Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Tutorial Gampang untuk Menjalankan Skrip Python

Belajar Data Science di Rumah 17-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2024-04-22-064500_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan kuat dalam beberapa dekade terakhir. Kehadirannya yang dominan telah meluas dari pengembangan web hingga artificial intelligence, menjadi bukti fleksibilitas dan keunggulan teknisnya di berbagai bidang. Salah satu daya tarik utama Python adalah kesederhanaannya dalam menulis dan menjalankan skrip. 


Dengan sintaksis yang bersahabat dan mudah dipahami, bahasa ini membantu users untuk fokus pada logika aplikasi daripada terjebak dalam kompleksitas sintaksis. Kemampuan untuk menulis kode yang mudah dibaca dan dimengerti tidak hanya mempercepat proses pengembangan, tetapi juga memfasilitasi kolaborasi antar tim pengembang. Karena fleksibilitasnya, Python telah menjadi pilihan utama untuk berbagai macam proyek.


Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menjalankan skrip Python. Pada artikel kali ini, DQLab telah merangkum empat tutorial mudah untuk menjalankan skrip Python. Penasaran bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama!


1. Menjalankan Skrip Python di Command Line (CLI)

Salah satu cara termudah untuk menjalankan skrip Python adalah melalui command line interface (CLI). Pertama, pastikan Python sudah terpasang di sistem kita. Kemudian, buka terminal atau command prompt, lalu navigasikan ke direktori tempat skrip Python disimpan menggunakan perintah ‘cd’. Setelah itu, jalankan skrip dengan perintah python nama_skrip.py. Misalnya, jika skrip disimpan dengan nama hello.py, kita dapat menjalankannya dengan mengetik python hello.py di CLI.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menjalankan Skrip Python di Lingkungan Pengembangan (IDE)

Lingkungan Pengembangan Terpadu (IDE) seperti PyCharm, VSCode, atau IDLE menyediakan lingkungan yang nyaman untuk menulis dan menjalankan skrip Python. Mulailah dengan membuka IDE pilihan kita dan buat skrip Python baru atau buka yang sudah ada. Kemudian, cukup klik tombol "Run" di IDE, atau gunakan kombinasi tombol pintas yang biasanya Ctrl + Shift + F10 di PyCharm atau Ctrl + Enter di IDLE. IDE akan menjalankan skrip dan menampilkan output di console.


3. Menjalankan Skrip Python dalam Jupyter Notebook

Jupyter Notebook adalah alat yang populer dalam ilmu data dan penelitian ilmiah, di mana kita dapat menulis kode Python dalam sel-sel yang dapat dieksekusi secara independen. Untuk memulai, buka Jupyter Notebook di browser dengan menjalankan perintah jupyter notebook di terminal atau command prompt.


Setelah notebook terbuka, buat sel baru dengan mengklik tombol + atau menggunakan pintasan keyboard. Tuliskan skrip Python di dalam sel dan jalankan dengan menekan Shift + Enter. Output akan ditampilkan di bawah sel.

Artificial Intelligence


4. Menjalankan Skrip Python dalam Lingkungan Cloud (Colab, Repl.it, dll.)

Ada berbagai platform cloud seperti Google Colab atau Repl.it yang memungkinkan kita menulis dan menjalankan skrip Python secara online tanpa perlu menginstal Python secara lokal. Cukup buka platform yang dipilih, buat atau unggah skrip Python kita, lalu jalankan. Platform akan menyediakan lingkungan yang siap pakai dengan semua dependensi yang diperlukan, sehingga kita dapat langsung mulai menjalankan skrip.

Artificial Intelligence


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Dengan tutorial-tutorial ini, kita sekarang memiliki berbagai opsi untuk menjalankan skrip Python sesuai kebutuhan. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi atau situasi proyek, dan mulailah mengeksekusi kode Python dengan mudah dan efisien.


Yuk belajar Python dengan modul dari DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login