GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 12 Menit 41 Detik 

4 Tips & Trik Memulai Karir Menjadi Data Scientist Andal

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/19f621077ac6c7bb8a7449d466baf2bd_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist adalah profesi data yang sedang naik daun saat ini. Tidak hanya menarik orang-orang berlatar belakang IT, namun juga dari non IT. Data Scientist memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan. Alasannya adalah karena saat ini berbagai jenis perusahaan menghasilkan data lebih banyak dari sebelumnya. Setiap harinya mereka mengumpulkan data yang berlimpah dimana jika data ini tidak diolah dan diatur, maka data yang berharga ini akan terbuang sia-sia dan perusahaan kesulitan dalam mengimprove bisnisnya.


Bicara tentang profesi Data Scientist, pada dasarnya semua orang bisa berkarir di bidang data ini. Tinggal bagaimana tingkat kesulitan yang dihadapi oleh masing-masing orang. Tingkat kesulitan belajar Data Science umumnya bergantung dari latar belakang pendidikan kamu. Jika latar belakang pendidikanmu di bidang IT atau Matematika, tentu tingkat kesulitan belajarnya tidak terlalu tinggi.


Namun hal ini tidak dapat menjadi tolak ukur yang mutlak ya, teman-teman. Karena semua orang bisa mempelajari Data Science asalkan mempunyai niat dan semangat untuk belajar.


Meskipun semua orang bisa mempelajari Data Science, kenyataannya tidak sedikit yang masih bingung harus memulai belajar dari mana dan apa saja langkah-langkah memulai belajar Data Science otodidak. Pada artikel ini, DQLab akan berbagi mengenai tips dan trik yang akan mengantarkan kamu untuk berhasil berkarir menjadi Data Scientist. Yuk simak penjelasannya!


1. Tingkatkan Skill dan Bahasa Pemrograman Data Scientist

data scientist

Dengan mempelajari skill set Data Scientist maka kamu menjadi selangkah lebih maju daripada kandidat lainnya.

  • Pertama, kamu bisa mempelajari ilmu statistika dan pelajari satu dua software statistik seperti SPSS atau Minitab. Dengan begitu kamu akan mengetahui banyak hal, dari jenis-jenis data, variabel, sampai teknik-teknik pemodelan data.

  • Baru setelah itu pelajari Data Mining. Dengan mempelajari Data Mining, kamu akan mengenal model-model Machine Learning sebagai subset dari Artificial Intelligence.

  • Selanjutnya, belajar programming. Karena programming sangat banyak manfaatnya, seperti scraping (jika kamu mengambil dari internet), wrangling (untuk merapikan data) dan tentu saja untuk pemodelan.

  • Selain itu, pelajari juga teknik story telling dan visualisasi karena kamu harus menampilkan dan menceritakan hasil analisis datamu.


Untuk menjadi Data Scientist sendiri, beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai meliputi SQL, Python dan R. SQL adalah bahasa pemrograman yang berkaitan dengan database. Penting bagi Data Scientist untuk memahami SQL agar mampu menemukan data yang dibutuhkan dalam proses selanjutnya, yakni analisis.


Selanjutnya, Python dan R adalah bahasa pemrograman dan software untuk pengolahan data, termasuk analisis statistik dan grafik. Kedua hal ini wajib dikuasai seorang Data Scientist, terlebih untuk membaca dan membuat visualisasi data.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mampu Bekerja Sama dan Berkolaborasi dengan Semua Tim

data scientist

Untuk bisa menghasilkan analisis data yang tepat, seorang Data Scientist harus bisa melakukan kolaborasi yang baik dengan divisi lain dalam perusahaan. Misalnya, jika bagian pemasaran membutuhkan analisis untuk data soal pemasaran hingga consumer behaviour, seorang Data Scientist harus bisa memahami kemudian menganalisis permintaan tersebut. Untuk bisa menghasilkan analisis yang tepat, kerja sama tim dan kolaborasi yang baik mempengaruhi keberhasilan tersebut.


3. Bangun Portofolio dan Pamerkan Keterampilan Data Sciencemu

data scientist

Dalam perjalanan kamu bereksperimen dengan data, tentunya kamu sudah bisa menghasilkan wawasan dari data mentah yang diambil. Buatlah portofolio yang menarik dan manfaatkan berbagai platform online yang bisa digunakan untuk professional branding seperti LinkedIn, Medium, profil di job portal dan berbagai website. Tidak hanya itu, kamu bisa mempromosikan dirimu melalui media sosial sebagai seorang Data Scientist profesional.


Dalam hal ini, kamu bisa membangun portofolio untuk menceritakan dan mendokumentasi proses-proses yang kamu lakukan dari pengumpulan data, pembersihan data, pembuatan model, membangun algoritma Machine Learning, hingga akhirnya mendapatkan hasil wawasan yang dapat membantu bisnis semakin berkembang.


Dengan mengikuti kursus Data Science, biasanya kamu juga akan membuat proyek akhir yang bisa dijadikan portofoliomu saat mencari kerja di kemudian hari.


4. Belajar Otodidak dengan Kursus Data Scientist

Jika ingin memulai merintis karir menjadi Data Scientist, kamu tidak diwajibkan untuk mengikuti sekolah formal dalam jangka waktu tertentu. Apalagi saat ini, di internet sudah banyak kesempatan bagi semua orang untuk mempelajari berbagai hal. Jika pandai memanfaatkannya, kamu akan mendapatkan keuntungan. Salah satunya, mempelajari Data Science secara otodidak. Ada banyak situs yang menyediakan informasi lengkap seputar materi ini. Belajar dengan metode apa saja, selama kamu menyukai subject yang dipelajari, akan lebih menyenangkan dan gampang untuk dilakukan!


Seperti contoh, saat ini ada banyak sekali kursus online yang bisa kamu ikuti dengan beragam harga dan juga pilihan program belajar. Kursus online ini tentunya merupakan metode belajar yang efektif dan efisien karena bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun. Ada banyak macam kursus gratis yang bisa kamu ikuti. Nah, bagi kamu yang lebih menyukai kursus dalam bahasa Indonesia, kamu bisa mengikuti kursus salah satunya adalah kursus Data Science yang disediakan oleh DQLab.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Jangan malas belajar jika ingin menjadi Data Scientist. Seperti yang kita tahu kemajuan teknologi sekarang sangatlah cepat. Sehingga praktisi data seperti Data Scientist harus terus upgrade ilmu dan tools untuk melakukan pengolahan data yang lebih baik dan mampu membangun algoritma Machine Learning yang lebih canggih.


Seperti yang disebutkan di atas, belajar skill Data Scientist secara intensif bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus Data Science di DQLab. Dengan mendaftar di DQLab.id kamu akan mendapatkan akses modul yang fokus pada skill yang dibutuhkan Data Scientist bersama mentor data profesional serta kesempatan berkarir sebagai Data Scientist. Yuk, belajar data bareng DQLab!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :