3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 8 Menit 5 Detik

5 Peran Penting Data Scientist Cegah SQL Injection

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-06-2023-12-08-112407_x_Thumbnail800.jpg

Keamanan data menjadi semakin krusial dalam dunia digital yang terus berkembang, terutama dengan meningkatnya serangan siber yang kompleks. Salah satu ancaman utama yang perlu diatasi adalah SQL Injection. SQL Injection merupakan salah satu ancaman di tengah perkembangan teknologi digital yang sedang masif terjadi.


Perkembangan teknologi digital memang memberikan dampak positif, karena bisa mempermudah banyak pekerjaan manusia. Namun tidak bisa dipungkiri, setiap keuntungan pasti akan datang dengan serangkaian kerugian lainnya. Termasuk adanya kejahatan yang bisa dilakukan melalui internet saja.


Dalam artikel ini, kita akan membahas peran penting data scientist dalam menganalisis potensi celah keamanan dan melindungi data dari serangan SQL Injection. Mari kita simak mengapa peran mereka menjadi begitu krusial dalam menjaga keamanan aplikasi web.


Yuk, simak pembahasannya!


1. Pemahaman Terhadap Struktur Database

SQL

Data scientist memiliki peran krusial dalam memahami struktur database yang digunakan dalam aplikasi web. Dengan pemahaman mendalam ini, mereka dapat mengidentifikasi area-area yang mungkin rentan terhadap SQL Injection. Mereka dapat menganalisis bagaimana input dari pengguna diolah dalam kueri SQL dan mengidentifikasi potensi celah keamanan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Implementasi Validasi Input

SQL

Salah satu cara data scientist dapat berkontribusi adalah dengan merancang dan mengimplementasikan validasi input yang kuat. Ini mencakup memastikan bahwa data yang dimasukkan oleh pengguna melalui formulir atau parameter URL telah diverifikasi dan tidak mengandung elemen yang dapat dimanipulasi untuk menyisipkan kode SQL berbahaya.


3. Penggunaan Parameterized Statements

SQL

Data scientist dapat mendorong penggunaan parameterized statements dalam query SQL. Ini adalah metode di mana parameter dilewatkan ke dalam kueri secara terpisah, menghindari penggabungan string langsung dengan input pengguna. Dengan mengadopsi teknik ini, celah untuk SQL Injection dapat diminimalkan.


4. Pemantauan dan Deteksi Anomali

SQL

Data scientist dapat mengembangkan algoritma pemantauan dan deteksi anomali untuk mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan yang mungkin terkait dengan SQL Injection. Ini melibatkan analisis pola akses database, kegiatan pengguna, dan penggunaan kueri yang tidak biasa.


5. Pelatihan Tim Pengembang dan Pengguna

SQL

Sebagian besar serangan SQL Injection dapat dicegah melalui pemahaman yang lebih baik tentang praktik keamanan oleh tim pengembang dan pengguna. Data scientist dapat berkontribusi dalam merancang dan memberikan pelatihan yang memfokuskan pada pencegahan SQL Injection. Ini dapat mencakup memberikan panduan tentang input validation, penggunaan parameterized statements, dan sikap waspada terhadap serangan siber.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Jika kamu tertarik memahami lebih dalam mengenai keamanan data dan bagaimana melindungi aplikasi web dari serangan SQL Injection, DQLab memiliki kursus-kursus yang dapat membantu. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain itu, Bootcamp Data Analyst with SQL and Python juga termasuk kelas yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin melakukan pembelajaran data untuk menjadi seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab.id. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :