LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 1 Jam 29 Menit 54 Detik

4 Strategis Tingkatkan Bisnis Melalui Data Science

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0f56c72067237f9172dbe7076e321eb6_x_Thumbnail800.jpeg

Ilmu data science semakin berkembang dan digunakan dalam berbagai kebutuhan. Penelitian, pengembangan teknologi, bahkan sebagai solusi menyelesaikan permasalahan bisnis. Ini dikarenakan berkembangnya big data menjadikan segala aspek di kehidupan dan pengambilan keputusan berdasarkan oleh data. Untuk kepentingan bisnis pun, data science dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di berbagai aspek manajemen. Misalnya data management, HR management, customer management, dan business process management.


Data science tidak hanya untuk menyelesaikan masalah, namun juga bisa digunakan sebagai strategi bisnis meningkatkan keuntungan. Ada beberapa strategi yang bisa diaplikasikan oleh perusahaan ketika mengaplikasikan data science. Apa saja strategi tersebut? Bagaimana pula dampak strategi tersebut secara spesifik? Yuk baca penjelasan di bawah ini!


1. Menggali Insight Berdasarkan Data

Data Science

Data science membantu perusahaan untuk menjawab semua praduga dengan insight yang sesuai berdasarkan data yang dimiliki. Ini tentu akan membantu kesuksesan campaign marketing, membantu dalam pengambilan keputusan konten apa yang harus dipublikasikan, atau pengembangan produk yang mana agar sesuai dengan minat pelanggan. Data science akan membantu kalian mendapatkan perspektif yang tepat tentang kebutuhan pelanggan, sehingga setiap keputusan memenuhi kebutuhan mereka. 


Data science juga akan membantu perusahaan menentukan metrik yang berharga untuk meningkatkan keuntungan. Dengan insight yang diberikan oleh hasil analisis, output yang dihasilkan tentu juga berdampak pada pertumbuhan perusahaan. Contoh insight yang bisa saja didapatkan dalam sebuah analisis data yaitu:

  • Menemukan informasi bahwa permintaan di akhir pekan terhadap suatu produk atau layanan lebih tinggi dibandingkan di hari biasanya. Ini bisa jadi langkah untuk tim marketing untuk membuat campaign atau promo di hari tersebut.

  • Memonitor performa dari perusahaan atau keputusan iklan secara online mana yang tepat sehingga sesuai dan efektif bagi pelanggan.


Baca juga : 4 Implementasi Data Science Di Bidang Kesehatan 


2. Meningkatkan Performa Bisnis dengan Machine Learning

Data Science

Sampai saat ini machine learning semakin banyak digunakan di berbagai industri seperti layanan kesehatan, otomotif, layanan keuangan, e-commerce, dan lainnya. Dengan model yang dibuat machine learning, maka beberapa aspek pada bisnis dapat dibangun, seperti:

  • Pola pembelian pelanggan

  • Deteksi adanya fraud atau kecurangan

  • Pengenalan objek atau gambar

  • Klasifikasi atau segmentasi pelanggan berdasarkan minat

Machine learning akan membantu bisnis untuk mengantisipasi adanya aktivitas yang dapat merugikan perusahaan, memproduksi layanan atau produk tepat seperti kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan efektivitas inventori atau sistem pada perusahaan. Dengan adanya bantuan tersebut, maka angka human error semakin kecil dan hasil analisis data semakin relevan. 


3. Optimasi dan Otomatisasi Proses Bisnis

Data Science

Machine learning yang dikolaborasikan dengan kecanggihan teknologi juga akan membantu perusahaan memiliki sistem yang otomatis. Misalnya pada industri manufaktur. Data science dengan IIoT (Industrial Internet of Things) akan meningkatkan produktivitas operasi bisnis karena secara proses sudah berjalan dengan otomatis. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan teknologi sensor sehingga tracking system melakukan pencatatan secara realtime. Alhasil akan berdampak pada proses bisnis yang semakin optimal. 


Tidak hanya, data science juga dapat digunakan pada bidang HR untuk membuat proses rekrutmen dan manajemen karyawan menjadi lebih sistematis. Dengan Artificial Intelligence (AI) akan tercipta tools untuk HR yang otomatis. Sehingga ribuan data karyawan dapat diatur dengan lebih efisien. Tidak hanya secara manajemen, data science juga mampu membantu tugas HR pada hal-hal seperti:

  • Onboarding karyawan

  • Workload karyawan

  • Review performa karyawan


Baca juga : Sejarah Singkat Pentingnya Data Science pada Bisnis 


4. Memprediksi Masa Depan Bisnis

Data Science

Data science juga dapat dimanfaatkan untuk memprediksi masa depan bisnis dengan melihat trend dari histori data. Hasil dari prediksi data science tentu akan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih bijak karena sesuai dengan data. Dengan prediksi ini juga, perusahaan dapat melakukan inovasi yang lebih tepat sasaran agar dapat bertahan di persaingan pasar bahkan hingga meningkatkan keuntungan perusahaan. Data science dapat melakukan prediksi dengan dua model yaitu:

  • Model kualitatif. Model kualitatif dinilai lebih efektif jika dilakukan untuk memprediksi jangka pendek dengan ruang lingkup yang terbatas. Perusahaan melakukan penilaian secara subjektif yang diprediksi berdasarkan penilaian pribadi oleh para ahli.

  • Model kuantitatif. Metode kuantitatif mengandalkan data-data perusahaan di masa lalu hingga masa kini untuk memprediksi masa depan dengan jangka waktu yang panjang. Dengan kata lain, model kuantitatif cenderung lebih objektif dalam memprediksi masa depan dengan akurat menggunakan data-data dari perusahaan. Model kuantitatif memiliki metode atau model yang lebih kompleks.


Ternyata data science berperan sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan bisnis ya Sahabat DQ? Inilah mengapa kebutuhan praktisi data semakin meningkat. Semakin tertarik untuk ikut berkontribusi menyelesaikan permasalahan bisnis di suatu perusahaan dengan kemampuan data science? Yuk, segera persiapkan diri kalian dengan belajar melalui DQLab. 


Siapa pun bisa menjadi praktisi data bersama DQLab. Modul pembelajarannya didesain untuk pemula yang tidak memiliki dasar pemrograman atau pemahaman statistika. Selain itu dilengkapi dengan studi kasus yang memperluas gambaran kalian terkait permasalahan nyata di dunia kerja. Lebih menarik lagi, tersedia Live Code Editor sehingga praktis tanpa aplikasi untuk praktik coding kalian. Tunggu apalagi, daftarkan diri kalian dengan Sign Up di DQLab!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login