PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 42 Menit 20 Detik

4 Tutorial Portofolio Data Science Anti Mainstream

Belajar Data Science di Rumah 14-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-05-2024-02-15-152015_x_Thumbnail800.jpg

Memiliki portofolio yang kuat adalah kunci untuk menonjol di pasar kerja yang kompetitif dalam bidang Data Science. Portofolio tidak hanya menunjukkan kemampuan teknis seseorang, tetapi juga memberikan bukti konkret tentang pengalaman dan kemampuan analisis yang dimiliki. Sebuah portofolio data science yang baik biasanya mencakup proyek-proyek yang mencerminkan berbagai keterampilan dan keahlian, seperti pemrosesan data, analisis eksploratif, pemodelan prediktif, visualisasi data, dan pemahaman bisnis. 


Menambahkan proyek-proyek yang memperlihatkan pemahaman mendalam tentang domain atau industri tertentu juga dapat meningkatkan nilai dari portofolio tersebut. Semakin bervariasi dan relevan proyek-proyek dalam portofolio, semakin baik kesan yang dibuat kepada recruiter atau klien potensial. Dengan memiliki portofolio yang kuat, seorang praktisi Data Science dapat menunjukkan kompetensinya secara nyata dan meningkatkan peluangnya untuk sukses di pasar kerja yang kompetitif.


Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas empat cara membangun portofolio data science yang dapat menarik hati users dan recruiter. Penasaran? Yuk simak dan catat poin pentingnya!


1. Proyek-proyek Pribadi

Salah satu cara terbaik untuk membangun portofolio data science adalah dengan mengerjakan proyek-proyek pribadi yang menarik. Pilihlah topik atau masalah yang  diminati, lalu kumpulkan dan analisis data terkait menggunakan alat dan teknik yang telah  dipelajari. Beberapa ide proyek pribadi yang populer meliputi analisis data tentang tren kesehatan, prediksi harga saham, atau pembuatan model prediksi cuaca.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Kontes Kaggle

Data Science

Kaggle adalah platform online yang menyediakan berbagai macam tantangan dan kompetisi data science. Agar mendapatkan experience yang berbeda, kita dapat bergabung dengan kontes-kontes Kaggle untuk memecahkan masalah nyata yang diajukan oleh perusahaan atau institusi terkenal. Dengan berpartisipasi dalam kontes ini, kita akan memiliki kesempatan untuk menguji keterampilan kita dalam menangani dataset yang besar dan beragam, serta bersaing dengan para profesional data science terbaik di seluruh dunia.


3. Kontribusi Terhadap Proyek Open Source

Berpartisipasi dalam proyek open source adalah cara yang sangat baik untuk membangun portofolio data science sambil berkontribusi pada komunitas. Kita dapat memilih proyek-proyek yang relevan dengan minat dan keahlian, lalu cari tahu bagaimana kita dapat membantu meningkatkan atau memperbaiki kode, dokumentasi, atau fitur-fitur lainnya. Hal ini tidak hanya akan memperluas pengalaman kita dalam pengembangan software, tetapi juga menunjukkan kemampuan kolaborasi dan keterlibatan kita dalam komunitas.


4. Portofolio Online

Data Science

Buatlah portofolio online yang menampilkan proyek-proyek data science secara terstruktur dan menarik. Kita dapat menggunakan platform seperti GitHub Pages, Medium, atau LinkedIn untuk membuat dan membagikan portofolio kepada dunia. Pastikan untuk menyertakan deskripsi yang jelas tentang setiap proyek, langkah-langkah yang diambil, serta hasil dan temuan yang didapatkan. Ini akan membantu calon perekrut atau klien untuk memahami kemampuan dan minat kita dalam bidang data science.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Membangun portofolio data science yang kuat memerlukan dedikasi, kreativitas, dan kerja keras. Dengan mengikuti empat cara di atas, yaitu dengan mengerjakan proyek-proyek pribadi, berpartisipasi dalam kontes Kaggle, berkontribusi pada proyek open source, dan membuat portofolio online, kita dapat membuat portofolio yang menonjol dan meningkatkan peluang kita untuk sukses dalam karir data science.


Yuk bangun portfolio data science kamu dengan mengerjakan berbagai project dari DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login