2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 37 Menit 2 Detik

4 Tutorial Mudah Hapus Elemen dalam Python

Belajar Data Science di Rumah 24-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-01-2024-04-24-152647_x_Thumbnail800.jpg

Python telah menjadi ‘tulang punggung’ dalam berbagai industri dan aplikasi. Mulai dari pengembangan web dengan kerangka kerja seperti Django dan Flask, hingga analisis data dan artificial intelligence dengan library seperti NumPy, Pandas, dan TensorFlow, Python menawarkan tools yang powerful untuk memenuhi berbagai kebutuhan project. Dalam mengerjakan project dengan Python, seringkali kita dihadapkan pada tugas yang melibatkan penghapusan elemen-elemen tertentu dari struktur data seperti daftar (list), set, atau kamus (dictionary).


Python, dengan kekayaan dan fleksibilitasnya dalam menangani berbagai jenis struktur data, menyediakan berbagai metode dan teknik untuk menghapus elemen-elemen yang tidak diinginkan. Mulai dari pendekatan sederhana hingga metode yang lebih canggih. Proses penghapusan elemen-elemen ini akan membantu users Python untuk menyempurnakan data mereka sesuai dengan kebutuhan project.


Ada berbagai cara untuk menghapus elemen dalam Python. Berikut ini adalah empat tutorial mudah untuk menghapus elemen dalam Python ala DQLab.


1. Menghapus Elemen dari Daftar (List)

Untuk menghapus elemen dari daftar, Python menyediakan beberapa metode. Salah satunya adalah menggunakan metode remove() jika kita tahu nilai elemen yang ingin dihapus. Contohnya sebagai berikut:


Python



Jika kita ingin menghapus elemen berdasarkan indeksnya, kita dapat menggunakan perintah del.


Python



Atau menggunakan metode pop() untuk menghapus elemen berdasarkan indeks dan mengembalikan nilainya.


Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menghapus Elemen dari Set

Set dalam Python adalah koleksi elemen-elemen unik. Kita dapat menghapus elemen dari set dengan menggunakan metode remove() atau discard(). Contohnya ada di gambar berikut:


Python



Perbedaan antara remove() dan discard() adalah jika elemen yang ingin dihapus tidak ada dalam set, remove() akan menghasilkan KeyError sedangkan discard() tidak akan memunculkan kesalahan.


3. Menghapus Elemen dari Kamus (Dictionary)

Dalam kamus Python, elemen-elemen dihapus menggunakan pernyataan del atau metode pop(). Contohnya ada pada gambar di bawah.


Python



Metode pop() juga dapat digunakan untuk menghapus elemen berdasarkan kuncinya dan mengembalikan nilainya.


Python



4. Menghapus Elemen dengan Kondisi (List Comprehension)

Kadang-kadang kita perlu menghapus elemen-elemen tertentu dari daftar berdasarkan kondisi tertentu. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan list comprehension. Misalnya, untuk menghapus semua bilangan genap dari daftar seperti contoh di bawah ini:


Python




Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Dengan tutorial-tutorial di atas, kita memiliki pengetahuan dasar tentang cara menghapus elemen dari berbagai struktur data dalam Python. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita dalam mengerjakan project menggunakan Python.


Selain contoh di atas, ada berbagai project yang bisa kita kerjakan dengan Python. Yuk perdalam pemahaman Python kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login