JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
1 Hari 12 Jam 25 Menit 18 Detik

4 Trik Urutkan Data Otomatis dengan Microsoft Excel

Belajar Data Science di Rumah 20-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2023-10-20-183849_x_Thumbnail800.jpg

Pernahkah kamu sebel dengan data yang tidak urut dalam satu sheet Excel? Data yang tidak urut bakal menjadi indikasi missing value loh, sahabat DQLab. Alasan ini karena data yang tidak urut akan tersebar secara acak atau tidak beraturan.


Selain itu, data yang tidak urut juga menjadi penyebab inkonsistensi suatu data. Dengan adanya data yang berantakan ini membuat kita sulit menemukan informasi tertentu. Padahal, tujuannya kita ingin mendapatkan insight yang bermanfaat bagi pengambil keputusan.


Kalau datanya saja tidak urut terus bagaimana dong? Salah satu caranya adalah harus diurutkan terlebih dahulu agar konsisten


Faktanya, Excel bisa mengurutkan data secara otomatis tanpa perlu repot. Simple banget bikinnya! Jika selama ini kamu tahu bahwa mengurutkan data hanya perlu drag ke bawah, memang tidak salah. Tapi, di artikel DQLab kali ini, kamu tidak hanya mendapatkan tips mengurutkan data dengan Excel hanya drag ke bawah aja loh.


Ada beberapa cara lain yang bisa kamu praktekkan untuk mengurutkan data secara langsung. Pastinya anti mainstream dan mungkin belum banyak yang tahu juga cara ini. Penasaran cara mengurutkannya gimana? Langsung aja yuk simak artikelnya berikut ini!


1. Mengurutkan Data dengan Drag-Down

Cara pertama untuk mengurutkan data adalah drag-down. Cara ini pastinya kamu sudah familiar bukan. Selain tidak ribet, membuat nomor urut dengan drag ini juga tidak perlu susah untuk memasukkan angka satu persatu. Kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut kalau kamu lupa dengan cara ini

  • Buka Microsoft Excel

  • Buat dokumen baru atau kamu bisa gunakan sheet Excel sebelumnya

  • Tentukan baris mana yang ingin kamu berikan nomor

  • Klik cell pada nomor urut pertama. Ketikkan mulai angka 1.

Excel

  • Lanjutkan dibawahnya sesuai urutan. Ketikkan angka 2

  • Blok kedua cell tersebut, ketik icon persegi berwarna hitam di pojok kanan setelah hasil blok

Excel

  • Ketuk tahan dan seret ke bawah sesuai dengan jumlah urut yang kamu inginkan. Lepaskan kursor, nomor urut secara otomatis tersetting

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Urut Data Sederhana

Cara kedua ini ada yang pakai, ada juga yang tidak. Kita bisa menggunakan rumus sederhana ini untuk mengurutkan data. Jadi prinsipnya adalah kita merujuk pada satu cell kemudian ditambahkan dengan 1. Cara ini sama dengan nomor selanjutnya.


Kemudian blok seperti cara pertama, tarik kebawah untuk menghasilkan nomor urut lainnya. Yuk kita praktikkan bareng-bareng!

  • Buka Microsoft Excel

  • Buat dokumen baru atau bisa menggunakan dokumen yang sudah dibuat sebelumnya

  • Tentukan baris tabel sebagai tempat nomor urut.

  • Klik cell pertama (cell C2) sebagai nomor urut awal. Dimulai dengan angka 1

Excel

  • Klik cell dibawahnya. Kemudian tuliskan rumus =(cell atasnya) + 1. Lalu klik Enter. Contoh =C2+1, =C2+2, dst.

Excel

  • Setelah muncul angka 2 dan seterusnya, kamu blok cell tersebut

  • Tarik dan tahan icon persegi tersebut ke bawah untuk menampilkan nomor urut

Excel


3. Rumus Sequence

Rumus lainnya yang tidak kalah dengan rumus pertama dan kedua adalah rumus Sequence. Kurang lebih fungsinya sama kok. Namun, rumus ini jauh lebih mudah apalagi dengan jumlah data yang lebih besar. Caranya cukup ketikkan rumus sebagai berikut:

=sequence(jumlah nomor urut)


Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka file Excel

  • Klik cell yang dituju untuk dijadikan sebagai baris nomor urut

  • Xontoh kamu ingin membuat nomor urut dari nomor 1 sampai 1000. Langsung saja tinggal ketik =sequence(1000). Kemudian klik Enter. 

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Rumus Sequence Acak

Perbedaan dari rumus ketiga adalah jika rumus sequence biasa tentunya kamu langsung menentukan berapakah jumlah angka yang ditentukan dalam mengurutkan nomor. Namun berbeda dengan sequence acak yang mana kita bisa menentukan berdasarkan kelipatan angka yang diinginkan.


Berikut adalah langkah-langkahya:

  • Buka file Excel

  • Klik salah satu cell yang dijadikan sebagai baris nomor urut.

  • Ketikkan rumus =sequence(1000,10,5,30). Misalnya dimulai dari nomor 10, kelipatan 5, kelipatan 30, kelipatan 60, dan lain-lain sampai nomor urut paling akhir yaitu 1000. 

Excel

Sumber Gambar: Kompiwin


Wah, ternyata keren juga ya mengurutkan data tidak perlu ribet di satu teknik aja. Buktinya, teknik lain juga bisa kamu praktikkan loh sahabat DQ. Penasaran apalagi fungsi lanjutan lainnya yang ada di Excel? Kalian bisa mulai belajar di DQLab.

Excel


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login