel, Tableau, SQL, dan Python adalah empat software yang esensial dan banyak digunakan oleh Data Analyst di berbagai industri. Masing-masing alat ini memiliki kelebihan dan fitur unik yang dapat membantu Data Analyst dalam berbagai aspek pekerjaan mereka, mulai dari pengumpulan dan pembersihan data hingga analisis dan visualisasi data yang kompleks.


Yuk kuasai berbagai tools data analyst bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login