SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 45 Menit 56 Detik

5 Materi Wajib MySQL untuk Pelatihan Employee

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-06-2024-06-04-212709_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital seperti sekarang, perusahaan perlu mengikuti perkembangan teknologi dan memastikan karyawannya juga semakin terlatih untuk menggunakan teknologi penunjang untuk meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu tools yang cocok dipelajari oleh karyawan di tahap pemula adalah MySQL. Secara sederhana, tools ini akan membantu karyawan untuk mengelola database dengan lebih efisien dan efektif.


Apa saja manfaat yang diperoleh dengan menyelenggarakan pelatihan tersebut? Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut manfaat pelatihan MySQL, khususnya bagi karyawan dan perusahaan secara menyeluruh. Diberikan juga rekomendasi layanan terbaik yang bisa kalian andalkan untuk menyelenggarakan pelatihan tersebut. Langsung, cari tahu pada pembahasan berikut yuk!


1. Pengantar MySQL dan Cara Install

Materi pengantar MySQL mencakup pemahaman dasar mengenai sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang banyak digunakan di berbagai industri. MySQL dikenal karena cepat, andal, dan mudah digunakan sehingga tidak heran menjadi pilihan populer untuk berbagai aplikasi, mulai dari situs web sederhana hingga aplikasi perusahaan besar. MySQL juga mendukung berbagai bahasa pemrograman dan dapat diintegrasikan dengan banyak platform perangkat lunak.


Untuk menginstal MySQL, pertama unduh paket instalasi yang sesuai dari situs resmi MySQL. Setelah selesai, jalankan installer dan ikuti petunjuk yang muncul di layar, termasuk memilih jenis instalasi (Developer Default, Server only, dll.), menetapkan kata sandi root, dan mengkonfigurasi opsi keamanan dasar. 


Setelah instalasi selesai, penting untuk melakukan konfigurasi awal seperti mengubah pengaturan default di file konfigurasi (my.cnf atau my.ini), mengamankan instalasi dengan menjalankan mysql_secure_installation, dan memastikan layanan MySQL berjalan dengan baik. Konfigurasi ini mencakup pengaturan jaringan, manajemen pengguna, dan juga hak akses.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Dasar-dasar SQL

Dasar-dasar SQL (Structured Query Language) melibatkan pemahaman tentang sintaks dasar dan perintah-perintah penting yang digunakan. Pada tahap awal, peserta pelatihan akan mempelajari perintah-perintah dasar seperti SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.


Perintah SELECT digunakan untuk mengambil data dari tabel, INSERT digunakan untuk menambahkan data baru. Perintah UPDATE digunakan untuk memperbarui data yang sudah ada, dan DELETE digunakan untuk menghapus data dari tabel. Selain itu, peserta juga akan belajar tentang penggunaan WHERE clause untuk memfilter data berdasarkan kondisi tertentu, yang sangat penting untuk mendapatkan data yang spesifik dari basis data.


3. Teknik Pengambilan Data Lanjutan

Selain manipulasi data dasar, peserta juga akan mempelajari teknik pengambilan data lanjutan menggunakan perintah SELECT. Mereka akan memahami cara mengambil data yang kompleks dengan menggunakan berbagai klausa dan fungsi agregat. Misalnya, penggunaan JOIN termasuk INNER JOIN, LEFT JOIN, RIGHT JOIN, dan FULL JOIN untuk menggabungkan data dari beberapa tabel berdasarkan relasi tertentu.


Teknik-teknik ini memungkinkan peserta untuk mengekstrak informasi yang lebih bermakna dari database. Peserta juga akan mempelajari cara menggunakan klausa GROUP BY dan HAVING untuk mengelompokkan data dan menerapkan kondisi pada grup data tersebut. Selain itu, mereka akan belajar tentang penggunaan subquery dan fungsi agregat seperti COUNT, SUM, AVG, MIN, dan MAX untuk melakukan analisis data yang lebih mendalam.


4. Pengelolaan Database dan Tabel

Materi ini mencakup operasi dasar pada tabel, termasuk membuat, mengubah, dan menghapus tabel. Peserta akan mempelajari cara menggunakan perintah CREATE TABLE untuk membuat tabel baru dengan berbagai tipe data dan kolom. Mereka juga akan belajar tentang perintah ALTER TABLE yang digunakan untuk mengubah struktur tabel yang sudah ada, seperti menambah atau menghapus kolom, serta mengubah tipe data kolom.


Selain itu, perintah DROP TABLE akan diajarkan untuk menghapus tabel dari basis data. Pemahaman tentang operasi-operasi ini sangat penting karena tabel merupakan elemen fundamental dalam basis data relasional, dan kemampuan untuk memanipulasi tabel secara efektif adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pengguna SQL.


5. Keamanan MySQL

Pada bagian ini, peserta pelatihan akan mempelajari cara membuat dan mengelola user dengan perintah CREATE USER dan DROP USER. Selain itu, mereka akan belajar cara memberikan dan mencabut hak akses menggunakan perintah GRANT dan REVOKE.


Hak akses ini dapat mencakup izin untuk membaca data (SELECT), menambah data (INSERT), mengubah data (UPDATE), dan menghapus data (DELETE). Memahami cara mengelola hak akses pengguna diperlukan supaya hanya user yang berwenang yang dapat melakukan tindakan tertentu pada database, sehingga dapat mencegah akses tidak sah dan menjaga integritas data.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Lantas bagaimana cara yang tepat untuk memulai pelatihan kepada karyawan? DQLab hadir memberi solusi bagi bisnis kalian. DQLab memiliki program Corporate Service yang akan membantu perusahaan meningkatkan kemampuan digital. 

SQL


Tidak hanya belajar manajemen data menggunakan aplikasi seperti MySQL atau SQL Server, tetapi kalian akan mendapatkan berbagai layanan seperti:

  • Konsultasi gratis untuk service yang tepat sesuai kondisi perusahaan

  • Pengembangan Action Plans yang sesuai dengan output yang diinginkan perusahaan

  • Solusi pelatihan atau layanan yang membantu pengembangan kemampuan karyawan


DQLab menjadi pihak yang dapat dipercaya karena telah berpengalaman menjadi partner di perusahaan-perusahaan besar dan membantu mereka berkembang di era digital. Menariknya lagi, DQLab juga menggandeng pihak ternama untuk meningkatkan potensi karyawan di bidang teknologi. Yuk, segera konsultasikan layanan yang kalian butuhkan dengan corporate training DQLab atau untuk perdalam SQL mu ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login