BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 32 Menit 23 Detik 

5 Skill Teratas untuk Bisa Jadi Data Scientist di 2022

Belajar Data Science di Rumah 17-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71374befb33a86effd9e40bcfbe80c2d_x_Thumbnail800.jpg

Dalam perkembangan zaman pada saat ini, manusia dituntut untuk berkompetisi dalam mengikuti kemajuan zaman. Perkembangan kecanggihan teknologi di era transformasi digital ini membuat orang-orang secara langsung maupun tidak langsung memudahkan kegiatan keseharian. Termasuk jika kamu ingin berkarir menjadi Data Scientist, profesi yang berperan dalam mengumpulkan data yang nantinya akan diolah dan dianalisis yang pada akhirnya hasil analisis digunakan sebagai informasi bagi perusahaan. Peningkatan jumlah data yang semakin meningkat ini dapat menjadi informasi jika dikelola oleh Data Scientist. Dalam melakukan tanggung jawabnya, Data Scientist pastinya harus memiliki kemampuan yang dapat menunjang pekerjaan ini.


Pada beberapa perusahaan, profesi Data Scientist memiliki definisi yang berbeda-beda tergantung dari ukuran perusahaan tersebut. Seperti di startup peran Data Scientist berbeda dengan Data Scientist di perusahaan multinasional yang biasanya memiliki tim data yang lebih besar. Kompetensi Data Scientist sangat diperlukan oleh Data Scientist sebagai dasar atau ilmu untuk melakukan proses analisis data. Dalam melakukan tugasnya, Data Scientist perlu mempersiapkan ilmu baik itu hard skill maupun soft skill.


Jika profesi ini sangat menarik bagimu, maka ada baiknya kamu mempersiapkan dirimu dengan meningkatkan kemampuan yang diperlukan oleh seorang Data Scientist. Apa saja sih skill yang wajib kamu kuasai? Yuk simak pembahasan berikut ini!


1. Kemampuan Matematika dan Statistika

data scientist


Seseorang dengan profesi Data Scientist harus memiliki kemampuan dasar pada bidang matematika dan statistika karena akan sangat membantu kamu dalam menganalisis dan menginterpretasikan data. Untuk mempelajari keduanya, tentu dibutuhkan pengalaman ataupun belajar secara otodidak. 

Pada bidang statistika, kecakapan dasar mengenai descriptive statistics dan probability theory akan mempermudah kamu dalam memberi interpretasi data dan keputusan bisnis. Sementara itu, kemampuan matematis akan membantu kamu dalam memahami bahasa pemrograman.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist



2. Bahasa Pemrograman

data scientist


Data Science pada dasarnya adalah ilmu tentang pemrograman. Untuk itu peran Data Scientist perlu menguasai apa itu bahasa pemrograman dan penggunaan tools yang bisa membantu dalam menganalisis data. Kamu juga harus memiliki keahlian coding dengan beberapa bahasa seperti R atau Phyton. Dengan bahasa pemrograman, kamu dapat memanipulasi data dan menerapkan algoritma tertentu. Bahasa Pemrograman R dan Python biasanya sering digunakan oleh pemula karena mempunyai fitur Numeric dan Scientific yang memudahkan pekerjaan Data Scientist dalam mengatur kumpulan data yang tidak terstruktur.


3. Data Wrangling

data scientist


Kamu memiliki data di warehouse, tetapi data itu sangat tidak konsisten. Untuk itu seorang Data Scientist perlu membersihkan dan menyatukan kumpulan data yang berantakan dan kompleks. Skill yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan ini adalah data wrangling. Data wrangling adalah kegiatan penyeragaman/pembersihan data-data œkotor menjadi data bersih yang siap digunakan untuk analisis dan uji coba. Data wrangler tahu bagaimana melakukan integrasi informasi dari berbagai sumber data, memecahkan masalah transformasi umum, dan menyelesaikan pembersihan data dan masalah kualitas.


4. Kemampuan Komunikasi dan Visualisasi Data

data scientist

Data visualization dan komunikasi adalah skill berikutnya yang wajib dimiliki oleh Data Scientist.  Data yang sudah diolah dan dianalisis harus disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh seseorang yang membaca laporannya. Visualisasi data yang baik adalah visualisasi yang mewakili hasil analisis dengan jelas dan dapat dengan mudah ditarik kesimpulannya.

Untuk memvisualisasikan data, perlu menguasai beberapa tool terkait, seperti Tableau dan Power BI agar memudahkan pekerjaan. Visualisasi data pada Data Science mungkin terlihat sepele dan mudah, tetapi sebenarnya untuk data yang memiliki parameter puluhan bahkan ratusan hal ini menjadi sangat rumit dan memusingkan.


5. Machine Learning

data scientist


Jika kamu berada di perusahaan besar dengan data dalam jumlah besar atau bekerja di perusahaan yang produk utamanya sendiri didukung oleh data, Data Scientist pastinya tidak akan jauh-jauh dari yang namanya Machine Learning. Machine Learning adalah disiplin ilmu untuk mempelajari pola dan pattern history untuk training model yang dipakai Dengan menggunakan Machine Learning akan meningkatkan nilai yang kamu berikan sebagai Data Scientist dan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi peluang yang menguntungkan atau menghindari risiko yang tidak diketahui.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


6. Ikuti Kelas Data Science Bersama DQLab!

Seorang Data Scientist sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup pada sebuah bidang ilmu pengetahuan atau industri. Jadi, mereka dapat melakukan identifikasi yang mendalam tentang bagaimana suatu permasalahan dapat diselesaikan menggunakan data. Nah, apakah sekarang pengetahuan kamu seputar data sudah makin bertambah? Atau justru kamu semakin penasaran dan ingin mempelajari lebih banyak lagi seputar Data Science?


Yuk, bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri masa kini! Sign up sekarang untuk mulai belajar data di DQLab dengan membuat akun GRATIS dengan di DQLab.id dan mulai dengan mengakses module Introduction to Data Science. Pelajari dan selesaikan modulenya, agar kamu mendapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab!


Penulis : Salsabila MR

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :