FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 47 Menit 43 Detik 

4 Tools yang Bisa Percantik Visualisasi Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/67185bdd3ca9585100b70ce194c4a653_x_Thumbnail800.jpeg

Pada saat menyelesaikan proses analisis data, terdapat langkah lain yang perlu dilakukan yaitu membuat visualisasi data. Visualisasi data ini merupakan suatu upaya merepresentasikan hasil analisis data yang ditampilkan dalam bentuk visual yang menarik seperti diagram, grafik, dll. Untuk memudahkan dalam proses visualisasi data, kalian perlu menggunakan tools data analyst visualisasi data yang dapat kalian pilih sesuai kebutuhan. Masing-masing tools tentunya memiliki kelebihan, kekurangan, serta fungsi yang beragam.


Terdapat berbagai jenis visualisasi data yang dapat digunakan dengan mudah bahkan dari para pemula. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pada saat kita akan mengerjakan proses visualisasi akan tetapi grafik atau diagram yang diinginkan tidak muncul outputnya. Jika hal tersebut terjadi, ada beberapa faktor penyebabnya seperti kesalahan input data, elemen yang tidak tersedia di tools, maupun kesalahan kecil lainnya. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui dan memahami tools analisis data dengan baik. Yuk langsung saja simak artikel berikut ini untuk mengetahui tools analisis data apa saja yang biasa digunakan data analyst!


1. Tableau

Tableau adalah salah satu tools visualisasi data yang sudah populer di kalangan para data analyst. Tableau pertama kali diciptakan pada tahun 1999-2002. Tools ini dapat menampilkan berbagai fitur menarik seperti dashboard, scorecards, ad hoc analysis and queries. Terdapat beberapa fungsi Tableau yang dapat dimanfaatkan antara lain untuk memvisualisasikan data agar mudah dimengerti, dapat mengimpor data dalam berbagai ukuran, dapat memvisualisasikan data tanpa memerlukan proses coding. Kelebihan tools Tableau ini adalah memberikan visualisasi data yang menarik,tidak melupakan detail, mudah digunakan, memproses data dari berbagai sumber.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Plotly

Tools visualisasi data analyst selanjutnya adalah Plotly. Tools ini bersifat open source dan bersifat interaktif serta berbasis website loh. Plotly seringkali digunakan untuk membuat grafis interaktif yang rumit. Kelebihan dari tools ini adalah dapat membuat visualisasi multi grafis ketika membandingkan berbagai dataset. Perlu diketahui juga bahwa Plotly ini dibangun melalui library visualisasi d3.js. Selain itu, Plotly juga dapat digunakan dalam mode online, offline maupun pada notebook jupyter.

Data Analyst


3. Google Data Studio

Google Data Studio merupakan sebuah tools visualisasi data bagian dari Google tools yang sering digunakan untuk menampilkan data agar lebih mudah dibaca. Walau demikian kalian tidak perlu khawatir karena tools ini tidak hanya dapat digunakan di Google saja, melainkan dapat dihubungkan dengan berbagai platform seperti website maupun layanan lainnya. Google Data Studio memiliki beberapa keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu opsi widget yang lengkap, sumber data yang luas, mudah dibagikan, laporan yang mudah dibaca dan interaktif serta tersedia template gratis.


Data Analyst


4. Power BI

Power BI adalah salah satu tools yang sering hadir dalam proses visualisasi data. Software ini seringkali digunakan untuk menggabungkan, menganalisis, membagikan serta visualisasi data. Terdapat hal-hal yang menarik dari Power BI yaitu dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi analisis data yang sudah sering digunakan para praktisi data. Pada dasarnya software ini bersifat gratis namun fitur yang tersedia sangat terbatas. Jika kalian ingin mendapatkan lebih banyak fitur, terdapat beberapa pilihan paket yang dapat digunakan yaitu seperti Power BI Pro dan Power BI Premium.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Visualisasi data merupakan suatu cara untuk menampilkan hasil analisis data agar lebih menarik dan mudah dipahami. Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi para pemula yang masih belum terlalu mengerti mengenai data. Nah, kalian bisa mempelajari visualisasi data dari dasar di DQLab


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :