FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 17 Menit 58 Detik 

4 Tools Data Scientist untuk Menunjang Karir

Belajar Data Science di Rumah 24-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/29d4ea17941e15b55197e9042440bf04_x_Thumbnail800.jpeg

Salah satu kesalahan yang sampai hari ini masih ada dan sering dilakukan oleh banyak orang adalah menguasai wawasan dan juga keterampilan data science, tetapi tidak memiliki sebuah portofolio. Padahal, portofolio bagi seorang data scientist sangat diperlukan untuk menjadi sebuah bukti bahwa keterampilan yang kalian miliki dapat menjadi prospek kontribusi bagi perusahaan. Jadi dengan memiliki portofolio, kalian dapat menunjukkan kemampuan kalian dalam mengemban tanggung jawab praktis dalam peran sebagai data scientist.


Keberadaan portofolio merupakan penguat keahlian yang akan membantu kalian dalam meraih pekerjaan tersebut. Selain memberikan sebuah peluang satu tingkat lebih jauh, pengerjaan portofolio ini juga bisa menjadi sebuah ajang yang mendukung pembelajaran pada bidang data science. Nah, kali ini kita akan membahas pilihan apa saja yang bisa kalian buat untuk menjadi portofolio kalian.


1. Data Storytelling

Proyek portofolio yang pertama adalah data storytelling. Jadi proyek yang satu ini dapat mendemonstrasikan kemampuan kalian dalam melakukan sebuah ekstraksi insight data dan diperlihatkan kepada orang lain. Hal ini dapat memiliki dampak yang cukup besar bagi kemajuan bisnis sebuah perusahaan. Dalam proyek ini dapat melibatkan pengambilan sebuah dataset lalu kemudian menceritakan narasi kita lewat dalam materi kita. 


Cara membuatnya adalah dengan menemukan dataset yang menarik, kalian dapat memilih salah satu yang paling relevan dan juga menarik bagi para pembaca. Selanjutnya kalian dapat menuliskan narasi kalian yang menarik dengan berdasarkan hasil eksplorasi yang sudah dilakukan. Terakhir adalah kalian dapat mempresentasikan hasil tersebut menggunakan notebook jupyter atau kalian dapat menggunakan R Markdown untuk melakukan analisis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Machine Learning

Salah satu keterampilan yang dapat meningkatkan peluang kalian untuk mendapatkan pekerjaan di dunia data science adalah memiliki keahlian dan kelancaran mengerjakan machine learning. Sebelumnya kalian dapat mempelajari dasar-dasar machine learning terlebih dahulu. Karena, terkadang masih ditemui pemula adalah melewatkan ilmu-ilmu dasar yang dapat menguatkan pembelajaran pada tahap berikutnya. Di dalam aspek machine learning, pastikan kalian mengerjakan proyek portofolio yang mencakup materi materi yang dasar seperti regression, algoritma, dan juga clustering.


3. Data Cleaning

Selanjutnya kalian dapat membuat portofolio data science dalam bidang data cleaning. Jadi kalian dapat menunjukkan bahwa kalian dapat mengambil dan memahami sekumpulan data yang berbeda. Hal ini akan dilakukan oleh sebagian besar data scientist dan menunjukkan kepada perekrut bahwa mereka mempunyai keterampilan. Dalam proyek ini akan melibatkan data yang tidak teratur untuk mendapatkan eksekusi data cleaning dan proses analisis yang baik. Selain itu, proyek ini dapat membuktikan bahwa kalian memiliki kemampuan penalaran mengenai data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Data Collection

Selanjutnya adalah data collection. Data collection adalah salah satu keterampilan esensial di bidang data science. Di dunia kerja, peran seorang data scientist akan melibatkan data collection dan data cleaning melalui bahasa pemrograman python. Setelah kalian memahami kebutuhan bisnis dalam membangun proyek, kalian perlu yang namanya akses untuk menuju data yang relevan di internet. Hal ini dapat kalian lakukan dengan menggunakan API atau Web scraper. Selanjutnya, data yang melewati proses cleaning akan disimpan dalam data frame menuju format input model machine learning. Aspek ini dapat memakan waktu yang cukup lama sehingga harus dikuasai dengan sebaik mungkin.


DQLab juga menyediakan beberapa macam modul pembelajaran secara gratis loh, jadi untuk kalian para pemula kalian bisa mencoba mempraktekannya secara langsung. Sehingga kalian akan memiliki beberapa gambaran umum bagaimana cara belajar di DQLab ini.


Data Scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :